3 Prestasi Presiden Joko Widodo yang Menungguli Seluruh Pemimpin Indonesia Sebelumnya

Banjirembun.com - Setiap masa kepemimpinan di mana pun itu dan kapan pun itu pasti ada saja orang yang tidak menyukai. Meski sejatinya dia punya prestasi yang tak dapat diremehkan. Sebab pada prinsipnya masing-masing pemimpin yang unggul pasti punya prestasi tersendiri. Termasuk salah satunya Presiden Joko Widodo.


Selama ini capaian Presiden Jokowi selalu dikaitkan dengan pembangunan fisik atau infrastuktur. Tanpa diimbangi dengan pembangunan non fisik seperti mental dan kesehatan jiwa. Sungguh pernyataan itu terlalu gegabah. Sebab pada kenyataanya beliau juga memperhatikan kesejahteraan batin rakyat. 

Secara lengkap berikut ini tiga raihan Presiden Joko Widodo yang melampaui seluruh presiden Indonesia sebelumnya.


1. Pembangunan Infrastruktur

Hanya dalam waktu singkat dibanding presiden sebelum-sebelumnya Jokowi mampu melesatkan pembangunan infrastuktur. Sebut saja seperti jalan tol, pelabuhan, bendungan (dam), memperluas jalan raya memakai beton (cor), rel kerata api ganda (doubel track), dan masih ada banyak lagi.


Sebagai penunjang pembangunan ekonomi untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat membuat peningkatan kualitas maupun kuantitas infrastruktur sangat penting. Bagaimana ekonomi mau melesat kalau sarana penghubung (transportasi) serta penunjang lainnya tidak layak. Itulah wujud kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat.


2. Terbentuknya Satgas Saber Pungli

Satuan Tugas Sapu Bersi Pungutan Liar atau Satgas Saber Pungli dibentuk pada masa Presiden Joko Widodo. Tepatnya pada tanggal 21 Oktober 2016. Di antara beberapa dari sejumlah tujuan ringkas dari satgas itu yaitu untuk menghilangkan praktik pungli, mencegah parktik pungli, dan menanamkan budaya untuk sadar menolak pungli.


Keberadaan saber pungli tersebut merupakan wujud dari adanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan itu tidak ada lagi arogansi jabatan, kekuasaan, maupun harta kekayaan. Hukum berpihak pada kebenaran. Bukan pada orang yang punya kekuatan.


3. Digitalisasi

Prinsip efisien dan efektif dalam proses adminsitrasi pemerintah terutama dalam melayani masyarakat digalakkan begitu besar di era Jokowi. Pelayanan berbelit, butuh waktu lama, hingga melalui sejumlah jalur dipersingkat atau dipangkas. Dengan begitu biaya menjadi lebih murah tanpa mengurangi kualitas.


Proses layanan serba digital tidak perlu diragukan keamanan. Sebab di era digital ini tentu pemerintah sudah tahu betul bagaimana cara membuat dan memakai teknologi itu dengan benar. Justru dengan adanya kecanggihan itu para petugas di pemerintah lebih dimudahkan dalam menjalankan misi itu.

Presiden Joko Widodo (sumber gambar)


Sebenarnya masih banyak lagi prestasi Presiden Joko Widodo. Namun, karena ada perbandingan dengan Presiden sebelumnya butuh data lebih yang perlu dikumpulkan untuk disimpulkan. Sementara ini masih ada 3 poin di atas yang menurut kami itu adalah prestasi Jokowi yang tak tertandingi.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece