5 Manfaat Mengukus Tomat Sebelum Disambal

Banjirembun.com - Makan nasi kalau tidak ada sambal terasa kurang nendang. Salah satu sambal favorit yang menghiasi meja biasanya ialah sambal tomat. Selain rasanya enak juga dapat menjadi "pewarna" merah alami santapan rumah tangga.


Sayangnya masih banyak orang yang belum tahu cara terbaik dalam mengolah tomat untuk disambal. Kebanyakan ibu-ibu memilih menggoreng tomat daripada dikukus. Bahkan ada cara esktrim langsung diulek secara mentah-mentah.

Berikut ini lima manfaat mengkukus tomat sebelum disambal:


1. Tekstur Lumer dan Mudah Diulek

Mengulek tomat mentah di atas cobak bakal teras sulit. Teksturnya keras sehingga ketika dipaksa memencet bakal muncrat ke mana-mana. Tentu proses pengulekan membutuhkan waktu lebih lama sehingga butuh kesabaran.


2. Rasa Lebih Enak

Sambal merupakan salah satu jenis MSG atau micin yang dari bahan alami. Salah satu kenapa sambal banyak diminati bukan cuma karena lombok atau pedasnya. Namun, bumbu pelengkapnya pula. Tomat yang dikukus mengeluarkan sari-sari perasanya.


3. Membunuh Kuman, Bakteri, dan Virus

Mencuci tomat menggunakan sabun kadang sangat sulit. Walau kadang sudah merasa dicuci bersih nyatanya masih ada saja organisme yang hidup di kulit maupun di dalamnya. Dengan mekukusnya membuat tomat jadi lebih steril.


Baca: Agar Irit Lauk, Pakailah 5 Aneka Resep Sambal Bawang Putih Ala Gisel


4. Lebih Menyehatkan Daripada Digoreng

Minyak goreng terbuat dari kelapa sawit mengandung lemak yang berbahaya bagi tubuh. Walau tidak dapat menghilangkan menu makanan sepenuhnya dari minyak goreng setidaknya dikurangi. Salah satunya jangan menggoreng bumbu masakan.

Tomat Merah (foto koleksi pribadi)


5. Keluar Warna yang Mencolok

Warna tomat yang digoreng tampak sedikit pucat. Terlebih tatkala minyak yang digunakan berulangkali. Berbeda saat tomat dikukus. Warna merahnya lebih menyala. Tentu itu akan lebih mencolok saat dihidangkan di meja makan di tabur pada santapan.

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Link Grup WA Terbaru 2020

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Visi dan Misi dalam Bekerja