Kumpulan Koleksi Cerita Pendek *Banjir Embun*



Cerita pendek adalah karya tulis naratif, kronologis, dan kadang dialogis yang bersumber dari fiktif maupun non fiktif. Cerpen akronim (singkatan) dari cerita pendek dibandingkan dengan novel akan jauh lebih padat. Semua kalimat tanpa ada basa-basi. Langsung tertuju pada ide pokok cerita.


Mulanya cerita pendek merupakan produk budaya lisan. Ia dituturkan oleh orang-orang terdahulu yang tak pandai baca tulis. Kadang, cara menyampaikan alur cerita disertai intonasi atau nada bicara yang variatif. Supaya dapat menghibur, menarik, dan lebih mengena pada pendengar.


BACA TULISAN INI HINGGA SELESAI!


Mau aplikasi Hot dan VPN khusus untuk membuka Konten Khusus? Buka di sini.




Banyak cerita rakyat terutama fabel (cerita hewan yang berbicara seperti manusia) seperti Si Kancil, Semut dan Belalang, Gajah dan Ular, dan lain-lain yang akhirnya dituliskan dalam bentuk cerpen. Hal itu salah satunya untuk melatih kemampuan membaca anak-anak. 


Cerita pendek dapat berfungsi untuk menghibur baik bagi anak maupun orang dewasa. Tentu hiburan yang dimaksud antara orang dewasa dengan anak-anak beda. Hiburan cerpen bagi orang dewasa jauh lebih nakal, rumit, dan panjang daripada cerpen hiburan untuk bocah.




Cerpen juga berfungsi untuk menyelipkan informasi. Hal itu terutama untuk cerpen yang didasarkan pada kisah nyata (non fiktif). Di mana, di dalam cerita pendek itu si pembuat dapat mengkampanyekan sesuatu pada para pembacanya. Dengan begitu info yang ingin diberikan dapat tersampaikan.


Selain dua fungsi di atas cerita pendek juga dapat menjadi sumber inspirasi, motivasi,  edukasi (pendidikan), moralitas (etika), dan pengisi waktu luang. Jadi sebenarnya cerita pendek itu sangat beragam bentuknya. Kalian tinggal pilih mana yang sesuai kebutuhan.


Untuk kalian pengunjung Banjir Embun yang sudah dewasa kami juga menyediakan cerita pendek khusus. Cerpen asyik-asyik dan mantap-mantap yang dijamin bikin deg-degan. Mayoritas merupakan kisah nyata. Namun demikian, dimohon untuk tidak menyebarkan tautannya pada siapapun.




Langsung saja, dengan bangga kami persembahkan puluhan cerita pendek bikin adem panas, termotivasi, terinspirasi, dan terhibur koleksi terbaik website *Banjir Embun* sebagai berikut ini:


1. Hidup itu adalah pilihan. Sebagaimana kisah pemuda ini mendapat pelajaran berharga dari perempuan paruh baya. Untuk membacanya silakan buka tautan berjudul berikut: 
Cerita Motivasi: Pilihan Hidup


2. Ini adalah cerita yang didasarkan pada kisah nyata. Kisah cinta Mahasiswa aktivis kampus yang sedang masa puber. Hubungan cinta antara mahasiswi dengan mahasiswa. Untuk menikmatinya buka tautannya di sini:
CERITA NYATA: Kisah Kasih Aktivis


3. Sesuatu yang besar memang belum tentu lebih enak. Sebab semua itu tergantung bagaimana si pemilik menggunakannya. Namun dalam cerita ini sesuatu yang besar ternyata malah bikin enak. Di tautan ini buktinya: Cerita Motivasi: Yang Besar Lebih Utama


4. Ini adalah cerita salah satu Tim Banjir Embun yang pergi ke Jakarta dengan uang pas-pasan. Dengan misi mulia ia berangkat ke Jakarta untuk membangun kerja sama. Itu semua demi semuanya. Simak cerita inspiratifnya di sini: CERITA NYATA: Berpergian ke Jakarta dengan Uang Pas-pasan


5. Cowok ganteng memang disukai para gadis, tante, hingga emak-emak. Begitu pula cerita cowok ganteng berikut in: Cerita Inspirasi: Ganteng-ganteng Baik Hati


6. Harta kekayaan bukanlah jaminan kebahagiaan di hari tua. Cerita ini membuktikan bahwa semua itu bukan jaminan: Cerita Motivasi: Bukan Jaminan


7. Ini adalah cerita tentang biawak yang dikurung dalam sangkar. Makan dan minumnya terjamin. Namun sayang ia tak punya pasangan. Berikut kisahnya:
Cerita NYATA: Bagai Biawak dalam Sangkar Emas 


8. Masalah bukan untuk dihindari. Masalah harus disikapi dengan cerdas agar tak disesali. Namun, bukan berarti tak boleh untuk menghibur dan intropeksi diri dulu disela-sela usaha menyelesaikan masalah. Sebagaimana kisah gadis ini saat ikut camping di gunung bersama cowok.  Cerita Motivasi: Tentukan Sikap Ketika Menghadang


9. Setiap orang punya mimpi. Setiap orang berhak untuk mencapai mimpinya. Kadang dalam menggapai asanya itu seseorang harus berdiri sendiri tanpa menggantungkan pada orang lain. Sebagaimana cerita gadis ini yang menyesal karena tak fokus pada impiannya: 
CERITA MOTIVASI: “FOKUS PADA IMPIAN”



Untuk membuka koleksi cerita kami lainnya yang asyik dan mantap silakan buka menu kategori/label berikut 
"Cerita Pendek"






Jangan lupa kunjungi tautan berikut: 


Kumpulan Video Koleksi Banjir Embun di tautan ini: https://www.banjirembun.com/2017/04/kumpulan-video-koleksi-banjir-embun.html







 

 

Baca juga postingan berikut:

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)