Bahasa dan Istilah yang Sering Digunakan Oleh Penipu Saat Minta Kode OTP Aplikasi

Banjirembun.com - Pergeseran atau peralihan zaman dari manual ke serba digital masih terus dimulai. Tak pelak wajar banyak ditemui manusia-manusia yang tergagap-gagap dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi itu.


Alhasil, merekalah yang sangat rentan menjadi korban penipuan. Salah satunya dengan modus kirim kode OTP. Modus yang digunakan penipu dalam merayu, membujuk, mengelabui, atau menerkam korbannya sangat beragam.

Apapun itu istilah yang digunakan penipu jangan pernah bagikan atau kirimkan kode OTP dari aplikasi pada siapapun. Baik itu yang dikirim melalui SMS regurel/konvesional maupun melalui pesan aplikasi chatting. 


Ibarat kata kode OTP itu kunci pintu gerbang/pagar rumah kalian. Tatkala pencuri memiliki atau mampu menggandakan kunci rumah tersebut tentu mereka akan mudah masuk ke dalam pagar yang tinggi, tebal, kuat, dan terjaga itu.

Ilustrasi aksi penipuan online pakai kode OTP (sumber gambar)

Hal yang perlu diingat yaitu bahwa bahasa dan istilah dalam dunia penipuan itu punya pakem atau patokan sendiri. Setidaknya berikut ini kata-kata yang sering dipakai penipu agar mendapatkan kode OTP dari mangsa mereka.


1. Kode Unik

Penggunaan istilah kode atau angka unik sering dipakai penipu untuk mengkaburkan rasa curiga calon korban. Kata-kata itu biasanya dikaitkan dengan iming-iming supaya dapat mendapat hadiah harus memasukkan kode unik.


2. 6 Digit Angka

6 Digit angka atau kode 6 angka biasa digunakan penipu dengan modus SMS Kode OTP Bahasa Thailand. Mengaku sebagai karyawan indomaret yang salah kirim voucher game. Lebih lengkapnya silakan baca judul tulisan kami ini "Ternyata Pembajak Akun WhatsApp dengan Modus SMS Kode OTP Bahasa Thailand Sangat Gigih".


3. SMS Verifikasi

Istilah SMS verifikasi, kode verifikasi, atau SMS konfirmasi juga kadang digunakan oleh penipu. Mereka menggunakan ungkapan itu biasanya dipakai untuk mengiming-imingi korban supaya unistall aplikasi tertentu. Lantas disuruh memberikan kode OTP supaya dapat menggunakan lagi.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece