5 Cara Menabung Uang Agar Cepat Banyak


Bagi sebagian orang perilaku menabung bukan hanya kebiasaan tapi juga kebutuhan. Bagi mereka menabung merupakan jalan agar bisa terbebas dari riba, korupsi, serta perilaku haram lain. Oleh sebab itu, menabung uang dengan jumlah sesuai target menjadi kunci utama.


Kalau menabung sudah menjadi nilai dalam diri yang dibangun sejak dini tak akan kesulitan menyisihkan uang. Tidak perlu banyak teori, tips, atau saran-saran supaya tabungan makin banyak. Semua berjalan mengalir begitu saja. Tau-tau uang sudah menumpuk di simpanan.


Akan tetapi bagi yang sudah terbiasa berhutang, kredit, ataupun tak punya kesabaran untuk menahan keinginan bakal sangat sulit menabung. Kalaupun punya uang mengendap, itu tidak akan berlangsung lama "nganggur" serta jumlahnya tak begitu banyak. Tangan terasa gatal untuk belanja.


Berikut ini tips agar kalian mampu menabung uang sesuai target:

1. Tentukan tujuan menabung

Setiap perilaku pasti memiliki tujuan. Begitu pula tujuan menabung sangat penting untuk diperjelas. Sebenarnya tak sepenuhnya salah ketika menabung tujuannya hanya untuk hobi atau iseng. Namun, sangat jauh lebih baik ketika menabung memiliki tujuan untuk membeli sesuatu.


Tentukan dengan jelas target menabung. Misalnya untuk membayar haji, umroh, biaya kuliah, dan lain-lain. Serta untuk membeli sesuatu yang diinginkan seperti ponsel pintar, sepeda motor, mobil, rumah, tanah, atau aset-aset lain. Itu semua akan jadi penyemangat kalian untuk meraihnya.

2. Miliki rekening bank lebih dari satu

Menjadi manajer keuangan bagi dirinya sendiri ialah kunci utama untuk sukses menabung sesuai harapan. Tidak perlu menjadi akuntan sehingga harus melakukan hitung-hitungan rumit. Cukup buka 3 rekening di bank berbeda. Masing-masing dikategorikan sesuai tujuan.


Misalnya satu rekening untuk belanja dan jadi dompet digital, satu rekening untuk tabungan, dan satu rekening lagi untuk uang "putaran" dalam usaha atau biaya operasionalnya. Untuk rekening belanja dan usaha tentu harus berbasis online. Sedangkan untuk tabungan cukup rekening konvensional.


3. Tentukan nominal minimal

Baik menabung secara fisik maupun digital akan lebih baik menentukan jumlah uang dalam sekali menyimpan. Bila menabung harian maka upayakan minimal menabung 5 ribu, 10 ribu, atau 20 ribu. Kalian juga boleh menentukan untuk menabung harus dengan jumlah yang sudah ditentukan.


Misalnya baru akan mau memasukkan uang ke celengan ketika ada uang 20 ribu utuh. Bukan pecahan maupun gabungan dua uang 10 ribu. Dengan begitu, setiap kalian melihat uang 20 ribu hasrat ingin menabung akan bangkit. Setidaknya akan teringat untuk waktunya menabung.


4. Tentukan jadwal menabung

Bagi yang sudah bekerja biasanya akan menjadwal menabung saat menerima gaji. Ada yang menerima di awal, pertengahan, atau akhir bulan. Ada yang menerima secara harian serta pekanan. Begitu pula bagi yang berwiraswasta (bekerja mandiri) tak salah untuk menjadwal.


Penjadwalan menabung akan membuat orang termotivasi untuk bekerja dengan giat. Apalagi bagi yang berwirausaha. Mereka akan semangat untuk mengumpulkan pundi-pundi uang supaya bisa menabung sesuai dengan jadwal. Bakal akan merasa bersalah bila tak bisa memenuhi target.


5. Tingkatkan pendapatan

Kalian bakal tersiksa bila terus-terusan menabung tapi di sisi lain penghasilan segitu-gitu saja. Meningkatkan pendapatan adalah cara terbaik untuk menghindari dari stres berkepanjangan karena harus menyisihkan uang. Ini memang terasa sulit, tapi bila kalian kreatif pasti ada jalan keluar.


Seharusnya menabung membuat kalian semangat dan penuh harapan. Bukan sebaliknya. Tabungan yang dimiliki menjadi kebanggaan tersendiri di tengah banyak orang hidup mewah dengan kepalsuan. Serta di tengah punya dana simpanan itu akan membuat hati tenang ketika ada kebutuhan mendesak.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece