Ulasan (Review) Film Mission Impossible Fallout Juli 2018

Penilaian terhadap film Mission Impossible Fallout Versi *Banjir Embun*
Ulasan (Review) Film Mission Impossible Fallout Juli 2018

Oleh: A. Rifqi Amin

Sahabat *Banjir Embun* (Sabem) yang suka film layar lebar pasti sudah menanti-nantikan kehadiran film yang dibintangi Tom Cruise ini. Yup, mission impossible merapakan salah satu tontonan yang paling ditunggu oleh pecinta film aksi dan spionase (mata-mata) yang bergenre fiksi ilmiah. Tidak hanya menyajikan ketegangan dari aksi para pemainnya. Film ini juga menyajikan drama cinta segi tiga, komedi, strategi, nilai moral persahabatan hingga kemanusian, pengorbanan, dan nilai-nilai lain bisa diambil sisi positifnya.


Seperti pada film-film sebelumnya kali ini Ethan Hunt (Tom Cruise) harus beraksi lagi di lokasi yang cukup tinggi. Sahabat pecinta sekuel Mission Impossible pasti masih ingat saat Ethan berakting pada film-film sebelumnya. Dia harus beraksi di ketinggian gedung Burj Khalifa (gedung tertinggi di dunia) serta beraksi di pesawat yang sedang terbang. Untuk film kali ini dia tidak hanya beraksi di pesawat yang sedang terbang tetapi juga beraksi di pinggir tebing (jurang) yang bersalju. Di bagian inilah puncak ketegangan terjadi.


Film ini diawali dengan aksi agen mata-mata IMF (Ethan Hunt, Benji, dkk) saat menjalankan misi mendapatkan plutonium (senjata nuklir) dari seseorang. Misi itu dilakukan dengan cara melakukan transaksi pembelian pada pihak yang mempunyai senjata pemusnah masal tersebut. Namun, misi itu terganggu lantaran ada pihak ketiga yang mengacaukan suasana. Tak pelak aksi tembak-menembak dan aksi sandra terjadi. Singkat cerita, akhirnya misi itu gagal karena plutonium hilang tanpa jejak.

Ternyata peristiwa hilangnya plutonium itu terkait dengan Solomon Lane musuh Hunt di film sebelumnya yang berhasil ditangkap. Berkat bantuan dari tokoh wanita yang menjadi komparador/perantara (diperankan oleh Vanessa Kirby) akhirnya Lane berhasil dibebaskan. Dalam aksi pembebasan ini sangat unik dan menegangkan. Hunt bersama timnya sempat menyandera Lane sehingga ia menjadi bulan-bulanan. Meski begitu pada akhirnya Lane tetap menjadi tokoh kunci sehingga bisa bebas karena diselematkan oleh para tokoh antagonis.

Sayangnya, meski masuk kategori tayangan bagus. Menurut kami alur cerita film ini masih kalah dengan alur cerita Mission Impossible sebelumnya. Bisa jadi ini terjadi karena alur ceritanya hasil "kloning" dari film sebelumnya sehingga saat menonton terasa memutar film lama. Meski beberapa adegan yang disuguhkan (salah satunya saat Hunt kejar-kejaran menggunakan helikopter) tak kalah menegangkan dari film sebelumnya tetapi alur ceritanya masih kurang greget. Sisi komedinya pun juga masih kalah lucu dibanding film sebelumnya.

Menurut kami sisi kurang menariknya film ini karena beberapa tokoh pembantu (peran pembantu) memiliki arah yang tidak jelas. Ia termasuk pihak protagonis (mendukung dan membantu agen IMF) atau pihak antagonis yang menghalangi langkah Hunt dkk. Meski di akhir cerita sebagian kegundahan kami terjawab siapa yang jadi lawan dan siapa kawan tapi di sebagian yang lain masih mengambang. Mungkin maksud sutradanya ingin memberi kesan kepada penonton agar film ini tidak mudah ditebak.

Its oke, tapi kami rasa karena sifat bias sebagian tokoh berakibat pada alur cerita yang kurang lengkap. Seakan masih ada alur yang diloncati (dipotong). Dengan kata lain, kami lebih mudah memahami alur cerita di sekuel sebelumnya. Namun secara keseluruhan film ini kami nilai sangat bagus dan layak untuk ditonton. Kualitas dan kuantitas (tayang kurang lebih 2,5 jam) lebih dari cukup untuk mengganti biaya membeli tiket. So, jangan lupa untuk menonton ya sahabat karena ulasan yang kami berikan ini masih bersifat umum. Hal-hal yang bersifat khusus yang jauh lebih menarik ada di dalam filmnya.

Alur Cerita: 7
Aksi tokoh: 8,5
Kualitas gambar (visual): 9,5
Sound Effect: 8
Penilaian Akhir: 8,25

Demikian review dari kami. Semoga kita bisa mengambil sisi positifnya sehingga bisa bermanfaat. Terima kasih telah membaca.









Mission: Impossible Fallout (sumber gambar gstatic)


Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)