Catatan Agenda Besar Sepak Bola Indonesia di Tahun 2019

Sebagaimana dikutip dari BOLA, mengungkapkan bahwa acara kegiatan sepak bola Indonesia di tahun 2019 ini lebih sepi bila dibanding tahun 2018 kemarin. Tahun ini hanya ada dua turnamen. Selain itu hanya babak kualifikasi untuk menuju tahun berikutnya.


Secara rinci agenda turnamen itu hanya menjadi panggung bagi Timnas U-22. Yakni, pertama piala AFF-U22 2019 dan yang kedua SEA Games 2019. Turnamen lain masih belum ada. Semoga ada pembaruan yang menjadi kabar baik.

 

Sedang agenda lain selain turnamen adalah FIFA Matchday yang diadakan sepanjang tahun 2019, kualifikasi olimpiade 2020 khusus untuk timnas putri, dan kualifikasi Piala AFC-U23 2020.


Khusus untuk Timnas Senior tahun 2019 ini bisa menjadi tahun untuk meningkatkan peringkat di tingkat dunia (FIFA). Salah satunya dengan mengikuti lima edisi FIFA Matchday. Ini sekaligus menjadi ajang bukti bagi pelatih baru kita.




Di tahun 2019 ini semoga Sepak bola Indonesia bisa menghimpun kekuatan. Serta tentunya bisa memperbaiki  kekurangan di segala bidang. Harapannya prestasi di tahun ini bisa lebih baik dari kemarin.


Langung saja, berikut catatan agenda besar sepak bola Indonesia di tahun 2019:


1. Februari
Salah satu agenda besar di tahun 2019 diawali dengan Timnas U-22 yang mengikuti Piala AFF U-22 2019. Gelaran itu diadakan di Kamboja pada tanggal 17 Februari hingga 02 Maret 2019.


Indonesia berada di Grub B. Bersama Malaysia, Kamboja, Singapuran, dan Maynmar. Lawan-lawan Indonesia di turnamen ini juga akan menjadi pesaing di SEA Games mendatang.

2. Maret
a. Timnas Senior punya lima agenda Macthday. Salah satunya di bulan Maret ini. Pertandingan uji coba yang Timnas Senior lakukan untuk pertama kalinya. Pertandingan itu dijadwalkan oleh FIFA antara tanggal 18-26 Maret.  





b. Timnas U-23 mengikui kualifikasi piala asia U-23 2020 pada tanggal 22-26 Maret. Indonesia berada di Grup K menemani Brunei Darussalam, Vietnam, dan Thailand.


3. April
Timnas Putri Indonesia mempunyai agenda melakoni putaran (babak penyisihan) kedua kualifikasi Olimpiade 2020 di Tokyo. Kegiatan ini berjalan sepanjang tanggal 1-9 April.


4. Mei
Liga 1 2019 diperkiran bergulir pasca pilpres (17 April 2019). Bisa jadi digelar akhir April atau awal Mei berlangsung hingga bulan Desember.


5. Juni
Timnas Senior punya lima agenda Macthday. Salah satunya di bulan Juni ini. Pertandingan itu dijadwalkan oleh FIFA antara tanggal 03-11 Juni. 


6. September
Timnas Senior punya lima agenda Macthday. Salah satunya di bulan September ini. Pertandingan itu dijadwalkan oleh FIFA antara tanggal 02-10 September.


7. Oktober 
Timnas Senior punya lima agenda Macthday. Salah satunya di bulan Oktober ini. Pertandingan itu dijadwalkan oleh FIFA antara tanggal 07-15 Oktober.


8. November
Timnas Senior punya lima agenda Macthday. Salah satunya di bulan November ini. Pertandingan itu dijadwalkan oleh FIFA antara tanggal 11-19 November.




9. Desember
Timnas U-22 Mengikuti Sea Games 2019 di Filipina. Dengan jadwal yang belum ditentukan. Pada agenda ini Timnas diharapkan bisa meraih emas. Sebab pada Sea Games sebelumnya hanya mampu memperoleh perunggu.


Demikian ulasan dari kami. Mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga bermanfaat. Kami menerima kritik dan saran untuk info yang lebih baik.




PSSI FOOTBALL ASSOCIATION OF INDONESIA (Sumber gambar



Komentar