Contoh Tentang Riwayat Penulis Buku

Tentang Penulis



A. Rifqi Amin lahir di Kabupaten Kediri tanggal 02 November 1987. Jenjang pendidikan dasar ia tempuh di SD (tahun 1993-1999) dan di MTsN Kota Kediri 2 (tahun 1999-2002). Adapun jenjang Pendidikan menengahnya di SMA Kota Kediri (tahun 2002-2005). Kemudian, ia melanjutkan kuliah di STAIN Kediri (tahun 2005-2009) mengambil program studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Setelah wisuda, pada bulan Januari tahun 2010 ia diajak oleh salah satu kakak kelas kampus untuk ikut serta mendirikan Madrasah baru di lereng gunung Kelud, sekaligus dipercaya menjadi “wakil” kepala Madrasah.


Di tengah upaya pengembangan madrasah, sosok yang tegas dan disiplin ini mendapat kesempatan menempuh kuliah Strata Dua (S2) di STAIN Kediri (September tahun 2011 – 19 Juni 2013) dengan mengambil program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan akreditasi prodi “B” dari BAN-PT. Setelah merasakan kuliah selama satu setengah semester, dengan berbagai pertimbangan –salah satunya madrasah sudah mulai mengalami perkembangan signifikan dengan jumlah siswa lebih dari 90 orang— ia memutuskan untuk mengurangi intensitas kegiatan di madrasah. Di antara alasan lainnya adalah agar bisa fokus menempuh perkuliahan Sekolah Pascasarjana. Pada jenjang S2 inilah ia merasa mendapatkan pencerahan, semangat, dan kesadaran baru yang tak didapatkan ketika menempuh pendidikan di tingkat SD, SMP, SMA, dan S1. Kesadaran “baru” tersebut menghasilkan beberapa prestasi. Beberapa di antaranya mendapatkan piagam penghargaan semasa kuliah dan mendapat gelar wisudawan ke-2 terbaik (cumlaude) sekaligus sebagai wisudawan tesis terbaik ke-1 di antara 49 wisudawan S2 prodi Pendidikan Agama Islam (PAI).

Rifqi, salah satu sapaan akrabnya saat ini sedang aktif kuliah S3 prodi Pendidikan Agama Islam Berbasis Studi Interdisipliner (PAI-BSI) di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (September 2014 - sekarang). Selain di Madrasah, pengalaman kerja dan mengajar pada dunia pendidikan yang pernah ia tempuh adalah mengajar bidang Pendidikan Agama Islam. Di mana, penekanan utamanya ialah motivasi internalisasi nilai-nilai Islam kepada peserta didik. Aktivitas itu, dilakukan baik di SD, SMP, SMA, dan SMK pada beberapa kegiatan bakti sosial, kegiatan peningkatan kualitas agama, maupun safari Ramadan. Salah satunya, pernah mengisi kegiatan keagamaan di SMP Grogol Kab. Kediri. Selain pengalaman mengajar di jenjang pendidikan dasar dan menengah, pada pertengahan tahun 2014, Rifqi dipercaya menjadi staf pengajar di Sekolah Tinggi Agama Islam Kediri. Tak lama setelah itu ia mengemban tugas dan tanggung jawab mengikuti diklat peningkatan kompetensi calon Dosen STAIN Kediri selama 6 bulan yang masih berjalan hingga sekarang.

Di sela-sela kesibukannya, sosok yang konsisten ini juga aktif dalam bidang tulis-menulis. Hal tersebut salah satunya karena didukung keterampilan mengetik menggunakan sepuluh jari secara cepat dan tepat.  Salah satu karya yang pernah diterbitkan adalah buku ber-ISBN berjudul Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum (Yogyakarta: Tahun 2013), jurnal ber-ISSN dengan artikel berjudul Pengembangan Pendidikan  Agama Islam Berbudaya Nirkekerasan: Perspektif Interdisiplner (Jurnal Salam, Malang, 2015), Arah Pendidikan Agama Islam dalam Menyikapi Modernitas (Jurnal Inovatif, Kab. Kediri, 2015), dan lain-lain. Untuk berkorespondensi atau berdiskusi terkait buku ini dengan Rifqi dapat melalui: hak_cipta@banjirembun.com.

Link terkait:

Buku ini sangat penting dibaca oleh guru dan dosen untuk dijadikan salah satu sumber referensi dalam pengembangan PAI baik secara praktis maupun konsep. Serta tentunya amat bermanfaat bagi kepala madrasah dan pengelola lembaga pendidikan berbasis Islam di antaranya sebagai pedoman dalam pengambilan kebijakan pendidikan Islam. Adapun bagi mahasiswa selain sebagai referensi dalam menyelesaikan tugas kuliahnya, buku ini dapat menjadi bahan dalam pengembangan potensi dan wawasan ke-PAI-an.
Secara rinci sasaran konsumen buku ini adalah:
1.    Mahasiswa S1 prodi PAI (Pendidikan Agama Islam)
2.    Mahasiswa S1 Prodi PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiah)
3.    Mahasiswa S2 Prodi PAI
4.    Mahasiswa S2 Prodi PGMI
5.    Mahasiswa S2 Prodi MPI (Manajemen Pendidikan Islam)
6.    Peneliti atau penulis yang fokus di bidang pengembangan PAI
7.    Pendidik PAI di lembaga Pendidikan umum
8.    Semua pendidik dan pengelola lembaga pendidikan Islam
9.    Seluruh kalangan yang peduli terhadap pengembangan PAI
Catatan: Segala penulisan istilah (kata) yang digunakan dalam buku ini semuanya sesuai dengan istilah-istilah yang ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Dengan asumsi, segala istilah (kata) kecuali nama orang, tempat, dan semacamnya yang tidak ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia penulisannya dicetak miring (italic).



Berikut adalah Link Terkait buku A. Rifqi Amin berjudul 
"Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner"

Klik judul buku di bawah ini:
Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Perguru Tinggi Umum 
(Buku pertama karya A. Rifqi Amin pendiri blog Banjir Embun) 


 BUKU-BUKU KARYA A. RIFQI AMIN TERBEBAS DARI KEJAHATAN ILMIAH (UTAMANYA PLAGIASI)!!!



Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Hutangmu Menunjukkan Seberapa Besar Harga Dirimu

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece

Ngeri! Indonesia Punya DENHARIN, Pasukan Elit dari Terelit yang Ditakuti Dunia

Pernah Dengar Istilah "Kotak Pandora"? Inilah Kisah di Baliknya

Visi dan Misi dalam Bekerja