Urgensi Mendalami Sejarah Pendidikan Islam


Baca Juga:



Urgensi Mendalami Sejarah Pendidikan Islam 




Dengan mempelajari sejarah pendidikan Islam, diharapkan masyarakat Islam tidak hanya terpaku pada kegemilangan dan romantisme masa lalu. Lebih dari itu, umat Islam perlu melakukan pengembangan pendidikan Islam. Salah satunya pembangunan kembali, agar sesuai dengan perubahan orentasi kehidupan masyarakat. Apabila pendidikan Islam tidak melakukan pengembangan, maka demikian itu merupakan tindakan ahistoris. Yakni, tindakan yang menyimpang dari semangat pendidikan Islam di masa lalu. Di mana, pendidikan Islam yang diterapkan Rasulullah diawali dengan perubahan paradigma masyarakat. Salah satunya menjadikan masyarakat Islam menjadi masyarakat pembelajar dan pecinta ilmu. Masyarakat seperti inilah yang mampu mengemban pengembangan IPTEK.[1] Harapannya, ilmu sejarah pendidikan Islam bisa memiliki kegunaan tersendiri bagi umat Islam.[2]





Ada beberapa manfaat melakukan kajian terhadap sejarah pendidikan umum, di antaranya yaitu:
     1.      Nilai-nilai yang baik di masa lalu menjadi sumber ketedanan yang bisa diambil oleh umat Islam masa sekarang.
   2.      Secara akademis, SPI selain mengayakan perbendaharaan perkembangan ilmu pengetahuan juga untuk menumbuhkan perspektif baru. Yakni, dalam rangka mencari relevansi pendidikan Islam terhadap segala perubahan dan perkembangan IPTEK.
   3.      “Sejarah menyimpan atau mengandung kekuatan yang dapat menimbulkan dinamisme dan melahirkan nilai-nilai baru bagi perkembangan kehidupan ummat manusia.”[3]
   4.      “Dengan mempelajari sejarah pendidika islam, dapatlah kita ketahui sebab kemajuan islam, karena baik cara didikan dan ajarannya dan sebab kemunduran Islam, karena salah cara didikan dan ajarannya. Dengan mengetahui sejarah pendidikan Islam, dapatlah kita ketahui sebab terang benderangnya didikan dan ajaran Islam dan sebab gelap gulitanya.”
   5.      Manfaat “mempelajari sejarah pendidikan Islam, bukan semata-mata untuk menghafal tanggal, tahun dan abad suatu kejadian dalam sejarah.” Lebih dari itu, mengkaji sejarah pendidikan Islam bisa diketahui sebab kemajuan Islam, sehingga bisa dioptimalkan untuk kemajuan pendidika Islam sekarang. Sebaliknya, dengan mengetahui sebab kemundurannya, tentu bisa terhindarkan dari ancaman kemunduran pendidikan Islam di kemudian hari. Dengan kata lain, kajian sejarah pendidikan Islam bisa menjadi isnpirasi terwujudnya sejarh Islam gelang-gemilang utamanya dalam dunia pendidikan Islam.[4]



[1]Mansur dan Mahfud Junaedi, Rekonstruksi Sejarah Pendidikan Islam (Jakarta: Departemen Agama RI Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 2005)
 hlm. 9.
[2]“Sejarah pendidikan Islam akan mempunyai kegunaan dalam rangka pembangunan dan pengembangan pendidikan Islam. dalam hal ini, sejarah pendidikan Islam akan memberikan arah kemajuan yang pernah dialami dan dinamismenya sehingga pembangunan dan pengembangan itu tetap berada dalam kerangka pandangan yang utuh dan mendasar.” Lihat, Zuhairini, dkk. Sejarah Pendidikan Islam, Cet. II, hlm. 6.
[3]Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: lintasan sejarah dan perkembangannya (Jakarta: RajaGrafindo, 1995), hlm. 13-14.
[4]Mahmud Yunus, Sejarah Pendidikan Islam (jakarta: Hidakarya Agung Cet. V, 1989), hlm. 3.

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)