Harapan Bill Gates Terkait Penemuan dan Perkembangan Teknologi Masa Depan

Siapa sih yang tidak mengenal Bill Gates. Orang terkaya di muka bumi ini. Sosok visioner, inovator, dan motivator yang disegani oleh dunia. Bila tak ada yang mengenalnya maka bisa dikatakan orang itu "gagal" memanfaatkan teknologi informasi. Sungguh memprihatinkan.



Bill Gates (sumber gambar)
 
Dikutip dari Warta Ekonomi, Gates telah memandang jauh 20 tahun ke depan. Ia berharap perkembangan teknologi saat itu harus bisa mensejahterakan kehidupan manusia. Gates juga memikirkan tentang hal di masa depan yang harus difokuskan pada pertanyaan metafisik (batiniah).





Beberapa pertanyaan yang Gates ajukan ialah "Bagaimana kita bisa membuat orang lebih bahagia?" Kemudian ia melanjutkan "Bagaimana kita bisa membuat jaringan (koneksi) antar manusia yang lebih bermakna?" Terakhir "Bagaimana kita membantu manusia menjalani kehidupan yang memuaskan batin?"

Pertanyaan-pertanyaan di atas merupakan hal penting yang harus dipikirkan mulai sekarang. Bagaimana teknologi yang sedang dan akan dikembangkan bisa menjawab berbagai kegelisahan di atas. Oleh sebab itu Gates memprediksi ada beberapa penemuan teknologi akan memiliki pengaruh besar pada tahun ini hingga seterusnya.


Sebagaimana diambil dari Kompas, Gates berkeinginan bagaimana teknologi bisa  menjawab pertanyaan sosial dan etika teramat rumit. Salah satunya terkait keseimbangan antara inovasi dengan terjaganya privasi. Terutama dalam bidang kesehatan dan pendidikan.


Di mana data asesmen (penilaian) masyarakat terkait perkembangan kesehatan dan pendidiknya bisa digali dengan mudah. Kemudian data itu bisa dimanfaatkan untuk dianalisis kemudian dibuatlah formula terbaik. Dengan catatan tetap melindungi hak privasi setiap individu.


Baja juga:



Gates meyakini ke depannya kapasitas teknologi mampu memperbaiki kualitas hidup umat manusia. Harapannya bagaimana inovasi teknologi di masa datang bisa menyelamatkan banyak jiwa manusia sekaligus mensejahterakan hidup mereka.  Meski harus diakui masih banyak yang meremehkan inovasi teknologi akan mampu untuk melakukan itu. (Info *Banjir Embun*)







Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)