Heboh Awan Tsunami Menggulung Langit Kota Meulaboh, Berikut 4 Rekaman Videonya




Pada hari Senin 10 Agustus 2020 kemarin warga Meulaboh, Aceh dikejutkan dengan gulungan awan berbentuk Tsunami. Awan hitam dan putih itu memanjang dari Barat hingga Timur. Uniknya, mendung tersebut tepat berada di atas lautan.


Peristiwa itu tentu mengingatkan warga Aceh pada tragedi memilukan berupa sunami yang sebenarnya pada 26 Desember 2004. Tak pelak banyak warga yang menyebarkan video rekaman masing-masing maupun milik orang lain di status medsos.




Fenomena langka itu hanya berlangsung kurang dari 1 jam. Yakni, mulai sekitar jam 08:15 WIB hingga berangsur menghilang pukul 09.00 WIB. Respon warga yang melihat langsung kejadian itu beragam. Ada yang panik. Ada pula yang santai merekam.



Penampakan sunami di atas langit (sumber twitter @masawep)


Berikut ini salah satu video sunami awan rekaman warga yang diposkan di medsos:



Video pada Tweet (status twitter) di atas telah dilihat lebih dari 610 ribu kali. Diretweet lebih dari 10 ribu. Memperoleh like (suka) lebih dari 27 ribu kali. Serta mendapat komentar lebih dari 500 kali. Itu semua merupakan angka yang cukup besar.


Berikut video lain terkait Tsunami Awan:












Menurut BMKG kejadian awan sunami atau yang menggulung seperti ombak di atas disebut dikenal sebagai awan Arcus. Di mana, ia masih tergolong sebagai tipe awan kumulonimbus. Itu artinya dapat berpotensi terjadinya hujan es dan angin kencang.


Bukannya jauh di atas angin, awan sunami atau awan ombak laut itu paling sering berada di bawah. Awan rendah ini juga dapat menimbulkan hujan lebat, hujan petir, hingga angin puting beliung. Lokasi terbentuknya awan itu terjadi di daerah yang tak begitu luas.


Dihimbau ketika menemukan awan tersebut di tempat terbuka, masyarakat segera menghindar. Mencari tempat berlindung dari potensi angin dan sambaran petir. Begitu pula bagi nelayan juga sesegera mungkin berlabuh menuju darat.


Jadi, video di atas merupakan murni fenomena alam. Tidak ada kaitannya dengan tanda-tanda akan terjadi sunami laut beneran. Pun, itu bukanlah fenomena gaib yang tak bisa dijelaskan oleh akal. Adakalanya alam memang harus "marah" pada manusia.



Komentar

Baca juga postingan berikut:

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)