Mengenal Tanaman Tuba , Ketika SUSU Dibalas Tuba




Selama ini tuba identik dengan keburukan. Sesuatu yang tak bermanfaat. Padahal sebagai bio-pestisida (pembasmi hama alami), tuba bisa diandalkan jadi pemusnah hama tanaman. Serta efektif menumpas ikan liar pengganggu di tambak.


Tak hanya itu, ternyata salah satu jenis tuba dimanfaatkan pula oleh masyarakat dulu dalam bidang medis. Yakni, sebagai obat kudis. Serta sebagai salah satu bahan obat anti nyamuk. Semua itu aman dan tak mengganggu kesehatan.


Kini, manusia terlalu tergantung pada pestisida dan putas ikan kimia. Hal itu berakibat pada berkurangnya kualitas lingkungan. Serta meningkatkan resistensi (perlawanan) penyakit dan hama terhadap pestisida.


Adapun cara kerja racun dari beberapa tanaman tuba sangat ramah lingkungan. Sebagai pestisida nabati, ikan buruan yang mati akibat diracun tuba juga tak berefek buruk bagi kesehatan manusia. Asal dosis yang digunakan secukupnya.




Macam-macam Tanaman Tuba

Tuba adalah berbagai jenis tumbuhan yang bisa digunakan untuk meracun ikan dan hama. Jenis tanaman yang paling umum dikatakan sebagai tuba yaitu Derris elliptica dan Barringtonia racemosa (disebut putat).


Bunga Derris elliptica (tuba) [sumber gambar]


Nama lain Derris elliptica ialah Paraderris elliptica. Ia merupakan semak yang menjulur tinggi bergantung pada pohon besar. Sanggup memanjat dengan batang kayunya yang kecil dan ulet hingga sepanjang 16 meter.

Paraderris elliptica menjulur ke pohon besar (sumber gambar)


Racun rotenone diperoleh dari Derris elliptica melalui akarnya. Sejak abad 19 Rotenone digunakan untuk parasitisa, insektisida, dan racun ikan. Negara produsen utamanya adalah Indonesia, Malaysia, dan Filipina.


Derris eliptica tumbuh rindang karena menyatu dengan tanaman lain (sumber gambar)


Zat rotenone diketahu relatif aman bagi mamalia dan hewan berdarah panas. Termasuk juga aman bagi kesehatan manusia. Di mana, rotenon dapat ditemukan secara alami pada akar, biji, dan tangkai beberapa tumbuhan.


Paraderris eliptica (sumber gambar)

Paraderris elliptica atau Derris elliptica merupakan tanaman liar yang mudah dibudidayakan. Baik itu di sekitar rumah maupun diperkebunan. Setidaknya ada 80 lebih spesies tanaman tergolong tuba. Mereka tersebar dari Asia Selatan hingga Asia Tenggara.




Tumbuhan lain yang termasuk kategori tuba yaitu Bibit pitung. Di mana, daun beserta bijinya bisa dijadikan racun ikan dan pembasmi serangga. Pestisida botani lainnya ialah Eurhorbia tirucalli (disebut patah tulang). Getahnya sangat beracun.


Ternyata biji bengkuang (Pachyrhizuz erosus) juga bisa untuk pestisida. Sedangkan jenis lainnya yaitu tanaman tephorsia. Di mana, ekstrak daun dan bijinya sangat ampuh untuk membunuh serangga. Tanaman ini tumbuh di India dan Sri Lanka.


Arti Tuba dalam Ungkapan "Air Susu Dibalas Air Tuba"

Setelah membaca tulisan sebelumnya, kita akan tahu tentang Tuba. Ternyata, kata Tuba dalam perumpamaan "Air susu dibalas air tuba" tidak mengacu spesies tanaman tertentu. Namun, kepada semua hal yang beracun.


Dengan demikian, kata tuba dalam peribahasa di atas lebih tepat jika diartikan dengan racun. Jadi, bisa pula dikatakan "Air susu dibalas air racun". Adapun, kata racun diganti tuba barangkali itu untuk memperhalus.


Intinya, racun yang disebut tuba itu dapat mengganggu kesehatan dalam jangka pendek maupun panjang, bahkan menimbulkan kematian. Bukan jenis tuba tertentu yang hanya berdampak buruk bagi binatang tapi tidak pada manusia.


Terbukti warga Kalimantan, khususnya kalimantan barat, dan Sumatera Selatan menyebut tuba untuk segala aktivitas meracun ikan. Baik itu menggunakan racun dari alam maupun racun kimia (sintesis) berbahaya.


Nah, sekarang kalian sudah tahu bukan? Nikmati bacaan bermanfaat kami lainnya di Banjir Embun.





Komentar

Baca juga postingan berikut:

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)