Maksud Istilah "Awesam" yang Marak Beredar di Wilayah Malang Raya

Banjirembun.com - Kata "awesam" cukup populer di kalangan masyarakat Malang Raya. Menyebar luas melalui kaos, stiker kendaraan, hingga coretan di tembok pinggir jalan. Orang luar malang sebagai pendatang baru, pengunjung, wisatawan, atau semacamnya pasti heran kenapa istilah tersebut cukup populer. Serta penasaran apa sih maksud atau artinya.


Bagi yang sudah terbiasa dengan istilah bahasa Inggris bakal langsung mengaitkan kata awesam dengan awesome. Di mana awesome sendiri punya arti luar biasa, hal yang mengagumkan, serta yang membuat terpesona. Dugaan itu tidak sepenuhnya salah maupun sepenuhnya benar. Sebab hingga kini belum ada kejelasan tentang kepastian itu.


Ada pula yang mengatakan bahwa awesam berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa. Yakni, awe yang artinya lambai (lebih tepatnya lambaikan tangan). Serta kata sam yaitu bahasa balikan (walikan) khas Malang dari kata asli mas. Dengan seperti itu, makna luas dari istilah awesam ialah lambaikan tangan Mas!.


Sebagian lagi mengungkapkan bahwa diksi awesam polanya mirip-mirip dengan "Oyisam!". Oyi adalah kata walikan dari bahasa jawa yaitu iyo yang artinya iya. Sedang awesam jika dibalik menjadi ewa maka dalam bahasa jawa berarti meskipun, namun, atau tetapi. Contoh kalimatnya "Ewa semana" (dibaca: ewo semono) punya arti meskipun begitu.


Awesam adalah sebuah perusahaan yang beraktivitas di bidang konveksi yang bercirikhas kaos polos yang minim sablon atau bahkan tanpa sablon. Unit usaha itu didirikan oleh Fafi Fathur Rohman pada tahun 2013. Pengusaha muda itu membagi bidang usahanya menjadi awesam store, awesam merch, dan awesam distro.


Awesam store fokus sebagai distro atau outlet yang menjual produk usahanya sendiri yang berkarakter khusus yaitu kaos polos. Adapun awesam merch bergerak dalam bidang jasa konveksi. Sedangkan awesam distro toko yang menjual produk dari hasil awesam sendiri maupun dan produk-produk di luar darinya.



Tak cuma kaos di awesam store kalian juga mendapati sweater, hoodie, kaus strip, totebag, topi, serta produk-produk lain. Sementara ini lokasi-lokasi tempat usaha mereka yang berjumlah banyak masih berada di Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Bisa dikatakan bahwa awesam merupakan produk merk atau pelabelan asli dari Malang.


Sekiranya itu hasil dari penelusuran kami terkait dengan arti awesam yang marak beredar di Malang. Semoga pembahasan ini dapat mengobati rasa penasaran kalian terkait dengan maksud dari penggunaan istilah awesam. Terima kasih sudah membaca.

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)