Pengembangan KTSP 2012 Terbaru


Dokumen I

BAB I Pendahuluan
           A.      Latar belakang
           B.      Landasan
           C.      Prinsip pengembangan dan acuan operasional
           D.     Konteks satuan pendidikan => (konteks sekitar lingkungan madrasah) seperti dukungan masyarakat, guru-guru yang berkualifikasi, input siswa yang berkualitas.

BAB II Tujuan pendidikan
          A.      Tujuan pendidikan=>pp nomer 17 tahun 2010 tentang pendidikan dan pneyelenggaraan plendidikan
          B.      Visi,misi stauan pendidikan
          C.      Tujuan satuan pendidikan



BAB III Sturuktur dan muatan ktsp
        A.      Beban belajar dan Mulok+pengembangan dirin(struktur kurikulum)=> beban belajar siswa satu minggu tatap muka 40 jam, 4 jam pengembangan diri ekuivalen. Yang diakui hanya 44 jam per minggu. Terori ergonomi adalah teori pembagian jam kerja di lingkungan kerja.
Yang masuk jadwal pelajaran adalah beban belajar. BK bukan masuk jadwal pelajaran jadi bk bukan beban belajar (BK minimal 150 siswa maksimal 250). Muatan lokal termasuk beban belajar yaitu perminggunya 2 jam perminggu. Sedangkan pengembangan diri adalah bukan beban belajar.
Vokasional yaitu beban belajaran diluar mata pelajaran seperti jahit menjahit.

1. Endidikan agama,2. Endidikan kewarganegara, 3bahasa, 4 matematika,5 ipa 6. Ips, 7. Seni budaya, 8. Olah raga dan kesehatan, 9 ketrampilan dan kejuruan, 10. Muatan lokal (UU no 20 tahun 2003 pasal 37 ayat 1 huruf a sampai j)

           B.      Muatan KTSP (kurikulum)
1.      Mata pelajaran
2.      Muatan lokal
3.      Kegiatan pengembangan diri
4.      Pengaturan beban belajar
5.      Ketuntasan belajar, Kriteri ketuntas belajar (KKM)
6.      Kenaikan kelas dan kelulusan. Pelajarn PAI, non PAI, dan UN.
7.      Penjurusan (khusus MA)
8.      Pendidiakn kecakapan hidup => yang berkaitan dengan ketrampilan siswa (kecakapan hidup) melaksanakan ilmu yang telah dipelajari. Dan pendidikan nonvokasional di luar madrasah seperti jahit menjahit (menjalin kemitraan dengan penjahit disekitar madrasah untuk kursus)
9.      Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global. => keunggulan global seperti menggunakan bilingual dengan bahasa global (bahasa arab dan inggris).
10.  Pendidikan karakter bangsa (PKB)

C.      BAB IV: Kalender pendidikan=> yang wajib membuat kalender adalah masing2 kepala madrsah, ditandatangani oleh kepala madrasah. Hari efektif dalam satu tahun tidak kurang 200 hari, maksimum 38 minggu. HET (hari efektif terganggu), JET (jam efektif tertanggu) ini dihitung di lain hari. Ada lampiran kalender yaitu pemetaan hari libur, hari efektif, dan hari-hari lain dan juga penejelasan-penjelasan.

PKB bukan mata pelajaran sendiri tapi disisipkan pada semua mata pelajaran.
Kurukulum menjadi panduan untuk mengatur beban kerja guru, buku kurikulum berbuah sesui dengan keinginan beban kerja guru.







Dokumen II
1.      Silabus berakter=> semua guru wajib menyusun ini. Silabus standar permendiknas nomer 41 tahun 2007 tentang standar proses. Meliputi sembilan komponen yang tidak boleh ditinggalkan. 1. Identitas pelajaran (yang di atas tabel), 2. Standar kompetensi, 3. Kompetensi dasar, 4. Materi pelajaran, 5. Kegiatan embelajaran, 6. Indikator pencapaian materi, 7. Penilaian (jenis tagihan(ulangan harian, uts, dan uas), bentuk soal (pilihan gandan, uraian), contoh soal. 8 alokasi waktu, dan 9. Sumber belajar.
RPP punya sebelas komponen ada 11: Identitas, SK, KD, Indikator pencapain, tujuan pembelajarn, materi pelajaran, alokasi waktu, metode pembelajarn, kegiatan pembelajaran (pendahuluan, inti (eksplorasi, elaborosi, dan konfirmasi), penutup), penilaian hasil belajar, sumber belajar.
Sumber belajar ada 5 macam: buku ajar, buku panduan pendidik (buku pegangan guru), buku pengayaan, buku rerfernesi, sumber belajar lain seperti CD.
2.      Rencan pelaksanaan pembelajaran (RPP)
Pendidikan nasioanl berfungsi mengembangkan kemapluan dan membentuk watak serta pribadi

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Contoh Visi dan Misi Pribadi