Ini Alasan Orang Mengajak Registrasi Aplikasi Tertentu Pakai Kode Referral, Ternyata Begini Caranya




Kalian pernah diajak oleh saudara, teman, atau oleh orang lain tak dikenal pada dunia maya untuk download aplikasi tertentu? Lalu dijanjikan setelah registrasi bakal dapat poin, voucher, atau uang digital secara cuma-cuma. Namun, ada syarat tambahan yaitu masukkan kode referral lebih dulu.


Referral berasal dari bahasa inggris artinya rujukan. Kata itu juga bisa digunakan dalam dunia kesehatan maupun terapi konseling (psikologis). Misalnya ada dokter, psikiater, konselor, atau semacamnya merasa tidak mampu menangani kliennya maka bisa dirujuk ke pihak yang lebih pakar.




Kata referral maupun referal (tanpa 'r' dobel) bukan merupakan bahasa Indonesia. Sepertinya kata tersebut juga tak perlu diserap ke dalam bahasa Indonesia. Sebab istilah refferal code bisa diartikan ke bahasa Indonesia menjadi kode referensi, kode rujukan, atau kode rekomendasi.


Kode referal atau kode rujukan adalah huruf, angka, atau gabungan keduanya yang membentuk kombinasi yang unik. Setiap kode referal tidak sama. Sebab, kode itu digunakan bukti (legitimasi) pelanggan lama sukses merekomendasikan produk atau jasa tertentu pada calon pelanggan baru.


Dalam dunia bisnis, khususnya untuk pemasaran, kata di atas mengacu pada sebuah metode yang disebut referral marketing. Yakni, strategi untuk mempromosikan produk, layanan, atau jasa terhadap calon pelanggan baru melalui arahan pelanggan yang sudah mencoba sebelumnya.


Strategi referral marketing yang bertindak sebagai tim marketing adalah para pelanggan. Merekalah yang bergerak aktif tanpa paksaan, tanpa digaji, tanpa ikatan, dan tanpa tuntutan apapun. Sebagai imbalan para perekomendasi tersebut juga mendapat voucher, poin, atau uang digital.


Banyak sekali penyedia aplikasi berbagai produk atau jasa tertentu yang memiliki "menu" kode referal. Baik itu aplikasi pinjam online, penginapan, dompet digital, hingga ojek online. Maraknya penggunaan siasat seperti itu wajar. Sebab berdampak signifikan terhadap tambahnya pelanggan baru.


Dengan adanya kode referal semua pihak diuntungkan. Pemilik/penyedia jasa aplikasi mendapat banyak pelanggan. Pemberi rekomendasi/rujukan sebagai pelanggan lama mendapat hadiah. Pihak yang mendaftar atau pelanggan baru juga mendapat hadiah yang bisa dimanfaatkan.


Sebut saja seperti dua aplikasi Reddorz dan Jenius di bawah ini. Secara lengkap berikut penjelasannya.


1. Contoh Kode referal aplikasi Reddoorz dan Cara Membuatnya

Kode referal Reddoorz ini berbeda. Selain berupa angka, huruf, atau kombinasi keduanya ternyata Reddoorz juga memberi pilihan lain. Yakni, berupa alamat situs. Jadi pelanggan baru tak perlu repot-repot memasukkan kode referal secara manual. Berikut contoh kode rujukannya: 




Bila kalian menekan kode berupa tautan/link/url di atas lalu berhasil daftar, maka penulis sebagai pemilik kode tersebut akan mendapat voucher menginap 20 ribu dan mendapat diskon 50% untuk pesan inap selanjutnya. Adapun kalian yang mendaftar akan memperoleh voucher 50 ribu.


Berikut tembak layar cara mendapatkan kode referal pribadi di aplikasi Reddoorz.

1. Registrasi dulu ke aplikasi Redoorz. Caranya dapat dibaca pada postingan kami berjudul "Apa itu RedDoorz? Berikut Cara Pesan Hotel Murah di Aplikasi dan Website RedDoorz". 


2. Setelah berhasil daftar di aplikasi Reddorz langkah berikutnya buka halaman beranda/home seperti di bawah ini. 




3. Setelah itu pilih menu Hotel (disamping kirinya menu Rumah Kost). Lalu gulirkan (arahkan) layar ke bawah hingga menemukan sub menu "Ajak dan Dapatkan" seperti gambar di atas. Kemudian tekan tombol "Rujuk Sekarang".



4. Kalian akan mendapati halaman seperti di bawah.





5. Banyak cara untuk membagikan kode referal milik kalian. Bisa secara manual yaitu dengan cukup menyalin kode di tombol "salin kode" seperti gambar di atas. Serta pilihan lain yang langsung merujuk pada beberapa aplikasi tertentu. Itulah kode rujuk kalian.


2. Contoh Kode referal aplikasi Jenius dan Cara Membuatnya

Adapun kode referal Jenius tak kalah kerennya. Di mana para pelanggan dapat membuat atau menyusun dengan bebas tanpa batas kode referal mereka masing-masing. Syaratnya satu, kode tersebut belum dipakai oleh pelanggan lain. Berikut contoh kode rujuk Jenius:


$banjirembun


Bila kalian memasukan $Cashtag Jenius di atas pada kolom referral saat pendaftaran, maka secara otomatis penulis mendapat 75 ribu. Adapun bagi kalian yang berhasil daftar menggunakan kode di atas, akan mendapat hadiah uang digital yang dimasukkan ke saldo sebesar 250 ribu.


Tak hanya itu penulis juga berkesempatan memenangkan hadiah undian langsung tanpa potong pajak sebesar 13 juta. Syaratnya penulis harus mengajak sebanyak-banyaknya orang untuk daftar aplikasi Jenius. Di mana, semakin banyak orang lain menerima ajakan semakin besar peluang menang.


Berikut tembak layar cara mendapatkan kode referal pribadi di aplikasi Jenius.


1. Daftar dulu ke aplikasi Jenius. Caranya dapat dibaca pada postingan kami berjudul "Cara Daftar Jenius BTPN dan Mendapatkan Kartu ATM Debit Visanya". 


2. Setelah berhasil registrasi di aplikasi Jenius langkah berikutnya buka halaman beranda/utama. Kemudian tekan tombol menu utama berupa tiga garis yang bertumpuk sejajar. Letaknya di pojok kiri atas. Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah.



2. Tekan tombol "Awards" seperti nampak pada tanda panah merah di atas. 


3. Gulirkan atau geser layar hingga menuju dasar (paling bawah). Di sana kalian akan menemukan menu Invite Your Friends. Lalu tekan tombol "AJAK TEMANMU SEKARANG" seperti gambar di bawah.










4. Bila lupa kode referral atau $Cashtag Jenius milik kalian yang telah dibuat saat pendaftaran maka dapat dilihat di sini. Yakni, di kolom nomor 2 "Bagi $Cashtag Kamu" seperti nampak di atas. Lantas Klik tombol "AJAK TEMANMU SEKARANG" sekali lagi.


5. Pilih saluran mana yang kalian kehendaki untuk membagikan kode referal Jenius. Bisa melalui whatsapp atau beberapa aplikasi lain.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)