Cara Menjadi Local Guide atau Pemandu Lokal di Google Maps yang Populer



Mau jadi manusia yang bermanfaat bagi sesama? Tak harus muluk-muluk sekolah tinggi hingga harus jadi manusia pengabdi. Aplikasi Google Maps menyediakan saluran bagi kalian yang ingin memberi bantuan pada orang lain. Yakni, sebuah "menu" yang disediakan bagi siapa saja yang ingin berkontribusi dalam menilai (memberi rating bintang), mengulas, upload foto maupun video, dan menjawab pertanyaan yang diajukan Google maupun para pengguna Google Maps.



Kalian sendiri akan merasa terbantu bukan saat membuka aplikasi Google Maps mendapati banyak ulasan, penilaian (rating bintang), foto, hingga video yang diberikan secara akurat? Sebaliknya, saat menemukan suatu lokasi tempat ibadah, tempat wisata, rumah makan, hotal, maupun lokasi lainnya sangat minim sekali ulasan dari orang hal itu akan menjadi tambah ragu dan bingung dalam menentukan pilihan. Nah, oleh sebab jadilah bagian dari kontributor Google Maps supaya hal tersebut tidak terjadi lagi pada orang lain.


Kontribusi dari para Pemandu Lokal (Local Guide) di Google Maps sangat membantu bagi penggunanya untuk mengetahui performa suatu tempat yang dinilai. Apakah tempat itu bagus, cocok, bersih, berkualitas, menarik, dan lain sebagainya kadang dapat disimpulkan dengan mudah oleh para pengguna Google Maps. Semakin banyak ulasan, penilaian, foto, dan video yang diberikan oleh banyak Local Guide maka semakin membantu para pengguna dalam mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.




Contoh akun Local Guide Google Maps milik salah satu Tim Banjir Embun



Setelah membaca tulisan di atas mulai tertarik menjadi Pemandu Lokal Google Maps? Berikut ini beberapa cara agar bisa menjadi Local Guide:


1. Buat akun Google. Saran saja, akun Google yang paling mudah adalah akun Gmail. 


2. Buka link berikut: https://maps.google.com/localguides/home kemudian lakukan pendaftaran atau kunjungi pusat bantuan Google di https://support.google.com/maps/answer/6304221.


3. Ikuti langkah-langkah mudah saat pendaftaran. Lalu segera berikan kontribusi kalian berupa ulasan, penilaian (memberi bintang), dan foto pada lokasi yang sedang atau akan kalian kunjungi.



Rekor foto dilojat sebanyak 150 kali




Keuntungan Menjadi Local Guide Google Maps


Selain bermanfaat bagi orang lain, menjadi pemandu lokal Google Maps juga menguntungkan bagi diri sendiri. Salah satunya berkesempatan mendapat hadiah berupa voucher makan, beli buku, hotel, tempat wisata, tiket transportasi, bebas biaya layanan Google berbayar, dan yang semacamnya. Bahkan pada tahap tertentu seorang Local Guide bukan tak mungkin dan ini pernah terjadi akan diberi hadiah akomodasi hingga ke Amerika Serikat.




20 Juli 2019 adalah masa pertama kali salah satu Tim Banjir Embun berhasil menjadi local guide di Google Maps

Tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan keuntungan finansial dari Google Maps. Sejak salah satu Tim Banjir Embun diterima jadi local guide di Google Maps hingga kini sudah hampir 300 ribu bonus yang diterima. Bonus itu bokun berupa uang tapi potongan harga dab fasilitas gratis menikmati layanan Google berbayar. Padahal baru bulan Agustus Tim Banjir Embun tersebut serius berkontribusi bagi Google Maps di tanggal 3 September sudah dapat kabar gembira. 


Mendapat bonus 30% belanja di Gramedia, hanya buku-buku tertentu dengan harga kisaran 50-70 ribu


Mendapat bonus potongan hingga 100 ribu di aplikasi pesan tiket bus yang sering digunakan pemandu lokal. Pasti dapat bonus 100 ribu jika pesan tiket di atas 200 ribu



Mendapat bonus langganan Google One selama 6 bulan, harga sewa satu bulan Rp. 26.900,- x 6 = 161.400




Menjadi Local Guide paling tidak kalian akan menjadi seorang yang populer di kalangan pengguna Google Maps. Bila kontribusi kalian dianggap akurat (tidak terlalu subjektif) maka tak mungkin para pengguna akan senang dengan penilaian kalian pada lokasi tertentu. Tak hanya itu, setiap kontribusi yang kalian berikan akan mendapat poin dari Google. Semakin tinggi poin maka semakin tinggi pula level kalian di antara Local Guide






Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Hutangmu Menunjukkan Seberapa Besar Harga Dirimu

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece

Ngeri! Indonesia Punya DENHARIN, Pasukan Elit dari Terelit yang Ditakuti Dunia

Pernah Dengar Istilah "Kotak Pandora"? Inilah Kisah di Baliknya

Visi dan Misi dalam Bekerja