Panduan ke Penerbit tentang Perevisian Sebelum Buku Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Diterbitkan


Sahabat Banjir Embun (sabem) kami mau bercerita. Dulu kala pendiri Banjir Embun yaitu Kang Rifqi Amin pernah menerbitkan buku. Nah, saat dia mau nerbitin buku ribetnya tuh minta ampun. Maklum itu ialah buku pertama yang diterbitkan oleh Kang Rifqi. Saking kepingin nerbitin buku dia ngirimin naskah mentah yang banyak typo alias salah ketik. Alasannya sih dia ingin coba-coba apakah menurut penerbit tulisan tersebut layak untuk dibaca. Singkat cerita, ia menemukan penerbit yang mau mempublikasikan tulisannya. Selanjutnya, ia merevisi beberapa kali tulisan tersebut hingga revisi terakhir yang pedoman/panduan/keterangan revisinya berikut ini.

Keterangan tentang perevisian:




   1.     Halaman komentar dari pembaca ditunda dulu (semoga saya bisa mencetak edisi atau cetakan ke-2, insya allah komentar dari pembaca akan diberikan pada cetakan ke-2).
  2.     Nama penulis bukan A Rifqi Amin (tanpa tanda baca titik) tapi A. Rifqi Amin (dengan tanda baca titik) terletak di: halaman judul (halaman iii), halaman referensi (halaman iv), dan kata pengantar (halaman xii)
   3.     Sudah saya revisi untuk salah ketik dan salah tanda baca, berada di: kata pengantar, daftar isi, bab I sampai bab IV, footnote, dan daftar pustaka.
  4.     Kata yang dicetak tebal (bold) sebagai tanda telah direvisi pada  perevisian dahulu yang pernah saya emailkan sudah saya ubah ke bentuk normal.
  5.     Saya sediakan file format ms word yang sudah saya revisi semuanya termasuk footnote dll (dari awal hingga akhir) tanpa diubah dalam bentuk huruf tebal (bold) seperti sebelumnya (yang diemailkan dulu) maupun ditandai dalam bentuk lain (kecuali untuk tambahan rujukan dari yusuf al qardawi  di BAB I dan dari Siti Wuryan Indrawati dkk. di BAB IV saya tandai dengan kalimat berwarna Merah). Sudah siap dicetak. Nama file:  1. Sebelum bab(Sudah direvisi).doc, 2. Bab I (Sudah direvisi).doc, 3. Bab II (Sudah direvisi).doc, 4. Bab III (Sudah direvisi).doc, 5. Bab IV(Sudah direvisi).doc, 6. Sesudah bab(Sudah direvisi).doc
  6.     Ada penambahan sedikit dari pendapat Yusuf al-qardawi di BAB I dan Siti Wuryan Indrawati dkk. di BAB IV. Agar lebih mudah silakan buka file: Bab I (sudah direvisi).doc [pada halaman 9 dan 11] dan bab iv(sudah direvisi).doc [pada halaman 25 dan 26]. Serta sekedar untuk panduan saja (tidak dibuka tidak apa2/hanya sebagai gambaran) silakan buka file: tabel panduan perivisian.doc (terletak pada nomer tabel  29-31 untuk yusuf al qardawi dan nomer tabel 90 untuk Siti Wuryan Indrawati dkk). Ada 6 footnote baru dari pendapat Yusuf al Qardawi ada tambahan 3 footnote dan dari Siti Wruyan Indrawati dkk ada 3 footnote, sehingga mempengaruhi jumlah semua footnote yang awalnya 183 menjadi 189.
  7.     Daftar pustaka: ada pembenahan spasi (jarak kanan-kiri) antar kata serta penambahan referensi dari bukunya yusuf al-qardawi dan Siti Wuryan Indrawati dkk.
  8.     Glosarium: sudah saya berikan artinya dan referensinya dari internet, diberi nomer halaman lokasi kata, agar mempermudah pembaca menemukan.
   9.     Indeks: ada penambahan saya tanda dengan cetak bold (tebal)
  10.                        Sinopsis:  ada penjabaran kata dari “PAI” direvisi menjadi “Pendidikan Agama Islam (PAI)” dan kata “PTU” direvisi menjadi “Perguruan Tinggi Umum (PTU)” supaya calon pembaca paham apa itu PAI dan PTU.
  11.                        Sebagai penguat (panduan) saja, silakan jenengan lihat tabel yang sudah saya siapkan saya kirim dengan nama file: tabel panduan perevisian.doc. {file ini bisa diabaikan}.

SETELAH INI TIDAK ADA REVISI LAGI, saya serahkan semuanya pada jenengan. Terima kasih......





Baca juga postingan berikut:

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)