Asal-usul Julukan "Paman Sam" Bagi Negara Amerika Serikat



Seringkali reporter di telivisi menyubut "Paman Sam" sebagai pengganti sebuah nama negeri, yaitu Amerika Serikat. Paman Sam merupakan padanan kata untuk AS. Lantas bagaimana sebutan Paman Sam itu bisa terjadi? Apakah penyebutan itu hasil kreatifitas orang Indonesia? Apa memang murni dari negara asalnya? Bila seperti itu maka Paman Sam dalam bahasa Inggris seharusnya disebut Uncle Sam.


Penggunaan nama Paman Sam bertujuan untuk mengenang pemilik nama Samuel Wilson. Tepatnya pada masa perang saudara tahun 1812 "simbolisasi" sebutan Paman Sam mulai menggejala. Ia merupakan sukarelawan perang untuk Amerika yang menyuplai daging bagi tentaranya. Daging itu ia kemas dalam tong-tong kayu yang bertuliskan "U.S" yang merupakan akronim dari United State atau Amerika Serikat.


Di tengah ketegangan perang, para tentara membuat candaan. Mereka memplesetkan kepanjangan dari tulisan "U.S" di tong kiriman Samuel Wilson dengan sebutan Uncle Sam. Para tentara berbuat seperti itu bukan bertujuan untuk menghina Samuel. Sebaliknya itu sebagai bentuk penghormatan. Sebab Samuel dikenal sebagai sosok tokoh teladan yang cinta dan rela berkorban untuk tanah airnya.



Ilustrasi Paman Sam (sumber gambar)



Kebutuhan pasokan makanan pada masa peperangan merupakan  hal utama. Tanpa makanan para tentara tidak akan bertenaga. Saat makanan cadangan bahan makanan mulai menipis tentu itu akan berpengaruh pada psikologis para tentara. Namun, Samuel Wilson ingin memastikan bahwa para tentara tidak akan pernah kelaparan. Ia selalu menyuplai makanan dengan taruhan nyawa.


Satu tahun setelahnya yaitu 7 September 1813, istilah Uncle Sam tak hanya populer di kalangan militer. Sebab kisah heroik si Paman Sam berhasil dinarasikan dengan menarik oleh surat kabar lokal saat itu. Tak mengherankan bila para wartawan lain, penulis, seniman (karikatur), politikus, hingga kritikus juga ikut-ikutan menggunakannya.  Sejak saat itu sebutan "Paman Sam" meluas ke penjuru Amerika Serikat.


Tidak sampai di situ, pada tahun 1961 Kongres Amerika Serikat "meresmikan" istilah Uncle Sam sebagai simbol Nasional yang asal-usul awalnya dari Samuel Wilson. Itu menandakan bahwa Samuel Wilson merupakan orang penting yang berperan dalam sejarah Amerika. Sungguh apa yang dilakukan Samuel Wilson merupan hal yang kelihatannya sederhana tapi ternyata berdampak luar biasa bagi kehidupan Amerika Serikat.




Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Hutangmu Menunjukkan Seberapa Besar Harga Dirimu

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece

Ngeri! Indonesia Punya DENHARIN, Pasukan Elit dari Terelit yang Ditakuti Dunia

Pernah Dengar Istilah "Kotak Pandora"? Inilah Kisah di Baliknya

Visi dan Misi dalam Bekerja