Cara Terbaru Membeli dan Memperpanjang Domain di Google Domains


Ada yang baru dalam metode pembelian dan perpanjangan domain di Google Domains. Bila satu tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 26 Agustus 2018 kami bisa membeli domain menggunakan kartu debit Visa Bank Tabungan Negara (BTN) jenis e-Batarapos, maka sekarang ini tak bisa. Ada kabar yang datang bahwa hal tersebut karena Indonesia sedang menuju nasionalisasi kartu GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional.






GPN telah "diwajibkan" secara serentak oleh seluruh bank BUMN Indonesia. Banyak bank sekarang ini yang melakukan GPN-nisasi terhadap nasabahnya. Namun demikian, nasabah masih tetap bisa untuk memiliki kartu debit maupun kartu kredit milik asing seperti visa dan mastercard. Sayangnya, meski berlogo Visa maupun Mastercard nyatanya kartu tersebut tidak bisa digunakan untuk memperpanjang domain di Google Domains.



Contoh kartu GPN yang dikeluarkan BRI



Contoh kartu debit MasterCard BNI


Kami sudah bolak-balik ke Kantor BTN Cabang Malang dan Kantor BNI Cabang Malang ditambah satu kali ke Kantor BNI Graha Pangeran Surabaya. Namun, semuanya berakhir jalan buntu. Pegawai Bank tidak dapat memecahkan masalah yang kami hadapi. Sudah puluhan kali dicoba kartu tetap ditolak Google Domains. Berbagai cara sudah dilakukan. Seperti ganti kartu Visa BTN model terbaru hingga request VCN di Mobile Banking BNI. Semuanya berakhir kegagalan.



Kartu debit visa BTN terbaru

Hasil request VCN dari BNI Mobile Banking


Tak hanya itu kami juga sudah minta tolong secara langsung (bertemu) maupun tidak langsung (di media sosial) kepada orang yang sudah pengalaman. Hasilnya sama masih mengalami jalan buntu. Rasa putus asa muncul. Perjuangan 2 bulan agar domain bisa diperpanjang sudah luntur. Kami putuskan untuk membiarkan domain *Banjir Embun* berhenti masa sewanya sehingga akan kembali ke blog biasa yaitu banjirembun.blogspot.com. Lalu setelah itu kami akan membeli domain baru ke pihak ketiga.


Secercah harapan tumbuh, akhirnya ada yang memberi masukan bahwa kami harus menggunakan Kartu Jenius BTPN. Awalnya kami tidak yakin. Sebab Bank besar saja tidak bisa apalagi Bank yang jumlah kantor cabangnya sedikit. Akan tetapi setelah mendatangi langsung ke BTPN Cabang Malang kami mendapat angin segar.  Pegawai Bank menginfokan bahwa ada beberapa nasabah telah berhasil membeli atau memperpanjang domain lewat Jenius BTPN.



Kartu debit Visa Jenius


Dari berbagai info terbaru, banyak blogger yang akhir-akhir ini berhasil melakukan perpanjangan Domain di Google Domains menggunakan kartu Jenius BTPN. Memang beberapa bulan yang lalu (sebelum musim GPN-nisasi) mereka juga berhasil transaksi pakai kartu Mastercar BNI, Visa BTN, dan kartu lainnya. Sekarang ini hal itu tak berlaku lagi. Sampai saat ini Jenius BTPN kami ketahui satu-satunya pihak yang bisa memperpanjang domain di Google Domains.



Untuk menjadi nasabah Jenius BTPN kalian datang ke kantor cabang BTPN. Lantas minta alamat/lokasi tempat pendaftaran aplikasi Jenius untuk mendapat kartu debit visa Jenius. Setelah itu lakukan pendaftaran yang akan dituntun oleh petugas. Ingat, tanpa harus isi saldo minimal maupun bayar admin sepeserpun. Kalian dapat kartu visa secara cuma-cuma. Kemudian isi saldo secara tunai di kantor cabang BTPN untuk biaya membeli atau memperpanjang domain.


Adapun untuk membeli dan memperpanjang domain di Google Domains berikut ini langkah-langkahnya:

A. Membeli Domain di Google Domains


1. Untuk kalian yang memakai blogger langkah pertama yang harus dilakukan ialah login ke akun Blogger lalu bukan menu "Setelan".

2. Pilih sub menu "Dasar" kemudian fokus ke bagian "Publikasi" 

3. Pada bagian "Alamat Blog" klik tombol "Beli Domain"



Tombol beli domain di blogger


4. Pilih domain yang tersedia dengan akhiran .com, .org, .academy, .cc, .movie, .today, dll

 
pilihan domain yang tersedia di google domains dengan kata kunci "banjir embun"


5.  Isi konfirmasi informasi kontak sesuai dengan info atau profile kartu Jenius BTPN. Lalu tekan tombol "Lanjutkan"


6. Setelah itu ada halaman yang menawarkan Perpanjangan Otomatis domain setiap tahun. Bila setuju tekan tombol "Aktifkan Perpanjangan Otomatis". Bila tidak setuju tekan "lewati".


7. Kemudian muncul halaman tawaran Gmail khusus yang berbayar sekitar 70 ribu tiap bulannya. Bila setuju tombol "Tambahkan email khusus". Bila tidak tekan "Tidak, terima kasih".

8. Pada halaman "Selesaikan Pembelian Anda" yang menggunakan Google Pay masukkan nomor VCN, Valid Thru, dan CVC pada kartu Jenius BTPN di kolom "Tambahkan kartu kredit atau debit".



Kolom isian pembayaran Google Pay

Keterangan gambar:

a. Nomor kartu adalah nomor VCN yang tertera di depan kartu Debit Visa Jenius sebanyak 16 digit.


b. BB/TT adalah nomor valid thru yang tertera di muka kartu (bawah nomor VCN)


c. CVC adalah 3 digit nomor yang berada di belakang kartu


d. Nama pemilik kartu harus diisi sesuai/sinkron dengan nama profile pembayaran pada Google Pay. Bila tidak maka kartu tidak bisa digunakan membayar disertai keterangan perintah untuk "memberbaiki info kartu".



9. Tekan tombol "Beli" setelah itu secara otomatis kalian akan diarahkan pada halaman awal blogger. Lalu tes alamat domain terbaru di browser apakah sudah aktif atau belum. Biasanya jika berhasil dibeli akan langsung aktif saat itu juga.

B. Memperpanjang Domain di Google Domains


1. Bukan akun Google Domains di www.domains.google.com


2. Pilih menu "Domain saya"


3. Klik nama domain yang ingin diperpanjang


4. Lalu pilih menu "Setelan pendaftaran"


5. Arahkan tampilah halaman ke bawah hingga menemui bagian "Pendaftaran". 


6. Lalu klik link "Tambahkan Tahun" silakan pilih ingin memperpanjang berapa tahun

gambar

7. Pada halaman "Selesaikan Pembelian Anda" yang menggunakan Google Pay masukkan VCN, Valid Thru, dan CVC pada kartu Jenius BTPN di kolom "Tambahkan kartu kredit atau debit".


Kolom isian pembayaran Google Pay

Keterangan gambar:

a. Nomor kartu adalah nomor VCN yang tertera di depan kartu Debit Visa Jenius sebanyak 16 digit.


b. BB/TT adalah nomor valid thru yang tertera di muka kartu (bawah nomor VCN)


c. CVC adalah 3 digit nomor yang berada di belakang kartu



d. Nama pemilik kartu harus diisi sesuai/sinkron dengan nama profile pembayaran pada Google Pay. Bila tidak maka kartu tidak bisa digunakan membayar disertai keterangan perintah untuk "memberbaiki info kartu".


8. Tekan tombol "Beli" setelah itu secara otomatis kalian akan diarahkan pada halaman awal Google Domains. Lalu lihat menu "Setelan pendaftaran" pada bagian "pendaftaran". Bila berhasil diperpanjang maka masa berlaku sewa domain akan makin panjang. Sesuai dengan jumlah tahun perpanjangan.


Komentar

  1. minimal saldo di rekening jenius untuk transaksi di google domain berapa yaa bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya dulu tanpa minimal saldo, yang penting cukup untuk transaksi

      Hapus

Posting Komentar

Untuk sementara kolom komentar kami matikan dulu. Demi kenyamanan dan keamanan privasi pengunjung Banjir Embun. Silakan kunjungi website Banjirembun.com lagi di lain waktu untuk mendapat up date KONTEN KHUSUS terbaru kami.

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Hutangmu Menunjukkan Seberapa Besar Harga Dirimu

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece

Ngeri! Indonesia Punya DENHARIN, Pasukan Elit dari Terelit yang Ditakuti Dunia

Pernah Dengar Istilah "Kotak Pandora"? Inilah Kisah di Baliknya

Visi dan Misi dalam Bekerja