Manfaat dan Cara Menggunakan Navigasi Suara Google Maps di Android




Google Maps sangat membantu sekali untuk perjalanan jauh atau ke luar kota saat menggunakan mobil pribadi. Terbukti, pengalaman kami sendiri tatkala melakukan perjalanan menggunakan roda empat ke Jember. Baru pertama kali ke sana dan tanpa teman sebagai navigator (penunjuk arah).



Bila dulu kami memanfaatkan Google Maps secara tidak optimal maka sekarang ini sudah tidak lagi. Ketika itu, untuk mengetahui jalan dan arah lokasi tujuan kami bolak-balik buka aplikasi demi memastikan posisi. Akibatnya seringkali harus menghentikan kendaraan di tepi jalan agar dapat memantengi peta di HP.


Sekarang ini, kebiasaan yang tak efektif itu sudah hilang. Saat kemarin melakukan ke Jember kami menggunakan fitur navigasi bersuara Google Maps. Jadi cukup dengan mendengarkan baik-baik suara arahan dari Google sambil sesekali melihat peta di HP kami mengganyang jalanan yang masih asing. 


Tak tanggung-tanggung, jalan alternatif yang aspalnya cukup halus dan tidak dilalui oleh Bus maupun truk juga bisa dipandu oleh suara Google. Dengan kata lain, Google memberikan jalan rekomendasi secara tepat untuk kami yang sedang naik mobil. Yakni, jalan yang masih jarang diketahui para pelancong jarak jauh.


Sebelum menggunakan Google Maps atur dulu "keadaan" kalian di apalikasi. Apakah sedang jalan kaki, naik sepeda motor, atau mobil. Itu dilakukan agar Google bisa dengan tepat merekomendasikan dan memberikan estimasi waktu pada kalian. Jadi, sebenarnya tindakan me-setting tersebut bukanlah hal sepele.



Pada malam hari layar navigasi suara berwarna gelap

Jangan ragukan keandalan panduan arah (navigasi) suara dari Google. Salah satu misalnya yaitu kurang lebih jarak antara 50 hingga 300 meter sebelum belokan maupun bundaran suara Google akan mengingatkan untuk belok ke kanan atau ke kiri. Sebelum berbelok akan diperingatkan untuk mengambil lajur kiri atau kanan. 


Ketika harus melaju lurus di persimpangan atau bundaran maka suara Google tak akan muncul. Serta, sebelum berhenti di lokasi tujuan suara Google akan memperingatkan bahwa lokasi tujuan akan sampai beberapa meter lagi. Lalu diikuti dengan petunjuk bahwa lokasi tujuan berada di kiri atau kanan jalan.


Bagi kalian yang suka bepergian ke lokasi baru yang tak tahu lokasi tepatnya, sejatinya menggunakan navigasi suara Google sebagai pemandu sangat dianjurkan. Misalnya untuk mencari lokasi hotel, tempat makan, Masjid, rest area, SPBU, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, saat perjalanan jangan lupa persiapkan baterai ponsel dalam kondisi penuh.


Tak berlebihan bila dikatakan, suara panduan Google Maps mampu menjadi asisten pribadi kalian. Ia akan menjadi manajer kalian dalam mengingatkan kapan harus belok dan kapan harus berhenti. Baik itu di jalan tol maupun di jalan umum. Jadi kalian tak akan khawatir lagi untuk kesasar, salah belok, hingga takut melawan jalur satu arah. 


Tak perlu khawatir, bila kalian terlanjur keluar jalur yang telah ditentukan oleh suara Google. Barangkali sedang melamun sehingga tidak terlalu mendengarkan arahan. Ketika itu terjadi Google akan memberikan jalur alternatif. Memang sedikit lebih panjang dari rute sebelumnya. Namun, dengan begitu kalian tak usah putar balik di tempat itu juga. 


Saat kalian tersasar ke jalan buntu, dengan sigap navigator Google Maps akan memberikan peringatan untuk putar balik. 



Penggunaan data internet satu bulan hanya 145 Mb


Kelebihan lain dari aplikasi Google Maps ialah tidak terlalu boros paket data atau kuota internet. Tak hanya itu, aplikasi tersebut juga mampu "bertahan hidup" meski sinyal seluler dalam keadaan lemah. Misal, saat kalian masuk jalan alternatif daerah pedesaan. 




Ketika ternyata sinyal hilang sama sekali maka suara Google Maps akan memperingatkan bahwa jaringan internet telah putus. Aplikasi ini juga tidak terlalu cerewet. Saat kalian berhenti mendadak menepi di jalan atau masuk ke Masjid aplikasi ini hanya memberikan satu kali peringatan saja.


Hal lain yang cukup menganggumkan ialah rute yang telah direncanakan bisa disimpan atau didownload. Jadi, ia bisa digunakan secara offline. Dengan begitu, selain tak banyak menyedot pake kuota internet juga bisa menghemat baterai. Terlebih lagi bila ponsel dikondisikan dalam mode "pesawat".




Cara Menggunakan Navigasi Suara Google Maps

Sebelum menggunakan fitur ini pastikan pengaturan lokasi kalian aktif. Supaya Google bisa memastikan posisi real-time kalian. Serta pengaturan suara Google Maps juga dalam keadaan aktif. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai navigasi suara:


1. Buka aplikasi Google Maps

2. Cari atau telusuri (search) lokasi tujuan

3. Klik tombol "Petunjuk Arah"



4. Tekan tombol " Mulai " di bagian bawah sebelah kiri.

5. Letakkan HP, navigasi suara siap digunakan









Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece

Pernah Dengar Istilah "Kotak Pandora"? Inilah Kisah di Baliknya

Cara Memecah Sertifikat Tanah Hasil Hibah, Turun Waris, dan Bertujuan untuk Bisnis Tanah Kaveling Perorangan

3 Kerugian Investasi di Perumahan Raksasa Berkonsep Kawasan Kota Mandiri

Visi dan Misi dalam Bekerja