Pentingnya Video Short Bagi YouTuber, Cara Membuatnya Sangat Mudah

Banjirembun.com - Keberadaan video pendek (short) di era digital ini sangat penting. Apalagi, zaman sekarang diserbu oleh hal-hal serba instan dan praktis. Pengguna atau konsumen memiliki banyak pilihan. Mereka posisinya betul-betul sebagai raja.


Kemunculan fitur, produk, atau sajian video short di aplikasi YouTube menjadi bukti bahwa mereka juga ikut menyesuaikan diri. Banyak generasi muda malahan juga yang paruh baya teramat menggemari aplikasi bermuatan video pendek.

Selain untuk menghemat paket atau kuota internet, keberadaan video pendek sangat memanjakan pengunjung internet. Menikmati dan memahami video tidak perlu berlama-lama alias berbelit. Cukup kurang dari 1 menit sudah mendapatkan yang diinginkan.


Manfaat Video Short Bagi YouTuber

Berikut ini manfaat kegunaan video short bagi konten kreator alias YouTuber:


1. Untuk Menambah Subcriber

Subcriber atau pengikut bagi YouTuber sangat penting. Bukan hanya sebagai syarat monetasi (menghasilkan uang). Lebih dari itu subcriber fanatik yang bukan abal-abal atau spam dapat berdampak baik untuk jangka panjang.


Sayangnya, untuk menambah subcriber "murni" tanpa mengemis atau mengajak lewat media sosial tidaklah gampang. Nah, melalui video pendek inilah subcriber berkualitas mudah didapat. Asal video shortnya disukai penonton.


2. Memberi Jeda atau Selingan

Pengunjung setia atau bahkan subcriber terkadang merasa bosan terus-menerus disuguhi video-video secara sering. Apalagi videonya berdurasi panjang dan tidak dibutuhkan bagi mereka. Makin besar hasrat mendepak channel tersebut.



Keberadaan video short dapat memberi selingan bagi penonton. Dengan itu mereka bisa saja merasa terhibur, terinspirasi, termotivasi, dan dapat informasi walau cuma menonton video pendek. Bukan video bertele-tele.


3. Sarana Belajar, Membiasakan Diri, dan Membangun Kepercayaan Diri

YouTuber pemula kerapkali malas serta enggan memproduksi video lantaran terbebani. Di benak mereka membuat video mesti panjang. Padahal sebelumnya sangat jarang atau belum pernah membuat video sama sekali untuk tujuan komersial.


Keberadaan short video inilah yang berguna membangun rasa percaya diri, produktif, giat belajar, dan terbiasa dalam membuat video. Malah dalam membuatnya juga lebih mudah. Terkadang tanpa persiapan. Langsung reflek begitu saja.


Cara Membuat Video Short

1. Rekam atau edit video dengan durasi pendek. Maksimal 1 menit. Untuk jaga-jaga lebih baik dibatasi hingga 59 detik.

2. Tampilan layar berdiri/portrait/vertikal. Tidak boleh tidur/landscape/horizontal.

3. Lebih enak merekam menggunakan smartphone dengan posisi ponsel tegak.



4. Boleh diedit dengan menambah musik, teks, atau sisipan lainnya. 

5. Boleh mengedit kecepatan video. Diperlambat maupun dipercepat.

6. Sertakan tagar #shorts di dalam judul atau deskripsi video. Ingat ada huruf "S" di akhir. Itu bakal membantu YouTube mengenali dan merekomendasikan video kalian.


Selamat mencoba untuk membuat video short.

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)