Mengejutkan! Inilah 3 Hewan Paling Cepat, Paling Jauh Bermigrasi, dan Paling Tinggi Terbangnya

Kalian selama ini mungkin sudah tahu hewan darat maupun laut yang terbesar dan terberat di bumi. Namun, kalian belum tentu akan menyadari apa saja hewan yang tercepat, terjauh dalam perpindahan setiap tahun, dan yang paling tinggi terbangnya. Yups, kali ini tulisan di website *Banjir Embun* ini akan membahas 3 jenis hewan yang memiliki rekor luar biasa tersebut.


Bukan sebuah kebetulan. Sungguh mengejutkan, ternyata 3 jenis hewan yang dikupas dalam tulisan ini semuanya berasal dari spesies burung. Yakni, burung Alap-alap kawah (peregrine falcon), Burung Tern atau Tern Artik (sterna paradisaea), dan burung Hering atau Hering Ruppell (gyps rueppelli). Lebih lengkapnya berikut ini pembahasan lengkapnya. 


Ilustrasi Makhluk tercepat (sumber gambar pixabay)



1. Hewan Tercepat

Hewan tercepat di darat adalah cheetah. Namun, hewan yang paling cepat di darat, air, dan udara adalah Alap-alap Kawah. Salah satu dari jenis Alap-alap yang berukuran besar. Ia merupakan hewan yang mampu menukik dengan kecepatan hingga mencapai 390 Km/Jam. Kecepatan yang fantastis itu diperlukan untuk segera bisa menyergap mangsa yang berada di permukaan tanah. Dengan begitu hewan buruan tersebut tidak lagi sempat melarikan diri dari incaran alap-alap.


alap-alap kawah (sumber gambar pixabay)



2. Hewan Paling Jauh Bermigrasi

Burung Tern adalah satu-satunya hewan yang dicatat mampu berimigrasi terjauh. Tak tanggung-tanggung perpindahannya tidak lagi dari antar negara atau antar pulau. Ia berpindah dari kutub utara (artik) ke kutub selatan (antartika) setiap tahunnya di atas samudera atlantik. Saat kutub utara akan menghadapi musim dingin ia berpindah ke kutub selatan. Begitu pula sebaliknya. Saat musim di antartika sambil menikmati musim panas di sana ia akan melakukan pergantian bulu.



burung tern (sumber gambar pixabaya)



3. Hewan Terbang Paling Tinggi

Burung Hering mampu terbang hingga mencapai ketinggian 11.300 Meter. Itu artinya ia mampu terbang melebihi puncak gunung everest sejauh 2,5 Km. Tentu di ketinggian yang ekstrim itu udaranya sangat dingin dan kadar oksigen sangat tipis. Oleh sebab itu burung ini memiliki darah yang mengandung hemoglobin khusus. Meski ukurannya besar, burung ini mampu terbang di udara selama berjam-jam. Ia merupakan burung pemakan bangkai yang punya penglihatan tajam. 


Burung hering atau pemakan bangkai (sumber gambar pixabay)

Itulah 3 hewan pemecah rekor dalam kategori tercepat, terjauh dalam migrasi, dan tertinggi terbangnya. Sungguh luar biasa bukan? Itu adalah rekor dunia karena tidak ada hewan lain yang mampu menyaingi pencapaian super itu. Setelah membaca tulisan-tulisan di *Banjir Embun* ini diharapkan kalian jadi lebih tahu hal-hal baru yang tak pernah terpikirkan sebelumnya.





Komentar

Baca juga postingan berikut:

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja