Kurangi Beban Tubuh Agar Tak Dikalahkan Virus Flu, Caranya Seperti ini




Kesehatan adalah punggung dari segalanya. Orang yang punya uang banyak dan memiliki sesuatu yang disukai, tidak bakal sepenuhnya bahagia tatkala ia sakit. Terlebih bila sakit fisik itu mempengaruhi pikirannya.



Tak ada salahnya bila manusia menjaga diri dan waspada agar kesehatan tetap terjaga. Salah satunya dengan cara mengantisipasi dari hantaman virus. Sebagaimana diketahui, penyakit yang disebabkan virus tidaklah sedikit.




Sayangnya, tak banyak orang yang peka tentang bahayanya virus. Akibatnya mereka tak ada rasa peduli untuk melindungi tubuh dari invasi virus. Ujung-ujungnya ketika imunitas tubuh melemah akhirnya jatuh sakit juga.


Untuk itu, supaya tubuh tidak mudah menyerah ketika terkena serangan virus lebih baik perhatikan cara-caranya berikut ini.


1. Cara langsung
Banjirembun.com
Cara langsung ini merupakan tindak pencegahan yang dilakukan dengan tujuan agar potensi serangan virus makin kecil. Baik itu dari segi kualitas maupun jumlahnya. Sebab, semakin banyak jumlah virus masuk tubuh makin berat tubuh melawan dan mengalahkannya.


Cara-cara membantu tubuh dalam mengalahkan virus sangatlah mudah. Akan tetapi ini harus sering dan istiqomah dilakukan. Terutama saat kondisi tubuh lagi turun dan saat ada gejala penyakit muncul.


Pertama, memakai masker. Penggunaan penutup mulut dan hidup sangat penting untuk mencegah penyebaran virus melalui udara. Itu sebagai upaya memperkecil jumlah virus masuk ke tubuh melalui dua lubang tubuh tersebut.


Ilustrasi viru H1N1 (sumber gambar)

Kedua, cuci tangan dengan sabun sesuai standar. Cara ini dipercaya tidak hanya mengurangi jumlah virus di tangan, tapi bahkan bisa menghilangkan 100%. Dengan itu tubuh makin terbebas dari ancaman virus.


Ketiga, pakai obat kumur anti virus. Mulut, hidung, dan tenggorokan merupakan sumber bagi jenis virus tertentu. Dengan berkumur menggunakan obat khusus maka keberadaan virus di sekitar mulut bisa diminimalisir.




Keempat, pakai inhaler pembunuh virus. Kandungan anti virus yang dihirup dapat membunuh virus hingga ke rongga-rongga mikro paru-paru. Dengan begitu, beban imunitas tubuh yang terfokus ke paru-paru jadi berkurang.


Selain inhaler, kalian juga bisa menggunakan balsam/minyak eukaliptus (eucalyptus). Cara lain dengan menggunakan minyak/balsam kayu putih (cajuput oil). Cukup dioleskan di lubang hidung lalu menghirupnya kuat-kuat. Tentu itu bisa juga jadi aroma terapi untuk ketenangan diri.


Kelima, menghindari lingkungan yang berpotensi jadi pusat penularan atau penyebaran virus. Lebih lanjut silakan baca tulisan kami berjudul "Twitter WHO "Cabang" Indonesia Rilis 3 Model Tempat Paling Rawan Penularan COVID-19".


2. Cara tak langsung
Banjir Embun
Cara tak langsung merupakan tindak pencegahan yang dilakukan dengan maksud supaya tubuh memiliki daya tahan tinggi. Dengan itu diharapkan akan mampu mengalahkan virus dengan mudah.


Pertama, memakan makanan dan minuman bernutrisi tinggi. Makanan bergizi tidak harus mahal. Setidak-tidaknya mencegah diri mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung bahan kimia banyak.


Bahan kimia sebenarnya tidak baik untuk tubuh. Itu akan menambah beban tubuh dalam "mengolahnya". Makan-makanan dari alam sudah cukup. Selain murah dan mudah didapat juga untuk jenis tertentu bisa jadi obat.


Kedua, hindari stres atau gangguan pikiran. "Tidak ada kesehatan tanpa kesehatan jiwa". Itulah ungkapan yang menandakan bahwa yang namanya sehat itu harus komprehensif dan berimbang. 


Dengan kesehatan psikologis seseorang diharapkan akan punya daya tahan tubuh luar biasa. Sebab "tenaga" tubuh tidak diforsir pada pikiran untuk menyelesaikan masalah kejiwaan. Dapat dikatakan kesehatan jiwa dan fisik saling terkait.


Ketiga, olah raga yang cukup. Olah raga jangan berlebihan. Ketika itu dilakukan, justru tubuh akan mengalami penurunan. Sebab tenaga terkuras habis. Butuh waktu untuk memulihkan. Bila lengah sedikit, malah bikin mudah sakit.


Keempat, mengonsumsi herbal. Makanan atau minuman alami penambah daya tahan tubuh juga diperlukan. Sebut saja seperti habbatussauda, madu, jamu, jahe, dan semacamnya. Selain mencegah, sebagian percaya juga dapat untuk mengobati.


Baca: Pengalaman Pribadi Membeli dan Mengonsumsi Habbatussauda


Kelima, mencegah diri kambuh atau terserang penyakit. Jaga diri dari serangan penyakit tertentu. Misalnya demam berdarah dengue (DBD). Serta jangan sampai penyakit menahun yang diderita kambuh tiba-tiba. Sebab, itu akan membuat tubuh mudah dikalahkan virus.


Keenam, berjemur di bawah matahari langsung. Selain berpotensi membunuh virus di permukaan tubuh, berjemur dapat menyehatkan badan. Lakukan secara rutin dan durasi minimal 10 menit setiap harinya. Waktu yang dipilih bisa antara jam 9 pagi hingga 11 siang.


Memang gigitan nyamuk aedes aegypti pada kondisi normal mungkin bagi sebagian orang tidak membahayakan karena kekebalan tubuh terjaga. Namun, saat pandemi virus seperti sekarang gigitan nyamuk itu akan menjadi malapetaka.





Disclaimer: Tulisan ini dibuat berdasar pengalaman pribadi. Penulis pernah mengalami kondisi tubuh menurun. Nafas sesak hingga berbunyi cukup keras. Alhamdullilah, setelah menerapkan poin-poin di atas bisa kembali aman. Badan bisa kembali terjaga seperti sedia kala.


Perlu diingat, barangkali cara diatas hanya bersifat kasuistif (kasus per kasus). Tatkala diterapkan pada tempat dan orang berbeda sangat mungkin hasilnya juga beda. Setiap orang punya pengalaman masing-masing dalam menanggulangi virus.


Kemungkinan masih ada hal lain yang luput dari kami. Serta ada faktor-faktor lain yang di luar kesadaran, pengetahuan, dan kemampuan kami untuk menjelaskannya di sini. Oleh sebab itu, lebih baik konsultasikan kesehatan kalian lebih lanjut pada dokter atau pakarnya.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece