Mengapa MotoGP Lebih Populer dari F1? Ini Empat Alasannya



Beberapa kali siaran langsung balapan Formula 1 atau F1 tampil di salah satu TV nasional. Akan tetapi gaung F1 nyatanya tak sepopuler MotoGP yang jauh digemari masyarakat Indonesia. Bisa dibilang MotoGP adalah olah raga balapan paling populer di Indonesia. Tentu jenis lomba balapan lain yang kadang diadakan secara lokal di Indonesia juga tak kalah menariknya.


Lantas mengapat MotoGP lebih diminati oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia daripada F1? Berikut beberapa catatan yang telah kami rangkum dari berbagai sumber:


1. Manuver Pembalap Bikin Lebih Hidup

Pembalap seringkali menyuguhkan atraksi berkendara yang mendebarkan. Tak hanya saat "bermiring ria" pada tikungan tapi juga saat pepet-pepetan dari belakang ke depan atau dari samping antar pembalap yang begitu menegangkan. Bisa dikatakan manuver pembalap MotoGP jauh lebih menonjolkan skill dari pada kecanggihan kendaraan. Seringkali pembalap "bintang" juga memberi warna hidup saat menjelang lap terakhir sebelum meraih kemenangan.


Marquez, salah satu pembelap motoGP (sumber gambar)


2. Persaingan Berimbang Antar Pembalap

Persaingan di arena balap MotoGP lebih sengit dan menghadirkan banyak kejutan pada tiap seri balapan. Walau diakui bahwa dalam sejarahnya Rossi serta pada masa sekarang ini Marquez sering mendominasi kemenangan tapi seringkali mereka meraihnya dengan tak mudah. Kadang juga dalam satu musim tak ada satupun dari 7 balapan yang dimenangkan oleh orang sama. Siapapun berpeluang sama untuk mendapat kemungkinan terburuk sekalipun.


3. Manusia Penentu Kemenangan

Bisa dibilang faktor manusia merupakan hal penting dalam MotoGP. Sebagaimana layaknya jenis olah raga lain yang menjadikan manusia sebagai "penentu". Tidak tergantung pada alat canggih atau mesin mutakhir. Talenta atau bakat hingga strategi pembalap di lapangan menjadi faktor utama dalam menentukan siapa yang akan memenangkan pertandingan. Sebagus apapun tunggangan bila tak bisa "memahami" lalu memodifikasinya kemungkinan besar akan kalah.


4. Perayaan Kemenangan dengan Kendaraan

Saat merayakan kemenangan pembalap seringkali melakukan standing (jumping). Aksi tersebut tentu bikin penonton menjadi lebih terhibur. Tak hanya itu, mereka juga seringkali melepas setir lalu sambil menunggangi kendaraan kedua tangannya melambaikan bendera negaranya. Serta ada selebrasi kemenangan lainnya yang sangat meriah tapi tak bisa dilakukan oleh pembalap Formula 1. Perayaan kemenangan inilah yang sering menjadi gambar terbaik bagi fotografer.


Itulah beberapa alasan mengapa motoGP lebih populer dari F1. Sesuatu hal yang remeh tapi belum tentu terpikirkan sebelumnya bukan?


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja