Ada yang Baru di Google Photos, Tak Hanya Ganti Logo



Goolge Photos atau Google Foto adalah layanan milik Google untuk berbagi dan penyimpanan video dan foto dalam jaringan yang dapat dialihkan ke cloud storage. Daya simpan Google Foto tak terbatas kapasitasnya. Selain itu tanpa biaya.



Penyimpanan awan (cloud storage) berfungsi untuk mem-backup file media di galeri Google Photos. Ketika suatu saat foto atau video di sana secara tak sengaja terhapus, pengguna masih bisa mengunduhnya lagi untuk ditampilkan pada perangkat.


Hal itu tentu sangat menguntungkan. Sebab akan membantu pemilik mengurangi volume simpan ponsel mereka. Tak cukup itu, Google Foto diberi kecerdasan buatan (AI) untuk mengenali wajah. Serta mengedit otomatis salah satu foto terpilih untuk ditingkatkan kualitas.


Lebih dari itu Google Photos dapat menyortir secara otomatis koleksi foto berdasarkan intruksi pengguna. Misalnya kategori pemisahan yang dilakukan ialah berdasarkan kota tempat berfoto, bayi, rumput, senyum, dan lain-lain. Bila ingin membaginya pengguna dapat membuat tautan sendiri.


Tak perlu khawatir masalah privasi dan keamanan.  Google menjamin aplikasi itu sangat sulit ditembus. Algoritma penyimpanan Google Foto teramat aman. Bahkan tingkat keamanannya jauh lebih tinggi daripada metode menebak-nebak password yang dilakukan robot.



Goolge Photos Versi Baru


Ikon baling-baling atau kincir angin yang jadi trade mark Google Foto diubah menjadi lebih elegan dan sederhana. Tak ada lagi lancip (siku) dan terlalu mengumbar banyak warna. Kali ini karakter lancip dihilangkan diganti dengan lengkungan (setengah lingkaran). Serta mengurangi jumlah warna dari 8 menjadi 4.


Update terbaru Google Foto



Tak hanya merubah tampilan muka, Goolge Photos juga memberikan fasilitas tambahan. Yakni, berupa tampilan peta yang penggunanya dapat menelusuri lagi lokasi tempat berfoto dan merekam video. Di mana, pada bagian bawah ada fitur "Tempat" atau "Places" untuk mencari file berdasar lokasi di peta.


Fitur peta di Google Photos






Layaknya media sosial instagram, di bagian atas tiga bilah utama itu pemilik diberikan suguhan kolom "Memories". Isinya berupa arsip foto maupun riwayat pencarian foto. Hal itu, selain untuk menyimpan file-file lama ternyata juga bisa untuk memasukkan koleksi baru pada  kategori "Recent Highlights".

Tiga bila utama Google Foto: Foto, Telusuri, dan Galeri


Pada versi teranyar ini, Google Foto lebih memudahkan pengguna dan memberikan variasi dalam mencari file. Goolge menyediakan menu "Objek" atau "Things" untuk mencari file berdasar minat pemilik. Lebih dari itu, pencarian arsip untuk kategori khusus yang ada juga dapat dilakukan.


Lebih lanjut silakan lihat deskripsi perubahan resmi Google Foto di tautan download aplikasi berikut:






Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece