3 Nasihat Berharga Buat yang Ingin Bisnis Online Agar Sukses

Banjirembun.com - Memulai suatu ide, konsep, atau gagasan memang sulit. Akan tetapi jauh lebih sulit lagi mempertahankan, terus mengembangkan, hingga menjadi sukses di bidang yang dipilih tersebut. Begitu pula ketika kalian ingin bisnis online dengan sukses secara cepat.


Pasar atau sasaran konsumen di bidang jual-beli online sangat luas dan panjang. Bahkan diperkirakan lebih dahsyat dari perkiraan. Cobalah sadari bahwa masa kini anak usia 5 hingga 12 tahun sudah terbiasa dengan dunia internet. Bagi mereka dunia maya adalah bagian hidup tak terpisah.

Kelak sepuluh tahun berikutnya anak-anak yang sekarang masih kecil itu bakal menjadi target sasaran produk dagangan online. Tentu mereka bakal memiliki kecerdasan lebih unggul dari pada pengguna internet di zaman sekarang yang masih dalam kategori masa transisi alias "perkenalan".


Berikut ini 10 nasehat berharga bagi kalian yang ingin sukses atau berhasil dalam jualan online.


1. Dagang Online Bukan Bisnis Instan

Cara yang digunakan mungkin praktis, instan, dan memanjakan penjual maupun pembelinya. Namun bagi pedagang sendiri sejatinya tidak bisa dalam waktu 6 bulan (setengah tahun) ingin "menang" banyak. Kendati seperti itu janganlah menyerah. Putus asa adalah jalan salah ketika belum dicoba hingga titik darah penghabisan.

Ilustrasi bisnis online (sumber gambar)

Butuh belajar, berlatih, waktu, kesabaran, ketelatenan, dan keseriusan supaya dapat menguasai bisnis online. Dengan begitu kalian akan tahu apakah bidang itu memang benar-benar bakat kalian sehingga layak menjadi expert (ahli atau pakar). Tambah jam terbang banyak saat bisnis online.


Ikutilah seminar dan pelatihan baik itu dengan tatap muka maupun di dunia maya. Tidak boleh merasa sudah tahu semua. Sebab perubahan atau perkembangan itu selalu ada. Kalau tidak meningkatkan atau memperbarui ilmu bersiaplah tertinggal dan ditinggalkan konsumen. Belajarlah dari orang-orang yang sudah sukses.

2. Siapkan Mental

Sifat baperan, tak ramah, tersinggung, emosional, atau semacamnya tak pantas jadi pedagang online. Meski produk unggul dan harga murah para konsumen akan berpikir lagi untuk membeli tatkala pelayanannya buruk. Tetaplah profesional meski banyak pembeli yang bawel dan banyak maunya.


Siapkan mental kalian. Sebab kalian bekal sering menemui penolakan. Itu masih mending karena sudah jelas sikap yang diambil calon konsumen. Terkadang kalian bakal menemui calon konsumen yang cuma basa-basi bertanya. Namun, di dalam benak mereka tak ada keseriusan untuk membeli.


Tetaplah layani siapapun yang bertanya. Dilarang pilih-pilih berdasar asumsi, perkiraan, atau insting. Kalian tidak tahu mana konsumen yang benar-benar beli. Serta tidak tahu pasti mana konsumen yang cuma tanya-tanya. Menjadi bisnisman online harus siap sedia dihubungi kapanpun oleh calon pembeli.


3. Hindari Terburu Nafsu Ingin Laku Keras

Terlalu fokus supaya dagangan cepat habis merupakan kesembronoan. Kalau memang niat bisnis online jangka panjang lebih baik bangunlah nama (brand/merk) dulu. Dengan begitu kalian akan mendapat pengakuan dari konsumen. 


Biarlah mereka yang mempromosikan jualan kalian kepada rekan-rekannya. Tentu setelah mendapat kepuasan layanan, kualitas produk, dan harga murah bakal membuat mereka tidak enggan ikut merekomendasikan produk kalian. Bijaklah dalam melangkah agar tak tersesat.


Fokuslah pada konsumen yang ada dulu ketimbang promosi sibuk sana-sini. Tatkala pembeli yang ada sudah dapat dipastikan dan dilayani dengan baik barulah promosi lagi. Pelayanan yang baik terhadap konsumen tersebut dapat dijadikan bukti atau testimoni dari mereka.

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)