Generasi Muda, Investasikan Diri Sendiri untuk Fokus Dulu pada 6 Kegiatan ini

Banjirembun.com - Makna investasi secara luas yaitu menanam, merawat, atau menyimpan sumber daya yang dimiliki untuk mendapatkan keuntungan lebih di masa mendatang. Dengan seperti itu investasi tidak melulu tentang keuangan.


Bagi generasi muda tentu belum memiliki cukup uang. Kalau pun ada itu juga hasil pemberian orang tua. Namun, janganlah berkecil hati. Kalian tetap bisa berinvestasi meski tidak mempunyai uang begitu banyak. Kelak di masa dewasa kalian bakal memetiknya.

Berikut ini beberapa investasi diri sendiri dengan cara fokus pada bidang tertentu.


1. Terus Belajar dan Melatih Bakat

Temukan passion, minat, dan bakat kalian. Setelah itu fokuskan diri untuk belajar dan melatihnya. Perdalam ilmu pengetahuan terkait hal tersebut. Banyaklah membaca, mencari pengalaman, dan uji coba sendiri untuk mengembangkan diri.

Ilustrasi mendalami ilmu pengetahuan (sumber gambar)


2. Kendalikan Jiwa

Jadilah pribadi yang punya iman dan prinsip kuat. Pastikan jiwa kalian berada dalam zona ketenangan. Jangan sampai jadi pribadi yang mudah baper (terbawa perasaan), penakut, serta peragu. Fokuslah membuat hidup bermakna hari ini. Untuk masa depan yang belum jelas jangan dicemaskan.


3. Perbanyak Koneksi

Manusia adalah makhluk sosial. Dia butuh berhubungan dengan orang lain. Tidak perlu bagaimana caranya. Mau bertemu langsung atau lewat dunia maya yang penting tujuan utama menjalin koneksi tercapai. Jangan remehkan koneksi sebab itu adalah kekuatan besar.


4. Peduli Kesehatan Diri

Masa muda memang masa segar bugar dan penuh energi. Ingat apa yang dilakukan pada tubuh saat remaja akan berdampak di masa tua. Buat apa kaya raya dan punya segudang ilmu tapi sakit-sakitan maupun berumur pendek.


5. Kuasai Kemampuan Penunjang

Menguasai bakat tertentu tidak cukup. Lebih baik dia juga menguasai kemampuan penunjangnya. Sebut saja seperti menulis, menganalisis masalah, public speaking, kepemimpinan, komunikasi sosial, dan lain sebagainya.


6. Berproses di Lingkungan Berkualitas

Bila keluarga kalian tidak mendukung impian dan bakat maka jalan terakhir yang dapat dipilih yaitu merantau. Pergilah dari rumah, hidup mandiri, dan tujulah lingkungan berkualitas yang mendukung impian dan bakat kalian.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Link Grup WA Terbaru 2020

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Visi dan Misi dalam Bekerja