5 Program Kerja Presiden Joko Widodo yang Pro Rakyat Kecil

Banjirembun.com - Pak De Jokowi merupakan sosok presiden Indonesia yang paling fenomenal. Prestasi beliau sungguh luar biasa. Bahkan presiden-presiden sebelumnya dengan waktu dan sumber daya yang sama belum tentu mampu melampaui capaian dari Presiden Joko Widodo.


Sebelum memimpin negeri Indonesia ini beliau hidup di tengah-tengah masyarakat menengah ke bawah. Bisa dikatakan beliau berangkat dan diangkat oleh masyarakat bawah. Kendati seperti itu beliau tidak melupakan jasa-jasa wong cilik yang telah membesarkan nama beliau.

Umumnya manusia akan meremehkan dan meninggalkan orang-orang kecil yang berada di bawah mereka. Setidaknya mereka cuma mau bergaul dengan orang yang selevel atau bahkan lebih tinggi darinya. Orang terbelakang atau rendahan cuma dijadikan alas, ditindas, dan diremehkan.


Di tangan Bapak Presiden Joko Widodo wong cilik mendapatkan hati. Berikut ini bukti bahwa beliau sangat pro terhadap rakyat kecil.


1. Program Prakerja

Program prakerja merupakan salah satu misi Bapak Jokowi dalam menyelamatkan pendudukan Indonesia dari pengangguran. Lebih dari itu mampu memitigasi (mencegah dan mengatasi) maraknya PHK. Melalu program itulah inspirasi, harapan, hingga optimisme bakal tumbuh.


Program pra kerja tidak cuma memberi pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pelaku usaha mandiri. Lebih dari itu cuma memberikan insetif bulanan yang tak kecil nominalnya. Dengan itu orang yang belum berpenghasilan serta kehilangan mata pencarian jadi terbantu.


2. Potongan Bayar Listrik

Pelanggan listrik 900 VA yang jumlahnya sekitar 7 juta meteran listrik mendapat diskon 50 persen di masa pandemi. Tentu program itu teratamat membantu mereka di tengah himpitan ekonomi. Program ini potensi tepat sasaran bagi penerima yang berhak sangat besar dibanding dengan cara lain.


3. Operasi Pasar dan Logistik

Ratusan triliun digelontorkan Bapak Jokowi guna memenuhi kebutuhan pokok masyarakat kecil. Operasi pasar dan logistik harga murah dilakukan di daerah-daerah terdampak pandemi. Program itu tentu sangat membantu rakyat kecil. Apalagi dilakukan secara tertata, disiplin, dan tepat sasaran.


4. Keringanan Pembayaran Kredit

Masyarakat yang kredit sepeda motor, kredit untuk usaha kecil, nelayan, atau siapapun yang kredit dilakukan oleh rakyat kecil telah mendapatkan keringanan pembayaran kredit. Artinya pihak pemberi pinjaman dilarang keras memberlakukan peminjam sama halnya saat sebelum pandemi.


5. Pemerataan dan Kedaulatan dalam Pembangunan

Freeport, blok mahakam, blok rokan, serta pusat pertambangan bumi lainnya telah dimiliki oleh Indonesia. Akses untuk kedaulatan ekonomi juga dibangun begitu marak. Jalan tol, pelabuhan, pelebaran jalan, pengecoran (beton) pada jalan besar, dan pembangunan infrastruktur lainnya itu supaya rakyat mudah dalam menjalankan kegiatan ekonomi.

Presiden Joko Widodo (sumber gambar)

Tentu masih sangat banyak program-program Bapak Presiden Joko Widodo untuk kesejahteraan rakyat kecil. Untuk sementara ini baru kami sebutkan lima saja. Lain kesempatan akan kami berikan lagi beberapa program beliau yang sangat bermanfaat dan membantu wong cilik.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)