Bukan Hobi, Sah atau Tidak Mencari Uang di Internet? Berikut 4 Cara Mendapatkan Uang di Internet


Bagi sebagian orang, terutama orang awam, masalah mencari atau mendapat uang halal di internet itu sangat sulit. Bahkan bisa dibilang mustahil dilakukan. Menurut mereka internet hanya dunia komunikasi dan hiburan. Mana mungkin bisa menghasilkan uang?


Padahal, cara pandang seperti di atas salah total. Bila tahu triknya maka mencari uang di internet akan jauh lebih mudah daripada di dunia nyata. Banyak keunggulan menambang uang dalam jaringan (daring) ketimbang cari uang "bekerja" untuk/pada orang lain.


Lantas, boleh tidak sih fokus penuh mencari uang di internet? Jadi, tujuannya bukan hanya menyalurkan hobi di internet. Lebih dari itu, memang secara sengaja ingin dapat duit. Dengan demikian, meski bukan hobi tetap akan fokus untuk "memulung" keuntungan di jagad online


Sebagaimana sudah banyak diketahui, sekarang ini penghasilan kerja dari internet tak kalah menjanjikan dari dunia nyata. Malah para YouTuber (konten kreator), blogger (kreator blog), dan pengembang aplikasi (developer app) yang sudah lama "membangun" kini tinggal menikmati saja.


 
Lalu apakah pernyataan dan pertanyaan di atas sepenuhnya salah? Jangan terburu menyalahkan dulu. Bila pertanyaan dibalik seperti "Bolehkah menjadi guru, dokter, dan masinis itu untuk cari uang bukan hanya sekadar menyalurkan hobi?


Pertanyaan terbalik di atas tentu tak akan terpikirkan oleh kebanyakan orang. Bagaimana tidak, dunia pendidikan dan kesehatan merupakan bidang sosial. Artinya, idealnya orientasinya tidaklah keuntungan (profit oriented). Sebab dua hal itu merupakan kebutuhan dasar bagi semua manusia.


Dulu profesi yang dianggap bergengsi, bermartabat, mulia, atau yang cukup menjanjikan masa depan adalah dokter, pilot, guru PNS, masinis, pegawai perusahaan besar, dan yang semacamnya. Sekarang, cara pandang itu mulai berangsur-angsur bergeser. 


Untuk berprofesi yang bersifat semacam di atas tidak lagi harus dilakukan di dunia nyata. Di dunia maya sangat bisa dilakukan. Terbukti banyak aplikasi pembelajaran online (les privat online), aplikasi kesehatan, dan lain sebagainya yang mungkin kelak makin berkembang.


Ilustrasi mendapat uang dari internet (sumber gambar)


Di dunia maya seseorang bisa mendapat gengsi, bisa menjadi bermartabat, bisa menjadi mulia, dan tentunya bisa mendapat uang sehingga menjanjikan bagi masa depan. Itu semua bisa didapatkan secara bersamaan sekaligus. Bisa juga didapatkan salah satu atau beberapa bagian saja. Tergantung ia mau menggeluti konten internet di bidang apa.


Jadi, sebenarnya sah dan boleh bila kalian fokus atau bertujuan khusus mencari uang di internet. Sebab ke depannya nanti dunia secara terstruktur, sistematis, dan masif akan tergantung pada internet. Anak kecil hingga orang tua kelak tidak ada lagi yang gaptek berinternet. 


Bagi mereka internet adalah kebutuhan primer yang tak dapat ditinggalkan. Tak menggunakan koneksi jaringan internet berarti orang tersebut akan menyulitkan dirinya sendiri. Akan tertinggal jauh dari lainnya. Bila pun ingin menyamai maka ia harus berjuang hebat.


Banyak sekali penyedia (platform) yang bisa dijadikan ladang uang. Sebut saja seperti YouTube, Blog (website), FaceBook, Instagram, UC News, Jalan Tikus, Babe, dan penyedia lainnya yang bersedia menerima tulisan dan video dari para pencari uang di internet. 


Selain dengan menulis dan membuat video cara mencari internet lainnya ialah dengan menawarkan jasa dan barang (menjual). Serta masih banyak cara-cara lainnya yang halal, subhat, hingga haram untuk mendapatkan duit di sana. Oleh sebab itu, jangan remehkan "pengangguran" cerdas tersebut.


Berikut ini cara-cara mendapatkan uang di internet:


1. Punya Akun Google Adsense

Syarat untuk punya akun Google Adsense tidaklah mudah. Ada beberapa tahap yang harus dilalui. Setelah punya akun Google Adsense pun tak serta merta akan mudah menghasilkan rupiah. Butuh kerja keras agar penghasilan dari tayangan iklan Google Adsense bisa maksimal. 


Untuk mengetahui secara detail tentang apa itu Google Adsense bacalah baik-baik tautan berikut. Itu sumbernya terpercaya. Langsung dari Google selaku pemilik program periklanan Adsense. berikut ini link atau tautan yang dapat dibaca pada Dasar-dasar Google Adsense.


2. Bergabung dalam Afiliasi "Perusahaan" Internet

Bila status pemilik akun Google Adsense dengan Google hubungannya bersifat kerja sama (mitra), maka untuk cara ketiga ini kalian lebih mirip menjadi karyawan di dunia maya. Disebut sebagai karyawan karena kalian "bekerja" dengan menulis atau membuat video bukan di blog atau chanel sendiri.


Selain itu kalian juga dituntut untuk mencapai target tertentu dalam satu waktu. Hal itu dilakukan agar bisa bertahan mendapatkan "gaji". Bahkan, bila konsisten melampaui target posisinya bakal meningkat sehingga punya penghasilan lebih lagi.


3. Menjual Barang

Makelar atau istilah bahasa jawanya blantik di zaman sekarang ini sangat terbantu dengan adanya boomingnya internet. Dengan itu mereka dapat mencari sekaligus menawarkan barang milik orang lain dengan begitu mudah dan cepat atau efektif dan efisien. 


Tak hanya bagi makelar, bagi pemilik barang sendiri juga dapat menawarkan barangnya di dunia maya. Barang yang dapat dijual adalah berupa foto artistik, video artistik, karya seni, kerajinan tangan, dan barang-barang lain yang dibutuhkan pasar.


4. Menjual Jasa

Bingung merasa punya keahlian tapi tak sulit mengaktualisasikan? Tawarkan keahlian kalian yang dapat dirubah menjadi penjualan jasa di internet. Bisa ditawarkan melalui blog (website) dan media sosial. Tawarkan keahlian kalian dengan rinci atau spesifik.


Manjakan calon konsumen dengan "preview" atau hasil "demonstrasi" keahlian kalian. Pastikan mereka tahu secara pasti dan menyeluruh terkait jasa yang kalian berikan. Jasa yang dapat kalian tawarkan meliputi jasa desain (baju, bangunan, grafis, dll), jasa penulisan artikel, jasa penjualan (makelar), jasa les privat online, dan jasa lainnya yang dibutuhkan masyarakat.


Poin Penting:

Dalam bermain di dunia maya kuncinya jangan berkecil hati dan putus asa. Seringkali hanya modal kuota internet dan device (laptop atau smartphone) banyak orang yang mampu menghasilkan uang jutaan rupiah perbulan. Oleh sebab itu, jadilah manusia yang keras kepala dalam arti positif.  


Terus cari celah dan bukalah cakrawala wawasan seluas-seluasnya sehingga tak ada lagi tabir yang menyebabkan kalian bingung. Jangan pelit masalah kuota internet. Buat main game dan download saja tak ada "rasa bersalah". Terlebih lagi buat belajar dan cari pengalaman harus "boros".


Ikutlah forum atau grup online di media sosial yang terkait dengan bidang yang kalian geluti. Dengan begitu kalian akan selalu mendapatkan info terbaru tentang bidang yang terkait dengan keahlian kalian. Selamat berkarya di internet. Semoga apa yang kalian inginkan di internet tercapai.




Komentar

Baca juga postingan berikut:

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja