Perhatikan 5 Fitur Halaman Posting pada Tampilan Blogger Terbaru Berikut, Agar Terbiasa dan Mahir Menggunakannya


Blogger sebagai platform blog milik Google telah mengembangkan beberapa tampilan baru. Baik di halaman utama (beranda), dasbor (laporan),  maupun fitur lainnya. Itu diklaim berperforma lebih baik dan nyaman saat digunakan pada perangkat ponsel. Bisa dikatakan lebih mobile-friendly.
Banjirembun.com
Upgrading yang dilakukan oleh Blogspot atau Blogger tersebut merupakan kabar gembira sekaligus kabar "merepotkan". Dikatakan menyenangkan karena memberi suasana baru. Serta lebih memudahkan bagi yang suka tantangan dan beradaptasi pada keadaan baru.


Adapun bagi penulis blog yang terlanjur nyaman, fanatik, dan terbiasa dengan tampilan lama akun Blogger cenderung kaget. Baginya, tampilan bukan segalanya. Sebab yang terpenting  menurutnya ialah fungsi. Serta pengaplikasian yang tak merepotkan dan tanpa penyesuaian-penyesuaian.


Lalu apasih hal baru yang ada pada halaman posting Blogger yang perlu diketahui? Berikut ini ulasannya.

1. Fitur simpan otomatis draf lebih cepat

Bagi kalian yang suka mengetik langsung konten blog di halaman posting (compose) Blogger, fitur ini cukup membantu. Sebab, pada tampilan terbaru kelincahan menyimpan draf atau konten yang sedang diketik lebih unggul. Pasti bakal tersimpan otomatis saat kalian menjeda ketikan selama 3 detik.


Penulis tak perlu khawatir karya tulis yang dibuat akan hilang ketika ada trouble (misal perangkat mati mendadak atau error). Walau hanya satu kalimat maupun satu paragraf sekalipun tak akan terhapus. Sebab sudah tersimpan saat kalian selesai mengetik perkata. Dengan syarat koneksi internet lancar.


Perhatikan pada tanda panah mengarah ke bawah gambar di atas. Gambar awan (mendung) yang di dalamnya ada simbol centang menandakan draf ketikan telah tersimpan secara otomatis. Kecepatan simpannya sungguh luar biasa. Ketika kalian jeda mengetik 3 detik saja maka seketika tersimpan.

2. Halaman preview lebih kaya fitur

Halaman pratinjau (preview) pada blogger baru lebih banyak memberi pilihan tampilan bagi para penerbit blog. Mereka dapat meninjau tulisannya dengan berbagai mode tampilan. Meliputi desktop (komputer), tablet, dan smarthpone. Dengan itu mereka tahu tampilan postingan sudah sesuai belum.


Serta ada menu lain yang tak kalah memanjakan seperti tampilan layar penuh, putar layar, dan muat ulang atau refresh halaman pratinjau. Silakan perhatikan gambar di bawah di samping kiri tanda panah merah untuk melihat tombol baru tersebut.


3. Fitur "heading dan subheading" lebih detail

Tata letak blog yang bagus dapat diatur pada menu "Format" di fitur blogger tampilan lama. Yakni terdiri dari "Heading, Subheading, Minor heading, dan Normal." Itu sangat membantu sekali bagi tulisan yang memiliki banyak subjudul, anak sub judul, hingga terpecah-pecah sampai ujung akar tulisan.




Pada tampilan Blogger baru, pilihan pengaturan tata letaknya lebih rinci. Serta menggunakan bahasa Indonesia. Di antara fitur pengaturan layout itu itu terdiri dari "Judul Utama, Judul, Subjudul, Judul Kecil, Paragraf, Normal." Tambahan tersebut sungguh memudahkan bagi penulis blog yang mengandalkan teknik heading.

4. Tombol menambahkan dan edit gambar

Bagi kalian pengguna ponsel, fitur baru ini cukup membantu. Selain tombol up load yang lebih "ringan" bagi desktop, juga ada hal baru lain. Yakni, mode edit gambar lebih mengandalkan gambar atau simbol. Bukannya seperti model lama yang hanya berupa text memanjang dari kiri ke kanan.



Silakan lihat baik-baik gambar di bawah ini untuk mengedit gambar yang telah diunggah ke halaman posting Blogger baru:


Pada tampilan gambar di atas ada fitur yang memuat beberapa menu pilihan alat untuk edit. Di antaranya meliputi tombol rata kiri, rata tengah, rata kanan, kecilkan ukuran gambar, besarkan ukuran gambar, caption (keterangan gambar), ubah gambar, edit url/link gambar, dan hapus link.
Banjir Embun

5. Tombol insert jump break

Fungsi dan keberadaan jump break pada postingan sangat dibutuhkan. Terutama bagi Blogger pemula yang belum tahu cara mengatur template blog agar fitur tersebut dapat otomatis diterapkan pada setiap postingan. Tanpa jump break tampilan halaman utama (homepage) blog jadi kacau balau.

Lalu di mana letak tombol insert jump break pada tampilan Blogger terbaru? Silakan lihat baik-baik gambar di bawah.



Untuk membuka menu jump break silakan tekan tombol bergambar/bersimbol titik tiga berjajar. Letaknya di paling kanan semua jajaran tombol menu di atas halaman ketik posting Blogger (lihat tanda panah di atas). Lalu pilih tombol "Sisipkan batas postingan".


Pengingat:

"Antarmuka Blogger baru kini tersedia dan diterapkan secara otomatis. Jika Anda ingin kembali ke antarmuka lama, gunakan "Kembalikan ke Blogger lama". Antarmuka lama akan tersedia hingga September. Harap Ajukan masalah penting apa pun yang dialami." 



Bagi kalian yang terlanjur nyaman dengan tampilan blogger lama siap-siaplah menghela nafas. Sebab antarmuka Blogger yang baru bakal permanen. Tampilan blogger lama masih tetap tersedia hingga September ini. Oleh sebab itu, perbanyaklah belajar dan membiasakan diri untuk menggunakan antarmuka Blogger terbaru. 😍😉


Komentar

Posting Komentar

Silakan kunjungi website Banjirembun.com lagi di lain waktu untuk mendapat tulisan berkualitas terbaru dari kami. Komentar dari pembaca kami tunggu.🙏😁

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece