Contoh Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ)

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)
PANITIA LOMBA BEDAH BUKU ‘LASKAR PELANGI’
SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 WATES
OSIS DAN PESERTA PPL STAIN KEDIRI 2009
11-12 MARET 2009
Kediri, 17 Maret 2009
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam Sejahtera untuk kita semua.

I.                   PENDAHULUAN
Tiada kata yang patut kita ucapkan selain ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan rahmat-Nya kita diberi kesempatan untuk berkreasi mengembangkan potensi diri dan potensi sekitar sebagai bentuk manifestasi pengabdian kepada masyarakat dan ummat.

Pada kesempatan ini pulalah kami sebagai panitia lomba bedah buku ’Laskar Pelangi’ diberi kesempatan untuk berkarya; baik dalam bentuk tulisan, ide (gagasan), tindakan dan konsepsi-konsepsi untuk mensukseskan kegiatan tersebut.






Salah saatunya dilatar belakangi dari pesan moral yang ada dalam kandungan novel ’Laskar Pelangi’,  kami tergugah untuk ’membedah’ buku tersebut, sebagai bukti bahwa kita seorang pemuda peduli terhadap karya sastra produksi dalam negeri, selain karena di dalam buku tersebut dapat menggugah semangat kita untuk bersyukur kepada tuhan yang Maha Kuasa.
Disinalah harus ada kesinergisan dalam berkehidupan, pendidikan tidak harus di dalam kelas dan di dalam ruangan tertutup rapat saja. Tetapi pendidikan berlangsung di mana saja dan sampai  kapan saja (tak terbatas ruang dan waktu). Oleh karena itu, kami mengharapkan semoga dengan adanya kegiatan lomba ini dapat bermanfaat bagi  bertambahnya dinamika pendidikan, sehingga semua ini dapat menghiasi dan mewarnai salah satu dari kegiatan di SMAN 1 Wates Kediri ini.


OSIS sebagai organisasi intra Sekolah ikut berperan aktif dalam setiap dinamika yang  terjadi di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah khususnya yang bermanfaat bagi perkembangan posotif remaja.
Dalam laporan ini kami paparkan berbagai ’proses pembelajaran’ yang terjadi secara komperhensif di acara ini, dengan uraian di bawah ini. Demi terarahnya laporan pertanggung jawaban ini kami sempaikan dengan sistematika sebagai berikut:

I.       PENDAHULUAN
II.    KONDISI OBYEKTIF
A.    KONDISI INTERNAL
B.     KONDISI EKSTERNAL
III.  RENCANA KERJA
IV. REALISASI RENCANA KERJA
V.    EVALUASI
A.    EVALUASI
B.     PROYEKSI
VI. PENUTUP

II.                KONDISI OBYEKTIF
A.    KONDISI INTERNAL KEPANITIAAN
Adanya program PPL oleh pihak akademik STAIN Kediri pada tahun 2009 dengan adanya program lomba bedah buku ’Laskar Pelangi’ oleh pihak  di SMAN 1 Wates merupakan sebuah kebetulan yang menguntungkan bagi kami sebagai peserta PPL, karena dengan adanya program lomba tersebut adalah sebagai wahana belajar kami untuk lebih maju dan juga sebagai pengalaman tambahan kami dalam menjadi panitia di lingkungan lembaga sekolah yang tentunya sedikit berbeda dengan sistem kepanitiaan di lingkungan perkuliahan.


Atas rekomendasi dari bapak ibu dewan guru bahasa Indonesia kami peserta PPL membentuk panitia lomba ’Laskar Pelangi’ yang terdiri dari tiga komponen:
1.      Nara sumber
2.      Panitia pengarah (Steering Commite)
3.      Panitia pelaksana (Organizing Commite)
(sturuktur kepanitian lengkap berada di lampiran ’A’)
Atas dasar itulah kami mengajak teman-teman OSIS untuk bekerjasama dalam menyukseskan kegiatan tersebut demi meminimalisir kesalahan-kesalahan yang fatal, berhubung kami sebagai peserta PPL belum mengetahui kondisi lapangan secara nyata dan global dari SMAN 1  Wates ini. Walaupun pada tanggal 14 - 15 Maret 2009 Pramuka SMAN 1 Wates yang berkurun waktu tidak jauh sesudah perlombaan bedah buku ini, harus mengadakan Temu Galang III namun tidak membuat semangat kami (OSIS dan PPL) untuk tetap konsekuen pada kesuksesan perlombaan ini.
Selain fokus pada lomba ’Laskar Pelangi’, peserta PPL juga mempunyai kewajiban dan fokus utama untuk belajar mengajar di kelas, membuat laporan akhir beserta laporan-laporan individu lainnya. Membuat peserta PPL mempunyai konsekuensi tersendiri untuk membagi waktu dalam dua kegiatan yang sama-sama pentingnya tersebut.
Dengan kondisi ini, kami panitia lomba bedah buku ’Laskar Pelangi’ tetap bersemangat dan optimisme untuk menyikapi terlaksananya dan demi keberhasilan kami untuk belajar ’bergaul’ di lingkungan lembaga sekolah. Oleh karena itu kami terus melaksanakan konsolidasi dan koordinasi internal kepanitian lomba agar kegiatan ini bisa terencana secara sistematis, serta adanya sifat  keefektifan dan keefisienan dalam pelaksaan kegiatan ini.

B.     KONDISI EKSTERNAL KEPANITIAAN
Minat siswa dan siswi SMAN 1 Wates untuk mengikuti kegiatan ini cukup besar, karena peserta lomba telah memenuhi target 100% yaitu 39 peserta putra dan putri dari kelas X dan kelas XI. Hal ini tidak lain karena berita

tentang adanya lomba bedah buku ’Laskar Pelangi’ sudah menyebar di kalangan murid dan guru di SMAN 1 Wates Kediri sebelum adanya peserta PPL.
Adanya sarana penunjang seperti tersedianya beberapa buku ’Laskar Pelangi’ dari perpus, laptop dan komputer dari sekolah dan sarana-sarana lainnya sangat membantu dalam terwujudnya acara tersebut. Termasuk dalam hal yang lain adalah dukungan moril dan materi dari pihak sekolah merupakan salah satu komponen pokok. Arahan dari seluruh bapak ibu dewan guru, khususnya bapak ibu dewan guru bahasa indonesia beserta arahan ’khusus’ dari Bapak Sunarno kepada panitia lomba buku yang merelakan waktu untuk hadir dalam acara rapat panitia dan memberikan sejumlah masukan yang sangat membantu panitia sehingga acara ini berjalan dengan berhasil.

III.             RENCANA KERJA
Untuk mempersiapkan kegiatan ini secara matang maka panitia mempunyai persiapan-persiapan dan rencana kerja sebelum acara diberlangsungkan, diantara beberapa agenda persiapan adalah adanya konsultasi dari panitia dengan Bapak Sunarno sebagai konsultan sekaligus narasumber lomba bedah buku ’Laskar Pelangi’.
Diantara beberapa agenda perencanaan panitia adalah rencana anggaran biaya kebutuhan kepanitian dan lomba, perencanaan manual (jadwal) acara, perncanaan konsultasi dengan instansi sekolah dan perencanaan format beserta aturan main perlombaan.

IV.             REALISASI RENCANA KERJA
Pada rentang waktu pembentukan panitia sampai berlangsungnya acara, kami OSIS dan peserta PPL sebagai panitia mengupayakan untuk memperkuat konsolidasi sehingga tercipta suasana yang harmonis yang dilandasi dari sikap kami yang ingin belajar dan mencari pengalaman baru.


Pandangan secara umum proses kinerja kepanitian sudah berjalan cukup baik, dengan adanya beberapa bentuk agenda rapat, konsultasi kepada dewan guru dan instasi sekolah lainnya. Dan adapun rencana kerja yang telah kami laksanakan telah berjalan sesuai dengan program dan jadwal yang telah ditentukan beserta dengan rancangan anggaran dan format perlombaan. Pada tanggal 11-12 Maret 2009 acara telah terlaksana dengan cukup berhasil, dengan manual acara terdapat dilampiran ’C’.

V.                EVALUASI DAN PROYEKSI
a.       Evaluasi
Berdasarkan uraian di atas dan kondisi objektif perjalanan kepanitiaan sejak tanggal 21 Maret hingga terlaksananya kegiatan secara umum dapat dinilai realatif cukup baik, namun beberapa hambatan dan kelemahan yang harus dicermati adalah:
1.      Masih kurangnya kejelian dan ketelitian terhadap beberapa permasalahan yang mungkin akan timbul saat berlangsunya kegiatan.
2.      Kurangnya koordinasi dan konsolidasi panitia pada rentang waktu sesudah pembentukan panitia.
3.      Kurangnya ’greget’ panitia untuk memobilisasi, mensosialisasikan dan berkoordinasi dengan instatansi sekolah.

b.      Proyeksi
Berdasarkan dari pemaparan pada poin evaluasi di atas, maka dapat diambil beberapa sikap yang dapat menjadi pelajaran untuk kepanitiaan yang akan datang;
1.      Membuat beberapa catatan analisa SWOT dan POACE yang lebih sistematis dan progresif.
2.      Mengupayakan kehadiran panitia dalam agenda konsolidasi dan koordinasi secara presuasif dan menarik.


3.      Menata kembali manajeman kepanitiaan di bidang masing-masing. Agar panitia dapat mengerjakan tugasnya secara fokus dan profesional.

VI.             PENUTUP
Demikian laporan ini kami buat, semoga dengan adanya laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan menjadi bahan tumpuan untuk menjadi perenungan di kegiatan yang akan datang.






Segala bentuk kesalahan dan permasalahan tetap kami pertanggungjawabkan dengan sebagaimana mestinya. Mohon maaf atas segala kehilafan dan kekurangan yang telah kami lakukan semoga Allah SWT berkenan melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah dan Ridho-Nya kepada kita semua.
Wassalammualaikum Wr. Wb
                                                            Kediri, 20 Robiul Awal 1430  H
                                                                                    17 Maret            2009 M
                                                                        PANITIA LOMBA
                                                                        BEDAH BUKU ’LASKAR PELANGI’
                                                                        SMAN 1 WATES KEDIRI


YOGIK SEPTI B. P.                                      MAYANGGA ADI WIYONO
Ketua OC                                                        Sekretaris OC




RINA NURROHAMAH                              A. RIFQI AMIN
Ketua OSIS                                                     Ketua PPL
                                                
                                                 Mengetahui,
                        Kepala Sekolah SMAN 1 Wates Kediri.





                                    Nanang Sukarsono S. Pd.
                                          NIP: 131 425 704

Lampiran ‘A’
SUSUNAN KEPANITIAAN
LOMBA BEDAH BUKU ‘LASKAR PELANGI’

Pelindung       : Kepala Sekolah SMA I Wates Kediri
Penasehat       : Pembinan OSIS
Nara Sumber : Dewan Guru Bahasa Indonesia

A.    Steering Commite (SC)
Ketua SC       : Aurur Rofik Asulthoni
Sekretaris       : 1. Ana Vinalia
                           2. A. Rifqi Amin

Anggota          : -     Isna Kunni Aggraini
-          Addin Wardana
-          Diani Yuniarsih Wilujeng
-          A. Fauzi
-          Nafis Satun
-          Moh. Nalilul Author
-          Muh. Shalahudin Nashir

B.     Organizing Commite (OC)
Ketua OC       : Yogik Septi B. P.
Sekretaris       : Mayangga Adi Wiyono
Bendahara     : Hesti Rahayu

Sie Kesekretariatan:
-    Diani Yuniarsih Wilujeng (PPL)
-    Tika
-    Nova
-    Rendi
-    Hilal
-    Bea
Sie Humas                  :
-    A. Fauzi (PPL)
-    Syendi
-    Hanna


Sie Acara                    :
-    Isna Kunni Aggraini (PPL)
-    Ruli
-    Evi
-    Elvina
-    Retno

Sie Konsumsi             :
-    Nafis Satun (PPL)
-    Rina



Sie Perlengkapan      :
-    Moh. Nalilul Author (PPL)
-    Olga
-    Yudi
-    Candra Setiawan


LAMPIRAN ’B’

DAFTAR ANGGARAN LOMBA BEDAH BUKU ’LASKAR PELANGI’

No.
URAIAN
DEBET
KREDIT
SALDO
1.
Bantuan dari sekolah
Rp. 450.000


2.
Anggaran dari OSIS
Rp.   50.000


3.
Anggaran dari PPL
Rp.   50.000


4.
Konsumsi hari I  @Rp. 2000 x 30

Rp. 60.000
Rp. 490.000
5.
Konsumsi hari II @Rp. 3000 x 30

Rp. 90.000
Rp. 400.000
6.
Sendok makan satu paks

Rp.   2.000
Rp. 398.000
7.
Snack untuk dewan Juri (guru)

Rp. 32.000
Rp.366.000
8.
Air mineral gelas @Rp. 15.000x 2

Rp. 30.000
Rp. 336.000
9.
Dekorasi dokumentasi:




a. Baterai ‘alkaline’ 2 buah

Rp.   8.000


b. Kertas pelangi @Rp. 1. 500x 12

   Rp. 18.000


c. Paku pines

   Rp.   2.000



total
  Rp.  28.000
Rp. 308.000
10.
Hadiah:




a. Pemenang I

  Rp.  30.000    


b. Pemenang II

  Rp.  25.000


c. Pemenang III

  Rp.  20.000


d. 1 eksemplar buku ‘Sang Pemimpi’

  Rp.  40.000


e. Kertas kado + amplop

  Rp.    5.000



     total
Rp.120.000
Rp.188.000
11.
Kesekretariatan:




a. Boadmarker @Rp. 6.000x 2

Rp. 12.000


b. Kertas pelangi

Rp.   1.500


c. Cemiti

Rp.   1.500


d. Foto copy soal

Rp. 21.600


e. Kertas karton

Rp.   1.500



f. Lem kertas


Rp.      800


g. Isi staples

Rp.   1.000


h. Map

Rp.   1.500


i. Bensin

Rp.    5000



Total
Rp. 46.400
Rp.142.600
12.
Piagam & sertifikat@Rp.1000x 40

Rp. 40.000
Rp.102.600
13.
Ganti rugi kepada kelas XII IPA 1:




a. Sapu @Rp. 3.500x 2

Rp.   7.000


b. Jam dinding

Rp. 17.000


c. Bensin

Rp.  5.000



Total
Rp. 29.000
Rp. 73.600
14.
Akomodasi

Rp. 14.000


Saldo akhir untuk kas OSIS


Rp. 59. 600
  

LAMPIRAN ’C’
 PELAKSANAAN
MANUAL ACARA LOMBA
BEDAH BUKU ‘LASKAR PELANGI’



RABU, 11 MARET 2009
NO
KEGIATAN
WAKTU
PJ
TEMPAT
1.
Checking Peserta
07.00  - 07.30
PANITIA
Kelas
2.
Briefing Peserta

07.30 – 08.00
ALL
Lab. Bahasa
3.
Lomba Tes Tulis
08.15 – 09.45
PESERTA
Lab. Bahasa
4.
Istirahat
09.45 – 10.00
PANITIA
Perpustakaan
5.
Koreksi Jawaban
10.00 – 11.00
PANITIA
Perpustakaan
6.
Pengumuman 10 Besar+ Briefing peserta
11.00 – 11.30
PANITIA
Aula Utara Masjid
7.
Interview
11.30 – 12. 30
PESERTA
Lab. Bahasa Dan Perpustakaan
8.
Musyawarah dewan juri
12.30-13.15
DEWAN JURI
Perpustakaan
9.
 Pengumuman 6 Besar
13.15-13.30
PESERTA
Perpustakaan
9.
Korodinasi Panitia+makan
12.30 – 14.00
PANITIA
Kelas XI IPA 2


KAMIS, 12  MARET 2009
NO
KEGIATAN
WAKTU
PJ
TEMPAT
1.
Checking Peserta
09.00 – 09.30
PESERTA
Kelas
2.
Koordinasi Dan Persiapan Panitia
09.30 – 10.00
PANITIA
Perpustakaan
3.
Breafing Peserta
10.00 - 11.00
PANITIA+PESERTA
Perpustakaan
4.
Lomba Cerdas Cermat
11.00 – 12.00
ALL
Aula kelas
5.
Koordinasi Panitia+Makan
12.00 – 14.00
PANITIA
Perpustakaan


Catatan;
  1. Panitia wajib memakai kartu identitas saat bertugas.
  2. Panitia harus mengikuti setiap koordinasi yang diadakan.
  3. Panitia akan mendapat izin untuk tidak mengikuti pelajaran selama bertugas.



LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ)

PANITIA LOMBA BEDAH BUKU
       ‘LASKAR PELANGI’     










KEDIRI, 11-12 MARET 2009

SMAN 1 WATES KEDIRI
(OSIS & PPL STAIN KEDIRI 2009)


Laporan Pertanggungjawaban LPJ (Sumber gambar)

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Contoh Visi dan Misi Pribadi