Autobiografi A. Rifqi Amin


Nama         A. Rifqi Amin

Lahir          02 November 1987, Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Negara       Indonesia

Pekerjaan   Blogger
                     Dosen
                    

Tahun aktif   2015-sekarang 



A. Rifqi Amin adalah dosen dan blogger. Ia menjadi blogger sejak tahun 2012 ketika masih SMA dengan membuat blog organisasi siswa yang ia ikuti. Serta blog lembaga pendidikan tempat ia mengajar pada tahun 2011. Lalu disusul membuat blog ini. Sejak saat itulah ia mulai intents  menulis di blog.

Karya tulis Rifqi ada yang dimuat pada media online atau daring (dalam jaringan). Salah satunya di laman organisasi keagamaan nu.or.id. Selain menulis karya tulis populer non ilmiah ia juga menulis 2 buku ilmiah berjudul Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner dan Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum. Serta kaya ilmiah artikel dalam jurnal di beberapa kampus daerah Jawa Timur.



Rifqi yang berstatus sebagai dosen tetap di STAI Hasanuddin Pare Kabupaten Kediri ini lahir di Kediri, 02 November 1987. Dia adalah putra dari pasangan H. Sukardi, S.Ag dan Hj. Hani'ah. Ayahnya merupakan pensiunan Pengawas PAI. Sedangkan ibunya adalah seorang petani tebu. Terinspirasi dari pekerjaan orang tuanya Rifqi pernah merasakan menjadi guru ber-NUPTK di MTS Darul Hikmah Ngancar sekaligus membantu ibu bertani tebu di ladang.


Jenjang pendidikan dasar ia tempuh di SD (tahun 1993-1999) dan di SMP (tahun 1999-2002). Adapun jenjang Pendidikan menengahnya di SMA Kota Kediri (tahun 2002-2005). Kemudian, ia melanjutkan kuliah di STAIN Kediri mengambil program studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Ia juga pernah menempuh kuliah S3 di Universitas Islam Negeri Malang. 




A. Rifqi Amin saat mengikuti acara Webmaster Conference Google


Setelah wisuda ia diajak oleh salah satu kakak kelas kampus untuk ikut serta mendirikan Madrasah baru di lereng gunung KeludDi tengah upaya pengembangan madrasah, sosok yang tegas dan disiplin ini mendapat kesempatan menempuh kuliah Strata Dua (S2) di STAIN Kediri dengan mengambil program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan akreditasi prodi “B” dari BAN-PT. 


Pada jenjang S2 inilah ia merasa mendapatkan pencerahan, semangat, dan kesadaran baru yang tak didapatkan ketika menempuh pendidikan di tingkat SD, SMP, SMA, dan S1. Kesadaran “baru” tersebut menghasilkan beberapa prestasi. Beberapa di antaranya mendapatkan piagam penghargaan semasa kuliah dan mendapat gelar wisudawan ke-2 terbaik (cumlaude) sekaligus sebagai wisudawan tesis terbaik ke-1 di antara 49 wisudawan S2 prodi Pendidikan Agama Islam (PAI).


Selain di Madrasah, pengalaman kerja dan mengajar pada dunia pendidikan yang pernah ia tempuh adalah mengajar bidang
Pendidikan Agama Islam. Di mana, penekanan utamanya ialah motivasi internalisasi nilai-nilai Islam kepada peserta didik. Aktivitas itu, dilakukan baik di SD, SMP, SMA, dan SMK pada beberapa kegiatan bakti sosial, kegiatan peningkatan kualitas agama, maupun safari Ramadan. 


Tak hanya mendapat pengalaman mengajar di jenjang pendidikan dasar dan menengah, pada pertengahan tahun 2014, Rifqi dipercaya menjadi staf pengajar di Sekolah Tinggi Agama Islam Kediri. Namun,  meski punya pengalaman mengajar yang cukup banyak itu membuat Rifqi tidak puas. Ia memutuskan untuk mencari uang bukan dari dunia mengajar. Sebab baginya mengajar adalah bentuk pengabdian dirinya atas ilmu yang dimiliki.



Dari beberapa profesi yang Rifqi geluti, paling tidak mendapat penghasilan tembus ratusan juta. Dari penghasilan blog saja yang baru saja ia monetasi secara serius pada April 2019 melalui Google Adsense penghasilan bersih lebih dari 15 juta. Selain itu ia juga menjadi agen administrator pengurusan sertifikat Hak Cipta yang sudah melayani lebih dari 100 pengajuan. Dengan klien berlatar belakang dosen yang bergelar master, doktor, hingga profesor.



Untuk berkorespondensi atau berdiskusi dengan Rifqi dapat melalui: hak_cipta@banjirembun.com.

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)