Hode si Cewek Jadi-jadian, Ini Arti dan Tujuan Buruknya di Medsos


Apa itu Hode?

Bagi kalian yang belum pernah dengar istilah "Hode" pasti akan mengira bahwa hode itu artinya banci atau bahkan homo. Mungkin juga akan mengartikan dengan cewek gampangan, cewek bokingan, atau yang semacamnya. Semua itu salah. Ternyata hode itu punya arti seorang cowok yang mengaku-aku atau menyamar menjadi seorang cewek. Hal itu biasanya didukung dengan foto maupun identitas di profil yang mencerminkan sebagai cewek.



Foto legend Hode. Foto ini sering kali dijadikan foto profil para Hode. Foto kami dapat dari grup WhatsApp





Kasus akun yang terindikasi hode banyak ditemui pada semua lini media sosial. Baik itu whatsapp, facebook, instagram, twitter, maupun medsos lainnya yang berbasis chatting maupun mikroblog. Barangkali kalian pernah menjadi korban para "hode" itu. Jangan-jangan kalian pernah menjelma menjadi hode itu sendiri? Perilaku itu sangat tidak baik. Lebih baik dihindari. Sebab semua itu mendandakan ketidakjujuran dan kepalsuan belaka.


Asal-usul Kata Hode

Istilah hode sebenarnya merupakan bahasa gaul. Bukan bahasa resmi negara manapun. Kosa kata itu biasanya sering kali digunakan oleh para gamer online. Yakni, disebutkan untuk para pemain game yang berjenis kelamin cowok tapi ia memainkan karakter cewek dalam dunia game. Sebutan hode juga diambil dari salah satu monster game online berbentuk mirip kelamin cowok. Alhasil, ia akan kena bully temannya. Misalnya "Nathan, karakter RO kamu cewek ya? Hode banget sih kamu!!".


Monster Hode dalam game online ragnarok (sumber gambar)



Budaya hode sebelum merambah ke media sosia

Para pelaku merubah diri menjadi "hode" di akun game online bertujuan untuk iseng saja. Namun, lama kelamaan karena "kenikmatan" yang ia dapat dengan status "cewek" itu ia jadi ketagihan. Bagaimana tidak ia akan dimanja, dikasih perhatian, bahkan diberi bonus-bonus tertentu yang secara finansial menguntungkan si hode. Misalnya dikasih hadiah, dibelikan MI-cash, hingga dikasih "barang" istimewa lainnya.


Sambutan baik hingga berlebih oleh pemilik akun cowok asli yang diberikan pada hode itu wajar. Sebab memang secara kultur, seorang cowok akan begitu lembut dan perhatian pada cewek. Sedang bila pada sesama lelakinya akan jauh berbeda. Perlakukan istimewa itulah yang membuat hode jadi merasa ada yang berbeda dengan hari-hari biasanya. Alhasil, mereka akan terus melakukan aksi itu hingga ia merasa bosan. Bisa juga menunggu hingga "tambang" yang ia keruk sudah tak menghasilkan lagi.


Tujuan Hode, si Cewek Jadi-jadian

Aksi hode di dunia maya patut diwaspadai. Sebab ditakutkan "mode" hode yang mereka lakukan digunakan untuk tujuan jahat. Ujung-ujungnya kalian sendiri yang bakal dirugikan baik secara finansial hingga luka hati. Sudah berharap mendapat cinta eh ternyata si dia adalah lelaki yang hode. Oleh sebab itu, sebagai bentuk kewaspadaan perlu diketahui beberapa tujuan hode dalam melancarkan aksi di internet. Selengkapnya sebagai berikut:


1. Promosi

Di facebook, whatsapp, instagram, twitter, atau di media sosial lainnya kalian pasti pernah melihat postingan atau chat yang isinya mempromosikan sesuatu. Baik itu dilakukan di grup maupun beranda. Perlu kalian pahami bahwa bila foto atau nama akun itu menunjukkan jenis kelamin perempuan bisa jadi itu adalah hode. Dalam kasus promo ini. Foto profil tidak harus menggunakan pakaian vulgar atau seronok sehingga menimbulkan daya tarik cowok. Malahan kadang memakai jilbab untuk mengesankan alim dan amanah (terpercaya).



Hode jenis ini tujuannya ialah agar bagaimana barang dagangan atau sesuatu yang ia miliki laku keras. Memang ia tak akan melakukan penipuan seperti memalsukan barang atau tidak mengirimkan barang. Namun, seringkali pembeli akan merasa rugi dari segi kebergunaan barang. Lebih-lebih bila si hode itu juga melakukan "rayuan" maut sehingga korbannya dengan mudah memutuskan untuk membeli. Padahal, sebenarnya barang itu tak benar-benar dibutuhkan oleh pembeli.



2. Penipuan


Hode tipe ini merupakan cowok abal-abal kelas kakap. Bahkan bisa jadi punya jaringan. Di mana satu sama lain saling bekerja sama untuk melakukan penipuan. Kasus yang sering terjadi dalam dunia chatting ialah si hode menawarkan layanan yang "asyik-asyik" pada cowok. Dengan syarat harus mengirimkan pulsa hingga harus mentransfer uang lebih dulu. Setelah transaksi deal dan kewajiban korban untuk membayar sudah ditunaikan si hode langsung kabur begitu saja.


Seringkali untuk menipu, si hode akan menampilkan foto profil yang berpose nakal dengan baju terbuka. Disertai dengan tawaran di deskripsi profil yang mengindikasikan ia bisa "dibayar" oleh cowok berduit. Hode tipe ini ada yang agresif mencari mangsa tapi ada pula yang pasif. Bila si hode sudah pengalaman dan profesional perilaku chattingnya akan sulit dibedakan dengan wanita yang sebenarnya.


3. Iseng

Hode tipe ini tidak memiliki tujuan finansial atau menguntungkan diri sendiri. Ia melakukan itu untuk tujuan mengerjai orang lain atau bahkan temannya sendiri. Ia sengaja membuat akun media sosial baru lalu mengajak kenalan dengan temannya sendiri. Bisa juga tujuannya memang untuk bikin jengkel orang lain yang ia benci karena ia memang benar-benar kesal padanya. Ia tak punya tujuan pasti selain ingin membuat orang yang dijadikan target menjadi kesal, bingung, hingga terbawa suasana.


Dalam kasus seperti ini si hode kerapkali akan kebingungan bagaimana cara mengakhiri sandiwaranya tersebut. Apakah akan jujur pada korbannya atau tetap menyembunyikannya. Lalu bila jujur bagaimana cara mengungkapkan pada korban sehingga korban tak akan tersinggung. Memang serba salah. Maju kena mundur kena. Bisa dikatakan, perbuatan menjadi hode merupakan perilaku yang sejak awal sudah salah. Tidak boleh dilakukan dengan motif atau dalih apapun.


Demikian tulisan ini dirangkai. Setelah membacanya kami berharap kalian menjadi lebih tahu apa itu arti hode dan tujuannya. Dengan begitu kalian tidak lagi jadi korban maupun menjadi pelakuknya. Semoga bermanfaat.



Komentar

Baca juga postingan berikut:

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja