Ternyata Galaksi Tidak Mengorbit pada Pusat Alam Semesta

Apakah pusat alam semesta itu ada? Pertanyaan itu penting untuk diketahui. Sebab sistem tata surya saja memiliki pusat yaitu matahari. Begitu pula galaksi juga memiliki pusat yang memiliki kekuatan gravitasi jauh lebih besar dari pada benda langit di sekitarnya termasuk sistem bintang. Itu artinya setiap sistem bintang (tata surya) di dalam galaksi berputar mengelilingi atau mengorbit pusat alam semesta.



Bila alam semesta memang benar tak memiliki pusat maka dalam skala semesta galaksi mustahil mengorbit pada sesuatu. Yang ada justru galaksi yang besar dan memiliki gravitasi kuat malah menjadi pusat rotasi galaksi kecil yang ada di sekitarnya. Galaksi kecil itu disebut sebagai galaksi satelit. Di mana galaksi kita yaitu Bimasakti dan tetangganya yaitu Andromeda keduanya diitari oleh beberapa galaksi kecil.

ilustrasi galaksi andromeda dikelilngi galaksi satelit (sumber gambar pixabay)


Memang secara alamiah seluruh benda langit yang memiliki kekuatan gravitasi kecil cenderung akan "menempel" dengan benda langit yang lebih besar dan bergravitasi besar. Tidak usah jauh-jauh, hubungan antara bulan dengan bumi bisa jadi contohnya. Bulan mengorbit pada bumi secara teratur. Begitu pula bumi mengorbit pada matahari. Selanjutnya tata surya mengorbit pada pusat galaksi bima sakti.


Namun sayangnya, galaksi tidak mengorbit pada pusat alam semesta. Sebab sejauh ini pusat alam semesta tidak ditemukan. Bila pusat alam semesta ada dan galaksi mengorbit pada pusatnya maka logika selanjutnya ialah seharusnya alam semesta ini juga mengorbit pada "pusat" yang lain. Artinya, bila itu terjadi maka alam semesta ini seharusnya tidak tunggal tapi sangat banyak.


Dengan demikian galaksi sejauh ini diketahui sebagai nama benda langit yang geraknya tak beraturan. Antara satu galaksi dengan galaksi lain bisa saling berjauhan atau sebaliknya bisa saling mendekat. Pergerakan saling mendekat ini disebabkan satu sama lain memiliki daya gravitasi yang relatif sama. Kasus seperti itu terjadi pada galaksi bimasakti dengan adromeda. Di mana hingga saat ini mereka tercatat saling mendekat satu sama lain.








Komentar

Baca juga postingan berikut:

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja