Berapa Penghasilan Blog dari Tayangan Iklan Google Adsense? Berikut Faktanya


Google Adsense merupakan program yang diselenggarakan oleh Google dalam bidang kerja sama periklanan antara publisher (blogger), creator (youtuber), dan pihak lain melalui media internet. Bisa dikatakan Google Adsense melakukan manajemen periklanan yang punya tujuan akhir saling menguntungkannya antara pengiklan atau pemasang iklan, pengguna internet atau pengunjung, dan para pemilik konten tulisan maupun video.



Apakah iklan yang sering muncul di website *Banjir Embun* ini juga berasal dari Google Adsense? Iya, betul sekali iklan tersebut 100% berasal dari Google Adsense. Alhamdulillah, kami dipercaya oleh Google untuk bekerja sama dalam bidang periklanan melalui platform website. Kami yang menulis, pihak Google Adsense yang memasang iklan di website *Banjir Embun* ini. Namun, dalam menjalin kerjasama itu tak semudah seperti menepuk pundak begitu saja.


Mulai dari mendaftarkan diri ke Google Adsense hingga mempertahankan penghasilan minimal 100 dolar sebulan semuanya butuh waktu, tenaga, pikiran, bahkan dana tersendiri.  Sebetulnya kami sekitar bulan April 2018 mengajukan pendaftaran akun Google Adsense. Akan tetapi baru tanggal 5 Juni 2018 pendaftaran itu mendapat persetujuan pihak Google. Waktu yang cukup lama untuk mendaftar. Itupun penghasilan dari tayangan iklan tidaklah banyak. Bahkan perbulannya tidak sampai 100 ribu.


Email pemberitahuan dari Google Adsense bahwa situs *Banjir Embun* telah terhubung Adsense

Tidak sampai sebulan setelah itu, tepatnya  tanggal 23 Juni 2018 akun Google Adsense kami telah ditangguhkan (suspended) oleh Google. Alasannya telah terdeteksi melakukan aktivitas tidak sah (invalid activity) tepatnya klik iklan sendiri. Waktu penangguhan itu terjadi selama 30 hari.  Selama itu pula maka iklan di situs *Banjir Embun* tidak ditayangkan. Rasa bersalah ada, sebab diakui bahwa pelanggaran itu telah dilakukan. Pasrah dengan penuh penyesalan terus membayangi hari-hari setelah di-suspended.


email pemberitahuan suspend akun google adsense

Melihat kenyataan itu akhirnya inisiatif mengajukan banding muncul begitu saja. Tak dinyana tak diduga ternyata banding kami tersebut diterima. Alhasil, pada tanggal 29 Juni 2018 iklan Google Adsense bisa tampil lagi di website *Banjir Embun*. Sungguh teramat senang rasanya. Untuk mencegah hal yang buruk itu terulang lagi tekat bermain jujur terus akan dipegang. Namun, kami sadar bermain jujur sangat sulit untuk menghasilkan uang oleh sebab itu direkrutlah pihak lain menjadi bagian tim *Banjir Embun*.
pengguna baru yang telah ditambahkan ke akun Google Adsense
Setelah pada 30 Juni 2018 seorang yang menjadi bagian pejuang Google Adsense menjadi bagian tim *Banjir Embun* cukup mendongkrak performa usaha ini. Terbukti, tak lama setelah itu pada tanggal 26 Agustus 2018 website *Banjir Embun* di-upgrade menjadi Top Level Domain (TLD) dari alamat www.banjirembun.blogspot.com menjadi www.banjirembun.com. Dobrakan demi dobrakan telah diusahakan sedemikian rupa supaya kinerja blog dan akun yang telah kami kelola menjadi lebih energik.


Namun sebelum peningkatan itu terjadi, langkah demi langkah telah kami ikuti sesuai arahan dari Google baik yang dikirim langsung ke email maupun melalui website Google Support. Sebagai contoh pada tanggal 12 Juli 2018 kami diberitahu oleh Google Adsense melalui email bahwa kami dianjurkan untuk memasang iklan otomatis. Pemberitahuan itu disertai gambar dan video yang memudahkan kami untuk menerapkan bagaimana cara memasang iklan otomatis tersebut. Maklum saja saya saat itu masih belum mengerti sama sekali dalam bidang tersebut.


Hambatan demi hambatan dalam fase selanjutnya juga makin berkembang. Salah satunya, sudah tercatat puluhan email pemberitahuan atau laporan pelanggaran kebijakan penayang Adsense telah kami terima. Terutama pelanggaran halaman yang dianggap Google Adsense berbau pornografi, seks, konten yang menyesatkan, halaman yang tanpa konten yang memadai, dan lain-lain. Semua kami terima secara bertubi-tubi. Menghadapi kenyataan itu akhirnya kami memutuskan untuk merekrut beberapa orang untuk masuk ke dalam tim *Banjir Embun*.


Setelah ada tim baru masuk. Bukti nyata berupa penghasilan uang dari Google Adsense akhirnya cair juga. Penghasilan pertama kami untuk bulan pertama memang tak banyak. Akan tetapi untuk bulan-bulan berikutnya patut disyukuri telah mengalami peningkatan penghasilan bulanan berlipat. Hingga hari ini rata-rata penghasilan kami terus mengalami peningkatan walau pada bulan ini tidak mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari pada bulan kemarin saat bulan puasa dan lebaran. Di mana bulan itu disebut-sebut sebagai bulan "panen" para pemilik akun Google Adsense.


Jadi, penghasilan blog dari tayangan iklan Google Adsense itu tidak tentu. Tergantung bagaimana si pemilik akun blog atau website dan akun Google Adsense dalam mengelolanya. Bila dikelola dengan baik maka satu bulan setidaknya bisa menghasilkan 100 dollar. Tapi untuk mencapai hasil itu juga tidak langsung bisa semudah begitu saja. Butuh waktu. Biasanya antara 3, 6, atau 12 bulan tergantung bagaimana persiapan pemilik akun dalam menyiapkan semuanya. Baru setelah itu bisa mempertahankan penghasilan perbulan 100 dollar.


Bisa dikatakan usaha "ngeblog" atau mengelola website tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab tidak jarang dijumpai blog yang dikelola sendiri dengan baik sehingga punya minimal 2 hingga 3 juta setiap bulannya. Dan tak mengherangkan juga bila ada yang tembus lebih dari 5 juta perbulan. Bila blog itu dikelola oleh tim maka kemungkinan pendapatan akan jauh lebih besar dari itu. Sungguh menggiurkan bukan. Hanya dengan menulis di blog kalian bisa mendapatkan uang dari Google Adsense.



Komentar

Baca juga postingan berikut:

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja