Hasil Reportase Tim Banjir Embun Saat Berada di Cilacap

Banjirembun.com - Cilacap adalah salah satu kabupaten terluas di provinsi Jawa Tengah. Di mana, pusat "kota" dari daerah berbahasa daerah "ngapak" itu ialah kecamatan Cilacap. Letaknya, sangat dekat dengan lautan. Bisa dibilang, hampir semua wilayah "ibu kota' Cilacap tersebut berada di pinggiran pantai.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), terminal bus, stasiun, pelabuhan, stadion, alun-alun, Pangkalan TNI Angkatan Laut, kilang Pertamina, PLTU, wisata buatan manusia, wisata alam, dan lain-lain semuanya berada di dekat pantai. Termasuk pula teramat mepet dengan Pulau Nusa Kambangan yang tersohor.


Alun-alun Cilacap dengan slogan CILACAP BERCAHAYA (sumber foto koleksi pribadi)


Seolah-olah, seluruh kawasan Kecamatan Cilacap dihimpitkan jadi satu dalam sebuah "semenanjung mini". Perlu diketahui saja, Kecamatan Cilacap diapit oleh lautan yang berada di sisi selatannya serta sungai dan hutan di sebelah utara dan baratnya. Di mana, sungai besar pemisah itu tak ada jembatan penghubung.

Penampakan "Semenanjung" Cilacap yang sangat pada dan jalan raya yang berjejal (Sumber gambar aplikasi Google Maps)

Keuntungan kondisi geografis seperti di atas membuat wisatawan mudah untuk bermobilisasi. Entah itu menggunakan kendaraan pribadi maupun memakai aplikasi ojek/taksi online. Asumsinya, untuk berpindah dari satu titik ke lokasi berikutnya teramat dekat dan gampang dijangkau.


Penginapan juga tersedia banyak di sana. Destinasi wisatanya apalagi, tentulah aneka ragam. Banyak pilihan pantai yang bisa untuk dijadikan tempat rekreasi. Di antaranya meliputi Pantai Teluk Penyu, Pantai Cakar Ayam, Pantai Kamulyan, Pantai Kemiren, Pantai Lengkong Mertasinga, Pantai Menganti, dan lain-lain.


Selain berupa pantai sebagai pilihan, jenis wisata lain yang bisa dinikmati pengunjung Cilacap yaitu Benteng Pendem Cilacap, Water Park Tirta Mas Indah, Taman Kauman, Rita Pasaraya, Thoha Snack Pusat Manggle & Oleh-oleh Khas Cilacap, Sentul Water Park & Hall, Wisata Hutan Payau, dan masih ada lainnya. 



Bagi yang belum puas berbagai wisata yang telah disebutkan, lantaran masih punya waktu berkeliling, alternatif wisata yang unik dan berbeda yang patut dijadikan tujuan "berkunjung" yaitu ke pulau Nusa Kambangan. Itulah salah satu pulau terluar dan terbesar di daerah Jawa bagian selatan.


Tentunya untuk memasuki wajib menyeberang dulu. Tidak usah khawatir terkait risiko. Alasannya, disediakan penyebaran resmi dari pemerintah. Baik itu untuk penjenguk warga binaan Lapas maupun wisatawan. Serta, jangan salah sangka. Di pulau "mengerikan" tersebut menyuguhkan beragam destinasi wisata.


Pulau Nusa Kambangan sudah terkenal sebagai letak beberapa Lembaga Permasyarakatan berkeamaan paling ketat di Indonesia. Jadi, jumlah Lapas di sana enggak cuma satu. Sebab, masih ada sejumlah kelas atau level Lapas yang berbeda. Satu sama lain tak berdekatan posisinya.


Destinasi wisata Nusa Kambangan di antaranya Benteng Karang Bolong, Pantai Kalipat, Pantai Kali Kencana, Pantai Indraloka, Pantai Permisan, Pasir Putih, Pantai Kalijati, Goa Masigit Sela, Lembah Nirbaya, dan sebagainya. Namun, perlu diperhatikan ketika berwisata di sana wajib ada pendampingnya.


Komentar