Cara Mudah Membuka Deposito di Aplikasi Jenius dan Menghitung Bunganya




Aplikasi Jenius adalah platform perbankan digital multiguna untuk bertransaksi, menabung, hingga manajemen keuangan secara simpel, aman, dan mudah. Setiap pemilik akun Jenius pasti diberi kartu debit secara gratis untuk menunjang penarikan uang tunai dan transaksi via ATM.



Bisa dikatakan aplikasi Jenius merupakan the real electronic wallet (dompet digital yang sesungguhnya). Sebab di antara Enam Perbedaan Uang Elektronik dan Dompet Elektronik yang pernah kami tulis, semua unsurnya memenuhi syarat.


Aplikasi Jenius memberikan kebebasan pengendalian sepenuhnya untuk semua akses pada pengguna. Pemilik dapat mengatur keuangannya sendiri tanpa harus menuju kantor Bank BTPN (perusahaan pemilik Jenius) maupun ke outlet Jenius.


Bagi kalian yang belum memiliki akun Jenius, lebih baik baca dulu tulisan kami Cara Daftar Jenius BTPN dan Mendapatkan Kartu ATM Debit Visanya. Di sana kalian akan tahu cara mudah memiliki akun Jenius. Terutama pendaftaran akun di gerai aktivasi atau outlet Jenius.


Salah satu fasilitas manajemen keuangan pribadi yang dimiliki oleh aplikasi Jenius adalah simpanan berbentuk deposito. Kalian tak perlu menuju Bank BTPN untuk mendapat akses layanan deposito. Cukup dari ponsel di aplikasi Jenius, sudah bisa punya deposito.




Layanan deposito di aplikasi Jenius bernama Maxi Saver. Yakni, deposito berjangka waktu yang dapat dikelola dan dicairkan melalui telepon seluler. Jangan khawatir, simpanan di bawah 2 Miliar dengan suku bunga wajar dapat jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).


Sebagai tambahan, kalian bisa membuka deposito lebih dari satu transaksi. Artinya dana yang dimiliki bisa dibagi-bagi berdasar tenor (jangka waktu) yang diinginkan. Misal dana yang dimiliki 45 juta. Di mana 20 juta untuk tenor 8 bulan, 15 juta untuk tenor 5 bulan, dan 10 juta untuk tenor 12 bulan.


Hal yang bikin menggembirakan adalah tidak ada biaya pinalti atau denda saat mencairkan dana deposito sebelum jatuh tempo.  Namun demikian, kalian juga tidak akan mendapatkan bunga walau hanya 1 rupiah pun. Uang yang dikembalikan Jenius hanya nilai pokoknya.


1. Cara daftar deposito Jenius

a. Buka aplikasi Jenius. Pilih menu tanda 3 garis yang tertumpuk sejajar. Letaknya di sebelah kiri atas layar. Seperti pada tampilan gambar di bawah.




b. Pilih sub menu Save It. Silakan lihat gambar di bawah.




c. Pilih Maxi Saver. Lalu ketik tulisan dalam kotak yang tertulis "BUAT DEPOSITO BARU". Letaknya paling bawah di tampilan halaman aplikasi.





d. Silakan tentukan nominal simpanan. Nilai pokok dana minimal Rp. 10.000.000,- (10 juta). Semakin besar nilai pokok (dana disimpan) maka potensi suku bunganya makin tinggi (hingga 5,5 % p.a.). Lalu putuskan periode simpanan deposito mulai dari 1 bulan hingga maksimal 12 bulan. Caranya tinggal geser ke kanan atau kiri tanda bulat pada garis horizontal (datar). Untuk nilai pokok (dana yang disimpan) kalian dapat mengetik langsung (tanpa menggeser).





e. Bila sudah mantap dengan pengelolaan uang yang direncanakan di atas tekan tombol "LANJUT".




f. Pilih metode perpanjangan. Apakah perpanjangan pokok? Yaitu hanya memperpanjang nilai pokok dengan bunga dikirim ke saldo aktif (non deposito). Apakah perpanjangan pokok+bunga? Artinya perpanjang nilai pokok dan tambahkan bunga yang didapat ke deposito (Maxi Saver). Apakah semua akan dikembalikan ke saldo aktif? Jadi nilai pokok beserta bunga otomatis dipindah ke saldo aktif. 









g. Silakan geser-geser ke kanan-kiri gambar kotak di atas untuk memutuskan kotak mana yang dipilih. Setelah pilihan ditentukan tekan tombol "LANJUT".


h. Kalian akan menuju halaman konfirmasi untuk memastikan apakah data yang diajukan sesuai perencaan. Halaman itu memberikan keterangan terkait: 1) Lama jangka waktu simpanan 2) Nilai pokok atau dana yang disimpan 3) Bunga yang dijanjikan pihak Jenius 4) Opsi jatuh tempo 5) Tanggal, bulan, dan tahun jatuh tempo 6) Perkiraan uang yang didapat (di luar atau sebelum kena potong pajak sekitar 20%) 7) Tombol tautan untuk membaca syarat dan ketentuan.





i. Setelah semuanya dipastikan sesuai manajemen keuangan pribadi maka tekan tombok "KONFIRMASI".


j. Selamat Maxi Saver telah berhasil dibuat. Kalian telah membuka deposito Jenius.





Deposito Jenius dapat dikelola dan dipantau melaui menu "Save It" seperti dijelaskan di atas. Kalian dapat menerima laporan perkembangan dari Jenius berupa tampilan grafik seperti gambar di bawah. Serta kalian akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan untuk membantu dan mengingatkan.


Tekan tombol "Daftar Maxi Saver" seperti gambar di bawah ini untuk melihat tampilan grafik.




Di bawah ini adalah tampilan diagaram atau grafik durasi deposito yang telah berjalan.



2. Cara menghitung bunga deposito Jenius

Sebenarnya kalian tak perlu susah-susah menghitung manual bunga deposito Jenius. Sebab berdasarkan langkah-langkah membuka deposito di atas kalian sudah tahu dengan mudah. Terkait berapa bunga yang didapat (sebelum potong pajak sekitar 20%) ketika menyimpan dana berapa dan dalam jatuh tempo berapa bulan.


Namun demikian, tak ada salahnya untuk menghitung manual. Salah satu manfaatnya untuk membuktikan kebenaran atau kesesuaiannya. Perlu diketahui bahwa rumus perhitungan deposito Jenius berdasarkan hari (365 setahun) bukan bulan (12 bulan setahun).


Langsung saja berikut cara menghitung bunga deposito aplikasi Jenius.


Diketahui:

1. Nilai pokok simpanan Rp. 100.000.000,- (100 juta).

2. Suku bunga 5,5 %.

3. Periode simpanan selama 1 bulan (31 hari).





Rumus bunga deposito (berdasarkan hari):


Jumlah bunga yang didapat = bunga deposito x modal investasi x jumlah hari dalam sekian bulan / 365 hari

= 5,5% x 100 juta x 31 hari/365 hari

= 5,5/100 x 100 juta x 31/365

= 0,55 x 100 juta x 31/365

= 5.500.000 x 31/365

= 170.500.000/365

= 467.123,288


Adapun pajak yang harus dibayar yaitu sebesar:

Besar pajak = bunga yang diperoleh x 20%

= 467.123,288 x 20/100 

= 467.123, 288 x 0,2

= 101.917,808

Jadi total laba/keuntungan yang diterima nasabah Jenius untuk simpanan deposito selama 1 bulan sebesar 467.123,288 - 101.917,808 = 365.205,48


Disclaimer: Kami belum pernah membuka deposito di aplikasi Jenius. Segala hal yang berbeda dengan perhitungan di atas bukan tanggung jawab kami. Selain itu terus memperbarui suku bunga depositonya. Jadilah nasabah yang bijak. Tidak ada salahnya mencari pengalaman dari pihak lain baik itu di dunia nyata maupun maya terkait bagaimana pengalaman selama ini menyimpan dana di deposito Jenius.







Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece