5 Cara Mengisi Waktu Luang Saat di Rumah, Agar Tidak Frustasi dan Putus Asa

Pandemi COVID-19 kapan berakhir masih belum jelas. Di sisi lain bagi pejuang "tetap di rumah" kadang mengalami kebosanan. Waktu yang luang bikin mati gaya. Setiap hari ketemu dan melakukan hal yang itu-itu saja. Akhirnya, rasa frustasi dan putus asa mendera.

Banjirembun.com

Bagi orang yang punya aktivitas, pekerjaan, beban, maupun tanggung jawab mungkin saja bisa mengisi waktu luang. Bahkan waktu yang ada masa terasa kurang. Malah ingin ditambah lagi waktu untuk memperbaiki dan mengembangkan diri agar mendapat hasil gemilang.

Akan tetapi untuk anak muda atau siapapun yang masih belum banyak tuntutan dan punya energi tubuh ekstra bakal tersiksa ketika lama menganggur. Sekolah dan kuliah tidak boleh tatap muka dan dibatasi atau sama sekali tak boleh keluar rumah. Itu semua tentu membuat tersiksa.


Untuk itu kami memberikan tips kegiatan untuk mengisi waktu luang di rumah:

Banjir Embun

1. Gunakan Internet untuk cari uang

Mencari uang tidak harus di dunia nyata. Ke depannya nanti justru "lowongan" atau peluang pekerjaan ada di sektor dunia maya. Tidak harus orang yang matang/sepuh dan tahu detail teknologi internet. Siapapun yang menguasai dasar-dasar internet pasti dapat menghasilkan uang darinya.

(sumber gambar)

Contoh gampang dan ada di depan mata ialah menjadi YouTuber dan Blogger. Tatkala kalian serius menekuninya penghasilan yang didapat tidak bisa dibilang kecil. Bahkan saat sudah tahu seluk beluknya pegawai Bank pasti kalah gajinya. Bagi yang gaptek pasti tidak percaya.


Baca: Kalian Gaptek Internet Enggak Sih? Silakan Buktikan dengan 7 Pertanyaan Berikut


Selain membuat konten video dan tulisan masih banyak cara lain mencari uang di internet. Ketika kalian jeli, sering menonton video di YouTube serta membaca di dunia terkait cara cari uang, dan yang penting tidak pelit kuota (bila perlu pakai wifi) dijamin uang akan mengalir ke rekening.


2. Cari ilmu, pengetahuan, dan wawasan di internet

Mau bagaimana lagi? Remot televisi sudah dikuasai emak atau istri kalian dijamin bakal mati kutu. Apalagi yang bisa menghibur kecuali akses internet. Sebagai gantinya kalian bisa menonton tayangan mendidik, film dokumenter, hingga tayangan hiburan di YouTube. 


Di dunia maya kalian dapat memahami trik melakukan sesuatu, mempelajari sesuatu dari pengalaman orang lain, mengambil makna/nilai dari ceramah agama maupun motivator, hingga membaca sesuatu yang sekadar mengandung informasi.


Sekali lagi jangan malas mengorbankan uang untuk biaya akses internet. Gunakan untuk beli kuota internet. Bila perlu gunakan wifi. Ingat yang namanya belajar maupun hiburan itu butuh modal. Apabila kalian memaksakan diri untuk tidak beli kuota internet maka bersiaplah untuk ketinggalan.


3. Membangun jaringan

Manusia itu butuh bantuan orang lain. Apalagi bagi mereka yang pendatang baru dan masih minim pengalaman. Untuk menjadi YouTuber dan Blogger seperti yang dibahas sebelumnya juga butuh yang namanya "jaringan". Kalian butuh arahan, pengalaman, dan jawaban dari orang lain.

Banjir Embun

Cara simpel untuk mulai membangun jaringan ialah mengikuti grup facebook, whatsapp, instagram, atau media sosial lainnya yang terkait dengan hobi atau pekerjaan kalian. Di sana kalian akan menemukan orang-orang yang beranekaragam latar belakang dan motif melakukan hobi atau pekerjaan.


Merasa paling pintar, ingin mendapat perhatian, dan ingin dipanggil suhu/master di grup merupakan langkah picik. Itu kesalahan besar yang mesti ditinggalkan. Agar mendapat simpati dari anggota grup lainnya jangan mengirimkan spam. Apapun alasannya. Lebih lakukan secara dialogis atau komunikatif bukan komunikasi searah.


4. Chatting teman yang sudah lama tidak dihubungi

Sangat mungkin kalian sudah lama tidak terhubung dengan teman zaman dulu di SD, SMP, SMA, maupun kuliah. Entah apapun alasannya mau itu kehilangan kontak atau ada keretakan. Lebih baik hubungi mereka walau terasa berat, merasa malu, gengsi, atau yang semacamnya.


Tidak ada salahnya kalian memulai dulu menyambung silaturahim yang terputus. Dengan meminta maaf, basa-basi bermanfaat, menawarkan bantuan, atau cara yang sopan lainnya. Apapun risikonya harus siap. Mau dicuekin, dibuli, congkaki, dipameri, atau yang lainnya harus siap. 


Ingat tujuan kalian hanya ingin mengubungi saja, tak perlu cemas bagaimana responnya. Dengan itu, dijamin hati kalian akan lega. Segala beban di masa lalu dikit demi sedikit akan terkurangi. Apalagi ketika posisi kalian sudah tak sama seperti dulu. Di mana, terdapat perubahan drastis yang membanggakan.


5. Membaca cerita inspiratif

Untuk mengambil inspirasi dari orang lain tak perlu membaca buku-buku serius. Baik itu tentang biografi, pengalaman, sejarah, dan jalan hidup orang-orang sukses. Seringkali inspirasi yang masuk dan membangkitkan diri muncul saat membaca atau mendengar cerita.


Baca: Kumpulan Koleksi Cerita Pendek Inspiratif


Cerita tentang tokoh-tokoh agama di masa lalu yang dikisahkan oleh ustadz. Serta cerita nyata tentang kehidupan orang-orang berpengaruh. Itu semua akan membuat kalian terdorong untuk mengikutinya. Mereka saja bisa melakukannya kenapa kalian yang memiliki kemudahan di zaman modern tidak bisa? Barangkali seperti itu.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)