Trik Persiapan Bagi Siswa dan Orang Tua untuk Memulai Tahun Pelajaran Baru

Trik Persiapan Bagi Siswa dan Orang Tua untuk Memulai Tahun Pelajaran Baru


Oleh: A. Rifqi Amin


Banjir Embun - Trik atau Tips - Tahun ajaran baru atau lebih tepatnya tahun pelajaran baru merupakan tahun sejuta rasa bagi siswa maupun wali siswa. Di dalamnya terdapat harapan, was-was, kecemasan, kesenangan, dan perasaan lainnya yang campur aduk jadi satu. Bagaimana tidak, hal yang baru akan segera disongsong sedang di sisi lain bayang-bayang keburukan di tahun lalu bakal terulang.


Misalnya bagi orang tua harus menanggung biaya untuk menunjang keberhasilan anaknya dalam sekolah, harus kembali berurusan dengan pihak sekolah yang kadang kala sistem birokrasinya lebih rumit daripada sistem militer, kekhawatiran wali murid terhadap perkembangan anaknya di sekolah, dan seterusnya.





Adapun bagi siswa harus kembali lagi melakukan aktivitas membosankan seperti tahun-tahun sebelumnya. Malah kadangkala siswa menjadi korban bully dan dikucilkan oleh temannya. Siswa harus dituntut berprestasi di bidang tertentu oleh sistem sekolah (kurikulum, guru, teman, dll) meski itu bukan minat dan bakatnya. Serta permasalahan lain yang mungkin diderita oleh siswa tapi luput dari pengawasan guru dan Wali murid.


Topik lain:
Pengertian Motivasi


Bila siswa maupun orang tua teringat perkara seperti di atas maka kadang akan timbul dibenak untuk apa sekolah. Gugatan itu wajar karena mungkin sekolah belum bisa jadi rumah kedua bagi siswa. Serta bisa jadi sekolah belum bisa dipercaya untuk mendidik anaknya. Akibatnya tidak akan bisa menikmati proses dari pendidikan di sekolah tersebut.




Back to School and Back to Campus (Sumber Gambar Youth Manual)

Memang benar tahun pelajaran baru adalah harapan baru. Namun harapan bisa ada tidaklah kita terima secara gratis tapi harus diperjuangkan. Perjuangan yang bukan hanya sebentar serta sekali atau dua kali. Namun perjuangan terus-menerus serta beberapa kali. Bagaimana supaya peristiwa buruk terkait sekolah di masa lalu tak terulang lagi.
Oleh sebab itu, untuk menunjang perjuangan siswa serta orang tua dalam menyongsong tahun pelajaran baru yang lebih baik maka kami berikan triknya sebagai berikut:

A. Bagi Siswa
1. Hal-hal yang harus Dipersiapkan oleh Siswa

Jika kamu ingin lebih baik dan lebih bahagia dari tahun-tahun kemarin maka kamu paling tidak harus melakukan ini:


a. Buat list/daftar mana saja teman kamu yang membawa manfaat dan bisa diajak maju bersama. Mana saja teman yang bisa membuat hatimu adem dan menerima kekuranganmu. Kamu harus bisa membedakan mana teman sejati dan sehati serta mana teman makan teman. Salah pilih teman maka akibatnya vatal. Hati kamu bakal tersiksa saat di sekolah. 






b.  Perhatikan mata pelajaran apa saja yang akan kamu nikmati di tahun ajaran/pelajaran tersebut. Cari pengalaman dan wawasan terkait pelajaran dari kakak kelas bagaimana gurunya dan seterusnya. Bila perlu pinjam buku tulis dan diktatnya kakak kelas.


c. Buat target atau lebih tepatnya fokus capaian. Di tahun pelajaran ini kamu ingin unggul di bidang pelajaran apa. Misal sudah tahu kemampuanmu di bidang ilmu sosial (ekonomi, sejarah, budaya, dll) maka fokuskan pada bidang ilmu tersebut. Jangan sekali-kali ikut-ikutan teman bahkan terpengaruh padanya. Ingat masa depanmu di tangan kamu sendiri. Temanmu tentu akan memikirkan masa depannya masing-masing.



Topik lain: 


d. Pilih ekstrakurikuler atau les tambahan yang sesuai kemampuanmu. Misalnya kamu tahu bahwa dirimu bakat (mampu) di bidang olah raga seperti basket. Buat target kamu bakal unggul di bidang itu. Perlu diperhatikan turuti hati nuranimu jangan ikut-ikutan teman. Bila kamu berminat dan bakat di bidang kepramukaan maka ikutlah pramuka jangan ragu dan malu. Oleh sebab itu, pelajari dulu diri kamu sendiri, sebenarnya kemampuan kamu di bidang apa? Ingat berminat/suka belum tentu akan mampu (berbakat).


e. Berkomitmen pada managemen diri misalnya membuat jadwal kegiatan diri sendiri lalu berusaha mencapainya. Membagi waktu untuk belajar, bermain, jalan, organisation sekolah dll. Jangan sampai mengabaikan bahkan meninggalkan kegiatan terkait bakat dan minat kamu yang sebenArnya itu lebih penting daripada hasutan temanmu yang belum tentu peduli masa depanmu.


MOS sudah tidak ada (sumber gambar bangsaku)


2. Hal-hal yang Harus Dilakukan Siswa Saat Dimulainya Tahun Pelajaran Baru

a. Lakukan PDKT (pendekatan) yang wajar pada teman dan gurumu. Jangan terlalu sok akrab pun jangan terlalu jaga jarak. Hormati gurumu meski kamu belum kenal dia. Jaga perasaan temanmu meski kamu baru kenal. 


b. Jangan membanding-bandingkan antara kepunyaan temanmu dengan kepunyaanmu. Juga jangan membandingkan kepunyaan temanmu dengan teman lainnya. Meski kamu serba kurang di hari ini yakinlah dengan prestasi (tidak harus prestasi di pelajaran) kamu bakal bernasib lebih baik di masa datang.


c. Jangan sebut atau membawa nama orang tua ketika berbicara karena ujung-ujungnya akan membandingkan. Bila terpaksa haru membahas maka jangan sekali-kali kagum terhadap kehebatan orang tua. Oleh sebab itu buatlah prestasimu sendiri sehingga kamu juga akan jadi hebat.






d. Bicara secukupnya pada teman. Irit bicara boros prestasi. Buktikan bahwa kamu lebih baik dari tahun-tahun kemarin. Ini akan berguna bagi masa depanmu. Banyak belajar tentang sesuatu yang kamu minati dan bakati serta bertindaklah kreatif. 

e. Datangi guru Bimbingan Konseling bila tidak ada guru BK datangi kepala sekolah atau guru yang menurutmu mampu membimbing bakat dan minatmu. Guru BK tidak hanya menangani siswa yang bermasalah saja. Mereka juga berkewajiban mendampingi siswa yang butuh bantuan apapun itu. Guru BK pasti akan mencari jalan keluarnya.



B. Bagi Orang Tua
1. Hal-hal yang harus Dipersiapkan oleh Wali Murid
a. Memilah antara biaya yang diberikan untuk sekolah dengan biaya untuk kebutuhan anak. Kebutuhan anak harus terjamin secara wajar. Jangan sampai anak kekurangan biaya untuk operasional dirinya sendiri tapi juga jangan berlebihan. Ingat, anak sekolah untuk mencari ilmu bukan untuk bekerja atau untuk memamerkan harta orang tuanya.


b. Mengarahkan anak serta memberi pemahaman terkait pentingnya manajemen diri. Anak harus diajari bagaimana mengatur diri, mengatur waktu, mengatur tugas-tugas yang harus ia selesaikan, mampu memecahkan masalah secara mandiri, dan seterusnya. 


c. Membelikan buku atau memfasilitasi dan mendampingi anak untuk mendowload (mengunduh) buku elektronik. Buku elektronik sangat melimpah di internet. Serta membelikan peralatan tulis menulis. Pastikan kelengkapan fisik anak sudah benar-benar siap menghadapi tahun pelajaran baru.
d. Mengarahkan anak untuk menemukan bakatnya. Setelah itu dampingi, dukung, dan buat anak menyukai bakatnya. Anak yang terlambat atau bahkan tidak tahu bakatnya maka ia akan tersiksa di masa depannya. Meski kelak secara materi ia cukup tapi secara batin ia tersiksa.


PLS atau Pengenalan Lingkungan Sekolah (Sumber gambar KKO Legok)

2. Hal-hal yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Dimulainya Tahun Pelajaran Baru

a. Datangi guru BK (bimbingan komseling) berikan informasi penting terkait anak anda misal nya punya penyakit, punya alergi, punya kebiasaan buruk saat di rumah, dll. Hal itu penting untuk membantu guru BK kelak ketika anak anda butuh bimbingannya. Perlu diperhatikan guru BK tidak hanya mengurusi siswa bermasalah saja. Cakupan sasaran guru BK adalah seluruh peserta didik. Jadi bagi siapapun boleh datang ke guru BK.


b. Memastikan bahwa siswa mampu beradaptasi di lingkungan atau kelas terbarunya. Jangan sampai siswa minder, takut, dan cemas. Sebaliknya jangan sampai siswa over percaya diri dan agresif.


c. Pelajari karakter teman anak anda. Harus tahu mana teman yang bisa mendukung bakatnya. Saat berkunjung ke sekolah panggil teman anak anda ajak kenalan. Bila perlu suruh ia bermain ke rumah.


Itulah sedikit trik dari kami. Terima kasih telah membaca. Semoga bermanfaat.

Baca juga postingan berikut:

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)