6 Pekerjaan Berpenghasilan Lumayan Tanpa Ijazah Maupun Modal, Minimal Setara UMR

Banjirembun.com - Orang yang tidak merasa malu (bergengsi tinggi) tentu akan semakin mudah mendapat pekerjaan. Terpenting halal, sesuai kemampuan, serta nyaman dilakukan. Sebuah profesi bakal menjadi sumber penghasilan lumayan bagi keluarga maupun modal usaha.


Buat apa kerja pakai dasi, bersepatu, dan berbaju rapi tapi gaji tidak seberapa. Apalagi tatkala yang dilakukan itu sebenarnya tak sesuai bakat dan minat. Tambah tersiksa hidup menjalaninya. Lebih baik hidup apa adanya dengan penghasilan yang cukup untuk tabungan masa depan.

Berikut ini 5 pekerjaan yang berpenghasilan lumayan tanpa modal maupun ijazah:


1. Sopir Bus

Jangan sepelekan bayaran sopir bus. Gaji yang diberikan oleh perusahaan lumayan tinggi. Adapun bagi yang pakai sistem "setoran" ke perusahaan, tergantung pada banyaknya jumlah penumpang. Belum lagi bonus yang diberikan PO (perusahaan otobus).


Agar dapat menjadi seorang sopir bus yang handal jangan malu diawali menjadi kernet dulu. Bila memungkinkan karena masih mudah maka jangan berat hati menjadi tenaga kerja tanpa dibayar. Terpenting dapat pengalaman dan ilmu tentang transportasi bis dulu.


Rata-rata pendapatan yang diperoleh sopir bus setiap bulannya sekitar 2 hingga 3 jutaan. Tergantung rute yang dilalui serta seberapa sering mereka menjalankan kendaraan. Mereka tidak mengeluarkan modal apapun selain keahlian menyopir dan ramah pada penumpang.


2. Sopir Truk Besar

Sopir truk berat dan truk kontainer tidak bisa dibilang kecil. Seperti apapun sistem penggajiannya pendapatan sopir truk dikisaran antara 3 hingga 6 jutaan perbulan. Tergantung pada jarak tempuh, jenis muatan, berat angkutan, serta perusahaan yang memanfaatkan jasa sopir truk.


Apalagi bagi mereka yang menggunakan sistem borongan. Makin pintar mengelola uang yang diberi perusahaan sebagai modal serta cepat dalam menjalankan truk makin besar sisa yang didapat. Belum lagi ceperan "sisa" yang didapat untuk jenis muatan tertentu.


3. Kuli Bangunan di Kota Besar

Gaji kuli bangunan di kota besar berada di kisaran 100 ribu selama sehari. Pekerjaan lebih banyak membutuhkan tenaga di tubuh. Jika tenaga yang dimiliki seseorang sangat bugar dan cekatan maka bakal disukai oleh tukang, bos, atau mandornya.

Untuk masalah makan dan minum biasanya ada yang pakai sistem potong gaji. Namun, ada pula yang sudah ditanggung oleh bos maupun mandornya. Sistem penggajiannya biasanya diberikan satu pekan sekali. Di hari sabtu. Di mana kerja di hari libur/ahad dihitung lembur.


4. Tukang Parkir

Penghasilan tukang parkir tergantung pada jumlah kendaraan yang dititipkan. Akan tetapi untuk lokasi tertentu seperti pasar dan perbankan pendapatan yang diperoleh cenderung stabil. Penghasilan tukang parkir setiap orang dapat mencapai 100 ribu hingga 200-an ribu perhari.

Ilustrasi profesi di dunia yang menjanjikan (sumber gambar)

Gaji itu sudah utuh. Sudah termasuk potongan untuk disetorkan pada pihak-pihak yang menaungi atau menjamin keberlangsungan pekerjaan mereka. Sangat ringan dan mudah terutama bagi lahan parkir yang luas sehingga tukang parkir tidak perlu geser-geser sepeda motor.


5. Supeltas

Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas (Supeltas) atau polisi cepek juga tak dapat dipandang remeh jumlah duit yang didapat. Pada persimpangan strategis dan ramai pengendara dalam 3 jam saja mereka dapat menghasilan 50 ribu sampai 150 ribu setiap orang.


Meski kadang dalam satu persimpangan "dikuasi" oleh dua tau tiga polisi cepek dalam waktu yang sama masing-masing mereka tetap mendapat uang lumayan. Bila satu orang rata-rata memberi uang dua ribu rupiah maka saat dikalikan 30 kendaraan menghasilkan 60 ribu rupiah.


6. Pemulung

Pemulung atau rosok juga salah satu profesi yang kagak boleh diremehkan. Penghasilan mereka sebulan bisa mencapai 5 juta bahkan bisa capai puluhan juta. Tergantung dengan jumlah dan kualitas barang bekas yang mereka peroleh saat mencari. Serta harga beli yang dipatok oleh pengepul rombeng.


Lebih besar lagi penghasilan pengepul rosok. Mereka mendapat barang bekas dari para tukang bersih-bersih, pengambil sampah di perumahan, termasuk pula dari pemulung. Resiko pengelum rosok tentu di rumahnya akan banyak tumpukan "sampah" berguna.





Komentar

Baca juga postingan berikut:

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Link Grup WA Terbaru 2020

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Visi dan Misi dalam Bekerja