Menapaki Jalan Sukses Verifikasi Identitas Google Adsense



Sahabat *Banjir Embun* sejujurnya kami ketar-ketir saat momen mengajukan dokumen identitas. Jenis dokumen yang kami ajukan berupa Surat Izin Mengemudi (SIM). Apakah verifikasi yang kami lakukan akan berhasil atau tidak. Sebab, jumlah pengiriman foto dokumen identitas dibatasi. Konon, hanya tiga kali saja. Sedang kami sudah satu kali melakukan pengiriman. Yakni, jenis dokumen berupa KTP.


Sayangnya, pengiriman saat itu ditolak. Kami curiga alasannya karena tampilan foto wajah di KTP yang kami kirimkan buram. Padahal saat itu metode pengambilan KTP menggunakan pemotretan HP bukan scanning. Asumsi liar kami tersebut disebabkan email pemberitahuan penolakan yang kami terima kurang begitu spesifik alasannya. Dengan kata lain, kami butuh kepastian alasan penolakan.



Untuk mengetahui isi email penolakan kami silakan baca tulisan kami "Contoh Kiriman Email Pemberitahuan dari Google Adsense Perihal Kegagalan Verifikasi Identitas"

 
KTP yang kami kirim ini ditolak Google AdSense 



Dengan berbagai alasan. Kami memutuskan untuk tidak grusa-grusu. Terburu nafsu tanpa lebih dulu mencari kepastian pada sesama pemain Google Adsense. Salah satu informasi tentang itu kami dapat dari grup WhatsApp Google Adsense Indonesia yang alamat linknya "https://chat.whatsapp.com/Idnu7GaLG5k0i8D3kqnSXP". Di grup itu kami dapat info bahwa untuk melakukan verifikasi foto wajah pada dokumen harus tajam dan jelas.



Info di grup lain memberitahukan bahwa sebaiknya pengambilan gambar menggunakan kamera HP. Supaya gambar terlihat alami. Selain itu dengan menggunakan kamera gambar menjadi lebih tajam. Terutama pada foto wajahnya. Empat sudut dokumen identitas juga bisa terlihat jelas. Diusahakan backround foto juga alami. Misalnya meja, kertas, buku, dan lain-lain. Lebih baik bila backround-nya warnanya kontras dengan warna dokumen identitas.


Sebenarnya kami sudah lama mendapat pemberitahuan dari Google Adsense untuk melakukan verifikasi identitas. Tepatnya sejak pada hari Sabtu tanggal 22 Desember 2018 pukul 17:21 WIB.  Baru pada tanggal 29 Desember kami mengirimkan dokumen identitas berupa KTP. Lalu tanggal 31 Desember kami mendapat jawaban. Sayangnya, jawaban itu tidak siap kami terima. Yakni, verifikasi dinyatakan ditolak.



Untuk mengetahui isi email pemberitahuan kami harus melakukan verifikasi identitas silakan baca tulisan kami "Contoh Kiriman Email Pemberitahuan dari Google Adsense Harus Melakukan Verifikasi Identitas"



Menghadapi penolakan itu kami tidak menyerah dan patah arang. Alhamdulillah, pada hari ini. Hari yang tanpa hujan. Di sore yang tak hujan ini kami memberanikan diri upload dokumen identitas berjenis SIM. Setelah melakukan permenungan. Apa saja alasan penolakan Google Adsense terhadap dokumen itu. Kami melakukan sesi pemotretan SIM di sore ini juga. Lalu, langsung kami kirim ke akun Google Adsense tersayang. 


SIM yang berhasil diverivikasi

Tak dinyana. Ternyata seketika itu juga tidak sampai 10 menit verifikasi identitas kami telah disetujui. Kami juga heran sebegitu cepatnya kami menerima kabar gembira itu. Sebab, banyak yang bilang untuk verifikasi identitas saja perlu waktu lebih dari satu hari. Bahkan ada yang bilang hampir satu pekan baru menerima jawaban. Ditolak atau diterima. Kecepatan verifikasi tersebut patut kami syukuri. 


Tampilan email pemberitahuan verifikasi identitas berhasil



Bentuk rasa syukur itu kamu luapkan dengan cara membuat tulisan berjudul "Contoh Kiriman Email Pemberitahuan dari Google Adsense tentang Pemberitahuan Verifikasi Identitas Berhasil"


Setelah kami berhasil melakukan verifikasi Identitas tak lama setelah itu kami disuruh untuk melakukan Verifikasi alamat. Yakni, memasukkan PIN yang telah dikirimkan oleh Google Adsense ke alamat yang sesuai dengan alamat identitas pemilik akun. Sebagai tambahan untuk melakukan verifikasi identitas, alamat, dan metode pembayaran baru bisa dilakukan setelah penghasilan kalian minimal sudah 10 Dollar. Yakni, Sekitar 140 ribu rupiah. 


Untuk mengetahui isi pemberitahuan di akun Google Adsense kami silakan baca tulisan berjudul "Contoh Pemberitahuan di Akun Google Adsense untuk Melakukan Verifikasi Alamat"



Tampilan pemberitahuan verifikasi Alamat di akun Google Adsense



BONUS

Berdasarkan pengalaman dari teman-teman yang lain disimpulkan bahwa beberapa faktor penolakan verifikasi identitas adalah:

1. KTP, SIM, atau PASPOR yang dijadikan pilihan dokumen verifikasi sudah kadaluwarsa.

2. Terdapat perbedaan antara nama di profil pembayaran dengan nama yang tertera di tanda pengenal.



3. Tampilan dokumen terpotong. Meski itu hanya terpotong dipojok atau bagian tipis pinggirnya tetap akan ditolak.

4. Tampilan dokumen tidak jelas. Misalnya gelap atau buram. Terutama bagian foto wajah dan bagian sudut/pojok dokumen tidak jelas (berkilau memantulkan cahaya).

5. Terlalu terburu nafsu meng-upload dokumen. Takut akan di-banned oleh Google Adsense. Padahal itu salah besar. Tidak ada batas waktu. Seharusnya mencari pengalaman dulu pada pemilik akun Google Adsense yang telah berhasil melakukan verifikasi identitas.


Demikian tulisan dari kami. Mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga bermanfaat.

Komentar

syaffi mengatakan…
kalau saldo sudah 10% dari ambang harus verifikasi PIN, di pemberitahuan tidak muncul verifikasi PIN, yang ada verifikasi KTP, verifikasi KTP sudah dikirim dan keterangannya menunggu



yang mau ditanyakan, kalau sudah veririfikasi KTP apakah verifikasi PIN juga ?