Program Masjid Kota Malang ini Patut Ditiru! Suguhkan Makanan dan Minuman Gratis untuk Jamaah Sholat Jumat


Masjid sejatinya bukan untuk tempat sholat sahaja. Lebih dari itu ia adalah tempat berkumpulnya umat Muslim untuk bersosialisasi, berorganisasi, berpolitik, hingga urusan kemanusiaan. Dengan begitu suatu Masjid berpotensi menjadi Masjid yang makmur. Terkait apa itu Masjid makmur dan bagaimana cirinya silakan baca tulisan berjudul Ciri-ciri Masjid Makmur.



Banyak cara yang sebenarnya bisa dilakukan oleh pengurus atau takmir Masjid agar banyak jamaahnya. Salah satunya dengan mengadakan program makan gratis nasi kotak atau nasi bungkus. Kegiatan semacam itulah yang akhir-akhir ini banyak terjadi di Masjid-Masjid Kota Malang. Entah siapa yang mengawalinya lalu siapa yang menirunya program ini mulai menggejala.


Mereka menyediakan tempat "khusus" semacam almari untuk meletakkan makanan dan minuman. Siapapun boleh mengisinya dengan berbagai variasi hidangan. Tapi biasanya pengurus takmir terlebih dulu meletakkan beberapa bungkus nasi, jajan, atau minuman yang jumlahnya tak banyak. Mungkin maksudnya untuk memotivasi para Jamaah yang dermawan agar ikut serta.


Selain itu, langkah di atas dilakukan juga untuk jaga-jaga bila ternyata dengan beberapa alasan tertentu ternyata tidak ada jamaah yang berpartisipasi. Harapannya semarak makan gratis tetap membahana meski tidak terlalu meriah. Serta agar program makan gratis tiap Sholat Jumat tetap terjaga keiistiqomahannya. Akan menjadi bahan cerita bagi para jamaah anak-anak dan remaja.


Tempat Nasi Gratis berupa almari di Masjid Kota Malang


Program makanan gratis di Masjid seperti itu sebenarnya sangat baik. Terutama untuk menggait anak kecil dan remaja agar makin giat ke Masjid. Sebab diakui atau tidak makin ke sini makin sedikit anak kecil maupun remaja yang bermain di Masjid. Mereka jauh lebih tertarik untuk memegang smartphone dari pada pergi ke Masjid.


Salah satu harapan program ini adalah supaya anak kecil dan remaja yang ikut mengambil makanan akan punya kesan positif tentang Masjid. Anggapan Masjid sebagai tempat membosankan akan sirna. Bahkan ada yang menganggap Masjid sebagai tempat yang merugikan pun ikut lenyap. Selanjutnya Masjid berubah menjadi tempat yang ramah karena telah berbagi makanan.


Tempat Nasi dan Minuman Gratis di salah satu Masjid lain Kota Malang


Sayangnya, masih saja ada pengurus Masjid yang belum menyadari betapa pentingnya program semacam ini. Mereka masih itung-itungan saldo uang yang dimiliki Masjid. Padahal anggaran Masjid masih tersisa puluhan juta tapi untuk mengeluarkan program yang sebulannya tidak habis 1 juta ini masih takut.


Bila dihitung-hitung uang satu juta tiap bulan yang dikeluarkan khusus untuk makan gratis ini maka tak sebanding dengan potensi menjadi makmurnya Masjid. Belum lagi ada jamaah yang juga ikut serta menyumbangkan nasi, aneka jajanan, dan minuman. Bisa dikatakan program makan gratis sholat Jumat ini menjadi salah satu bukti bahwa Islam itu agama rahmah.





Komentar

Baca juga postingan berikut:

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)