3 Cara Mengatur Aplikasi WhatsApp Agar Nyaman

Aplikasi Whatsapp sangat penting. Hampir semua segmen usia, profesi, dan komunitas menggunakan aplikasi itu untuk terhubung. Seperti halnya SMS di zaman dulu, WA bahkan sanggup memberikan lebih dari itu.

Banjirembun.com 

Sayangnya, meski digunakan setiap hari tapi tak semua orang tahu beberapa fitur unggulan WhatsApp. Dengan memanfaatkan fasilitas tersebut para pengguna bakal merasa nyaman. Tak ada salahnya untuk dicoba.

Perlu diperhatikan, agar dapat menerapkan cara di bawah lebih baik kalian up date (perbarui) dulu versi terbaru aplikasi WA. Selain itu pastikan setelah pertama kali menerapkannya jangan kaget. Memang harus butuh pembiasaan.


1. Mode gelap

Dengan mengatur tampilan tema WhatsApp menjadi mode gelap akan membuat mata tak perih. Terutama saat digunakan pada malam hari yang minim penerangan. Sayangi mata kalian agar bisa awet sampai tua.

Banjir Embun 

Tak hanya itu, dengan merubah ke versi "hitam" tersebut akan mampu membuat suasana jadi baru. Tidak akan merasa bosan karena terus ditaburi warna-warna mencolok. Berikut ini caranya.


a. Buka menu setelan. Letaknya di tombol 3 titik menumpuk vertikal sebelah pojok kanan atas.


b. Pilih "Chat: Tema, wallpaper, riwayat chat"


c.  Tekan menu paling atas yaitu "Tema". Di sebelah kirinya ada gambar cahaya matahari berwarna hitam putih.


d. Pada tampilan pilihan "Pilih tema" cek list (arsir) tombol bulat "Gelap". Atau pilih "Default sistem" ketika sistem pengaturan ponsel kalian juga menerapkan mode gelap.


2. Tidak menampilkan media (foto dan video) di galeri ponsel

Bagi sebagian orang, galeri hp merupakan ranah privasi. Di sisi lain ia harus ikut sejumlah grup WhatsApp. Alhasil banyak media dari aplikasi itu yang terus menjejali tiap hari. Akibatnya harus sering-sering menghapusnya. 


Akan tetapi sebelum itu atur akun WA kalian agar tidak mengunduh otomatis media. Langkahnya buka menu "Setelan". Lalu pilih "Data dan penyimpanan". Buat "Unduh otomatis media" semuanya jadi "Tidak ada media" seperti gambar di bawah.


Adapun cara untuk tidak menempatkan foto dan video (media) dari WA pada galeri telepon seluler adalah sebagai berikut.


a. Buka menu setelan. Letaknya di tombol 3 titik menumpuk vertikal sebelah pojok kanan atas.


b. Pilih "Chat: Tema, wallpaper, riwayat chat"


c. Pada bagian "Setelan chat" pilih menu "Tampilkan media". Geser tombol di sebelah kanannya berubah warna. Dari hijau menjadi putih-abu.


3. Menonaktifkan notifikasi dari sistemnya

Selain mengatur notifikasi langsung dari akun WA, kalian juga bisa melakukan di sistem aplikasinya. Malah cara kedua itu jauh lebih manjur. Tampilan pop up atau "poni" notifikasi di ujung layar HP akan lenyap.


Dijamin tak ada gangguan notifikasi lagi saat kalian main game, karja,  atau saat lagi ingin sepi. Langkah ini bisa diterapkan pada semua ponsel android. Berikut ini tata urutannya.


a. Buka menu "Pengaturan" atau "Setting" di tampilan android kalian. Biasanya ikon/simbol/logonya bergambar roda bergerigi.


b. Pilih "Aplikasi".

Banjir Embun 

c. Cari aplikasi  Whatsapp. Lantas pilih menu "Pemberitahuan". Biasanya terletak di bagian tengah agak bawah.


d. Geser kekiri tombol di sebelah kanan bagian " Tampilkan notifikasi". Setelah warna berubah dari hijau menjadi keabu-abuan berarti notifikasi WA berhasil diblokir.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece