Virus Flu Hanya Bisa Dikalahkan oleh Daya Tahan Tubuh Kuat, Ternyata Sangat Mudah Caranya


Daya tahan tubuh adalah kemampuan tubuh dalam menangkal serangan virus maupun kuman yang akan menginfeksi tubuh. Sistem imunitas tubuh yang bagus tersebut membuat badan jadi sehat. Dengan begitu, seseorang dapat terhindar dari gangguan kesehatan.


Tak hanya faktor perubahan cuaca ekstrim serta penyebaran penyakit menular dari orang lain yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Ternyata, kondisi psikis (kejiwaan) seseorang yang sedang mengalami tekanan, ketakutan, emosional, atau semacamnya turut menentukan pula.


Terlalu banyak begadang, bekerja kurang istirahat, dan salah memilih makanan juga turut andil dalam melemahkan daya tahan tubuh. Namun, bila ternyata pasokan antibodi (zat penghancur virus dan bakteri) dalam tubuh melimpah dan cukup untuk melawan "musuh" semuanya masih aman.


Tatkala antibodi dalam tubuh menyusut drastis seyogyanya waspada. Sebab virus, kuman, dan bakteri sebagai salah satu penyebab jatuh sakit itu selalu ada di sekitar. Makhluk kecil yang tak kasat itu mustahil untuk dihindari terus-menerus. Solusinya kalahkan ia dengan antibodi.


Antibodi yang jadi bagian sistem kekebalan tubuh itu kadang berjumlah banyak dan kadang sedikit. Untuk menjaga tubuh agar tetap stabil sehingga terjaga dari serangan virus maka kurangi beban tubuh agar tak di kalahkan virus. Caranya seperti dalam judul tulisan kami "Kurangi Beban Tubuh Agar Tak Dikalahkan Virus, Caranya Seperti ini".


Supaya daya tahan tubuh tetap kuat dan terjaga dengan baik, seseorang mesti meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Adapun cara menjaga daya tahan tubuh agar tetap baik adalah sebagai berikut.


1. Berpola pikir positif

Tubuh sudah terbebani secara fisik untuk membentengi dari serangan penyakit. Oleh sebab itu jangan ditambah lagi dengan memforsir kerja otak. Di mana, dipaksa untuk memikirkan hal berbau negatif dan yang bikin banyak pikiran. Senantiasa ikhlas dan tenang (rileks) adalah jalan bijak.


Segala permasalahan terkait keluarga, pekerjaan, maupun sosial kudu disikapi dengan arif. Tak perlu sampai membesar-besarkan maupun kepikiran hingga mengganggu tidur, konsentrasi, hingga aktivitas. Hindari konflik serta membenci siapapun. Sebab itu akan merusak suasana hati.


2. Menjaga  pola hidup sehat

Selain berfikir positif, gaya hidup sehat secara "fisik" juga sangat penting. Di antaranya meliputi menjaga asupan nutrisi, berolahraga cukup, tidur dan istirahat cukup, mengatur pola makan, hingga menjaga kebersihan diri maupun lingkungan.


Makanlah makanan yang bergizi atau bervitamin dengan porsi yang cukup. Lakukan olah raga sederhana misalnya lari kecil yang didahului gerakan pemanasan. Lingkungan bersih juga ikut menopang kinerja daya tubuh tetap terjaga. Sebab hal yang kotor dan tak steril jadi sarang penyakit.


3. Mempertahankan produksi antibodi

Antibodi yang diproduksi tubuh berperan penting dalam melawan antigen (benda asing yang masuk ke tubuh). Agar produksi antibodi mencukupi, perbanyak berjemur di bawah sinar matahari langsung, konsumsi vitamin C, vitamin B6, dan konsumsi vitamin E.

Ilustrasi antibodi dan virus (sumber gambar)

Vitamin C dan E dapat ditemui pada aneka makanan terbuat dari kacang-kacangan dan sayur-sayuran. Di antaranya seperti tomat, jeruk nipis maupun manis, kacang tanah, jambu merah, bayam, kacang hijau, pucuk pepaya, pucuk melinjo, dan lain-lain.


Disclamer: Tulisan ini hanya bersifat membuka sebagian kecil wawasan. Terdapat faktor lain agar tubuh tetap sehat dan tak terkalahkan oleh virus secara spesifik. Ilmu kesehatan dan pengobatan medis adalah kunci utama. Oleh sebab itu, bila ada gangguan pada tubuh terkait virus lebih baik konsultasikan pada dokter atau ahli kesehatan kepercayaan kalian.

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)