Tingkatan Rizqi Menurut Umat Islam

Banjirembun.com - Rizqi bukan cuma soal harta, uang, atau gaji. Melainkan pula bentuk lain berupa anugerah, pemberian, bantuan, hingga nasib baik. Sebut saja seperti makanan, hujan, sampai buah-buahan juga termasuk rizqi. Maknanya sangat luas.


Berikut ini level rizqi mulai dari paling bawah hingga teratas.


1. Harta

Dari berbagai tingkatan rizqi, harta merupakan peringkat paling rendah. Dengan artian dia bukanlah kunci penentu kenikmatan kehidupan. Perannya cuma sebagai penyumbang dan menghiasi lengkapnya kebahagiaan menjalani "ujian" di dunia.


2. Kesehatan

Kesehatan jiwa dan raga merupakan anugerah lebih mulia dari pada harta. Dengan kebugaran tubuh dan pikiran orang dapat mencari harta. Meski barangkali hasilnya tak banyak tapi itu sudah cukup untuk menjalani hidup sewajarnya. Tanpa sakit-sakitan.

(sumber gambar)


3. Kesalehan Orang-orang Dekat

Anak, orang tua, saudara, sahabat, dan teman yang saleh jauh lebih penting ketimbang harta dan kesehatan. Buat apa bergelimang harta dan tubuh sehat tapi cuma untuk bermaksiat. Sungguh doa dan nasihat orang-orang saleh jauh lebih utama.


Baca: Jangan Terbalik, ini Bedanya Ikhlas dan Ridho


4. Keridhaan Allah

Kesempurnaan rizqi umat Islam yaitu tatkala apa-apa yang dilakukan mendapat ridha dari Allah. Lisan dan tindakan keduanya mendapat nilai kemuliaan dari-Nya. Tentu akan mendapat pahala. Dengan begitu ia akan mulia di mata manusia juga.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece