Lagu Kebangsaan Spanyol Tanpa Lirik, Mengapa?


Kenapa lagu kebangsaan Spanyol tanpa lirik? Pertanyaan seperti itu sangat jarang sekali diketahui oleh banyak orang. Sebab, bagaimana bisa tahu bahwa lagu nasional kebangsaan Spanyol tidak mempunyai lirik alias kata-kata yang diucapkan? Lawong lagunya seperti apa juga tidak tahu. Jangan-jangan kalian juga baru tahu ya tentang informasi tersebut? Tak usah khawatir kami akan mengulas lagu tersebut dengan tuntas.



 
Nyatanya, tidak hanya tanpa lirik, bangsa spanyol juga punya fakta lain yang cukup mengejutkan. Di antaranya bahasa spanyol merupakan bahasa di urutan kedua yang paling banyak dituturkan secara aktif dan setiap hari di muka bumi. Tak hanya itu ternyata Spanyol juga menjadi pusat produksi minyak zaitun atau olive terbesar di dunia. Selain itu, hukum positif spanyol juga membolehkan siapapun termasuk perempuan untuk bertelanjang dada terutama saat di pantai.


Bendera kebangsaan Spanyol (sumber gambar pixabay)


Meski sejak tahun 1978 secara resmi tak punya lirik dan hanya membunyikan instrumen musik, faktanya lagu kebangsaan Spanyol punya judul. Yakni, Marcha Real yang artinya Mars Kerajaan. Lagu kebangsaan Spanyol tersebut memiliki beberapa versi. Baik nada musik, judul, durasi, hingga ada yang mengatakan bahwa sebenarnya punya lirik. Namun, lirik tersebut redaksinya dipandang sangat fasis. Hingga pada akhirnya kini lirik itu ditiadakan.

Sejarah panjang lagu nasional bangsa Spanyol dipengaruhi oleh penguasanya. Baik itu oleh raja yang berkuasa sebelum era demokrasi dimulai maupun oleh pemimpin pemerintahan demokrasi yang seperti sekarang ini. Alhasil, sejak adanya pertama kali lagu kebangsaan Spanyol, kurang lebih tahun 1761, sudah diadakan beberapa kali revisi. Termasuk revisi judul. Banyaknya pertentangan antar pihak terkait lagu tersebut membuat pemerintah akhirnya resmi menghilangkan lirik lagu kebangsaan nasional Spanyol.

Saking banyaknya versi lagu kebangsaan Nasional berakibat beberapa kali panitia lomba, turnamen, kejuaraan, atau yang semacamnya salah dalam memilih lagu kebangsaan Spanyol. Terbukti saat perwakilan dari Spanyol mendapatkan medali emas bukannya lagu bangsa Spanyol yang versi terkini dan satu-satunya yang resmi yang diputar. Malah salah satu versi lama yang punya lirik yang dikumandangkan.

Sebenarnya tidak hanya Spanyol yang menyandang negara tak punya lirik lagu kebangsaan. Setidaknya ada 3 negara lain yang tak punya lirik pula. Di antaranya seperti Bosnia Herzegovina, Kosovo, dan San Marino. Meski sebenarnya pemerintah Spanyol pernah mengajukan lirik lagu yang diciptakan seseorang tapi ternyata anggota dewan dan sebagian rakyat Spanyol menolak mentah-mentah lirik tersebut.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Hutangmu Menunjukkan Seberapa Besar Harga Dirimu

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece

Ngeri! Indonesia Punya DENHARIN, Pasukan Elit dari Terelit yang Ditakuti Dunia

Pernah Dengar Istilah "Kotak Pandora"? Inilah Kisah di Baliknya

Visi dan Misi dalam Bekerja