Ini 7 Tips Bermain Game Online Berbasis Ketangkasan Agar Menggembirakan

Bermain game dapat menjadi "hadiah" bagi diri sendiri pasca melakukan aktivitas rutin. Oleh sebab itu sebelum mengerjakan sesuatu janjikan pada diri sendiri "bila pekerjaan ini tuntas dengan baik, saya akan main game hingga puas di hari ini!". 


Salah satu jenis game online (sumber gambar)



Bermain game online yang lagi trending  10-an tahun terakhir merupakan hal yang menyenangkan. Selain untuk sekedar mengisi waktu luang, ternyata juga bisa melatih kesabaran, konsentrasi, ketangkasan, strategi, bertemu teman baru, dan manfaat lain yang tak disadari.


Fenomena game online di Indonesia makin semarak akhir-akhir ini. Meski sejatinya  di luar negeri game online telah mewabah  terlebih dulu. Oleh sebab itu wajar bila masih banyak remaja Indonesia yang kebingungan cara bermain game online berbasis ketangkasan. Maklum saja bila itu terjadi.





Secara umum bermain game online punya banyak nilai lebih dibandingkan dengan game offline. Dinamika "pertarungan" di game online lebih terasa daripada game offline. Sebab lawan yang dihadapi adalah manusia. Bukan komputer yang sudah terprogram pergerakannya. Akibatnya, kesan alami kurang terasa.


Terkadang tak selamanya bermain game itu menyenangkan. Adakalanya rasa bosan menyerang begitu saja. Rasa jenuh terhadap beberapa game yang dipunyai tiba-tiba menghantui. Di sisi lain teman sesama gamer's berulangkali ngajakin main bersama. Kalau sudah begitu dilema dalam hati pasti muncul


Menghadapi kenyataan itu kami memberikan tips bermain online supaya menggembirakan. Lebih lengkapnya diuraikan satu persatu sebagai berikut:


1. Dahulukan kehidupan nyata

Game online adalah dunia maya. Dunia yang sebenarnya hanya bersifat semu dan sementara. Dia tak dapat menjadi teman sejati. Jangan lupa terhadap kewajiban harian yang harus dilakukan. Seperti ibadah, sekolah, mengerjakan PR, kerja, atau membantu orang tua. 


Teruslah jaga komunikasi atau interaksi dengan manusia di sekitar. Tidak boleh game online sebagai tempat melarikan diri dari berbagai kewajiban itu. Dengan begitu kalian akan bisa nyaman dan berkonsentrasi penuh ketika memainkan game online. Tidak ada beban atau diliputi rasa bersalah saat bermain.


2. Pilih Game yang sesuai minat dan bakat

Sosok gamer sejati itu harus punya prinsip. Tidak boleh ikut-ikutan orang lain. Pun jangan "berpura-pura" menyukai game tertentu demi menyenangkan teman. Setidaknya demi dianggap menguasai berbagai jenis game. Pilihlah satu game saja yang itu benar-benar sesuai dengan jiwa kalian. Dengan begitu jiwa kalian akan hanya menyatu dengan satu game itu.


Sebelum memutuskan bermain game, terlebih dulu tentukan game apa yang memang sangat dibutuhkan dan sesuai bakat. Salah satu caranya dengan melihat review game di internet. Sebab, bila kalian salah dalam memilih game maka yang terjadi kalian akan mudah bosan. Serta membuang uang sia-sia. Kalau sudah begitu rugi lahir batin yang terjadi.


3. Ikuti grup komunitas gamer

Gabungklah pada komunitas para pecinta game. Kalian bisa turut serta pada grup komunitas di dunia nyata maupun grup di media sosial. Banyak  akun, halaman, dan grup game online yang dapat kalian jadikan naungan. Sebut saja di antaranya Facebook, Twitter, Telegram, Instagram, WhatsApp, dan lain sebagainya.





Forum komunikasi sesama gamer di atas sangat bermanfaat. Terutama bagi gamer pemula. Saat kalian merasa jenuh sebab ada masalah yang sulit terpecahkan maka dapat kalian utarakan di sana. Di forum itu pula kalian bisa saling mendukung dan menguatkan satu sama lain. Selain itu kalian juga dapat trik baru yang sangat menantang serta tentunya anti membosankan.


4. Tetapkan jadwal khusus untuk main game

Syarat utama untuk menjadi pemain game yang sukses adalah punya kedisiplinan waktu. Hal tersebut sangat penting. Mengingat rutinitas keseharian kalian tidak hanya bermain game. Jangan sampai mengabaikan kebutuhan otak dan badan untuk beristirahat. Supaya ketika bermain game lagi semuanya sudah dalam keadaan refresh.


Jadikan jadwal sebagai harga diri yang harus dijaga. Dengan carar berkomitmen penuh tanpa sedikitpun menyalahinya. Harus tegas mengatur diri sendiri untuk menjalankan jadwal secara konsisten. Jangan sampai terperdaya untuk memaafkan diri kita melanggar jadwal yang sudah ditetapkan. Selain itu sisakan waktu luang untuk melakukan kesenangan lain selain memainkan game.


5. Pastikan koneksi internet tetap memadai

Tidak hanya saat bermain game online, saat berurusan dengan internet yang ngadat untuk hal apapun pasti bikin kesal. Oleh sebab itu pastikan jaringan internet dalam kondisi prima. Hal itu guna menghindari lag saat asyik main game. Bila lag sering terjadi maka itu dapat merugikan teman satu tim maupun teman yang sedang menjadi lawan.


Bagaimana bermain game bisa seru bila lawan yang dihadapi mudah dikalahkan. Terlebih lagi bila kemudahan itu didapat karena lawan sedang mengalami lag. Lebih parah lagi karena lag itu akhirnya terpaksa harus meninggalkan pertandingan. Perbuatan seperti itu sangat buruk. Sebab melanggar etika (norma tak tertulis) sesama pemain game online.


6. Jangan hamburan uang demi game

Rasa bersalah saat menghamburkan uang demi bermain game online pasti ada. Kalau sudah begitu konsentrasi akan terganggu. Alih-alih akan mendapatkan kesenangan. Malah yang ada penyesalan begitu dalam karena telah menyia-nyiakan uang. Apalagi itu pemberian dari orang tua. Tentu orang tua tidak menghendaki uang yang diberikan hanya dihabiskan untuk main game.





Misal bila tak ada uang maka manfaatkan game online gratis yang tersedia melimpah di internet. Game yang dapat dimainkan secara langsung tanpa harus menginstal aplikasinya. Jangan menggunakan game bajakan. Sebab game bajakan memiliki banyak kelemahan. Bahkan dalam kondisi tertentu dapat merugikan pemakainya.


7. Bermain game bersama teman dunia nyata

Sensasi main secara ramai jauh lebih berkesan bila main sendirian. Ajaklah teman, keluarga, tetangga, atau teman satu komunitas yang cocok dengan kalian. Dengan bermain game bersama maka jiwa solidaritas akan terbangun. Selain itu dengan bermain game bersama maka jadwal main game bisa terkontrol.


Dengan bermain bersama pula maka sikap individualis akan terkikis. Sebab dengan bermain game bersama secara nyata maka jiwa kepedulian sosial akan tumbuh. Tidak ada kebohongan dalam berinteraksi. Hal itu berbeda bila teman main kalian di dunia nyata. Kalian tidak tahu karakter dan mimik muka yang tulus dari mereka.


Demikian tulisan ini dibuat. Mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga bermanfaat.






Komentar