4 Manfaat Tersenyum Pura-pura Maupun yang Natural bagi Kesehatan

Banjirembun.com - Senyuman pura-pura maupun yang natural dapat bermanfaat baik bagi kesehatan. Pernyataan itu bukan omong kosong alias mengada-ada. Bahkan, tersenyum yang muncul karena dipaksakan sekalipun tetap ada manfaatnya.


Sayangnya, umum yang terjadi adalah senyuman yang muncul dari bibir dan wajah hasil spontanitas. Kendati berpura-pura tersenyum pun, nyatanya belum totalitas. Masih terasa sulit, seolah ada beban berat agar bisa tersenyum lebar.


Baca juga: Berpura-pura Bahagia itu Baik, Ternyata Ada Manfaatnya Bagi Kesehatan Mental


Apalagi bagi orang yang tengah dalam keadaan sedih, kecewa, marah, dan dipenuhi masalah mau memutuskan tersenyum merupakan hal mustahil. Bahkan, kesannya justru ingin menularkan aura negatif dalam diri kepada orang di sekitarnya.


Seenggaknya, terdapat empat manfaat tersenyum bagi kesehatan jiwa dan raga.


1. Meredakan Cemas, Stres, Lelah, dan Sakit Ringan

Pernah tidak mengalami luka berdarah di kaki atau bagian tubuh yang jarang terlihat pandangan mata? Uniknya, tak ada rasa perih saat itu. Baru menyadari ada luka setelah memandang sendiri. Salah satu sebabnya, itu akibat keadaan psikis sedang bahagia.


Tak sekadar meredakan sakit. Dengan tersenyum bikin individu sanggup mengurangi rasa gelisah, cemas, stres, atau lelah yang ringan. Dengan senyuman atau tawa, walau berpura-pura sekalipun, bakal menekan perasaan negatif yang mengganggu jiwa.


2. Meningkatkan Rasa Bahagia

Kebahagiaan merupakan sebuah cerminan atas kesehatan mental yang sedang dalam kondisi prima. Di mana, jiwa yang sehat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara fisik. Keduanya saling mempengaruhi. Mental yang sehat menciptakan rasa nyaman, senang, dan rileks.


Perlu diketahui, otak tak mampu membedakan mana senyuman pura-pura atau mana yang natural. Otak cuma memahami bahwa posisi otot di sekitaran wajah dan bibir yang bergerak menandakan harus mengeluarkan hormon bahagia. Nah, makin banyak tersenyum semakin sering bikin bahagia.


3. Membangkitkan Jiwa Altruisme

Bagi orang yang meyakini bahwa senyum adalah sedekah berarti juga percaya bahwa cukup dengan tersenyum telah menunjukkan rasa peduli dan ingin berbagi "kebahagiaan". Ketika, dijabarkan lebih lanjut sedekah nyatanya melahirkan jiwa altruisme.


Baca juga: Menemukan Kebahagiaan dan Hiburan Hati di Majelis Taklim Melalui Altruisme

Manfaat tersenyum, salah satunya untuk sedekah

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sistem imunitas tubuh tak hanya dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi dan olahraga. Kebahagiaan yang dihasilkan dari senyuman di atas amat berhubungan positif dengan performa daya tahan tubuh. Sebaliknya, depresi dan rasa sedih juga dapat menguras energi yang berpengaruh pada kualitas imunitas.


Komentar