5 Tips Menghilangkan Kebosanan Sering di Rumah Saja Secara Murah dan Mudah

Banjirembun.com - Sifat bosan dapat disebabkan beberapa pemicu. Di antaranya meliputi aktivitas rutin harian yang itu-itu saja tanpa adanya perkembangan, melakukan perbuatan yang tak disukai, hingga akibat jarang melakukan hiburan/wisata. Semua itu, ketika dipaksakan untuk terus dijalani dengan mengabaikan variasi pilihan yang lebih menyenangkan berisiko "ledakan" hati yang mengendap.


Gejolak hati yang ditahan bakal menimbulkan jiwa yang tak lagi semangat. Bahkan, muncul frustrasi serta amarah. Bukan cuma berdampak lelah batin tetapi juga pada mudahnya kelelahan fisik. Sayangnya, untuk memperoleh kompensasi yang impas atas segala carut-marut kehidupan pribadi seperti itu, kadang butuh anggaran yang tak sedikit. Harus merogoh dompet lebih dalam.


Parahnya lagi, duit untuk menghibur diri tersebut diperoleh dari hasil berhutang. Setidaknya walau tanpa pinjam, setelah berhasil menyembuhkan kebosanan, yang terjadi ada beban berat untuk berhemat mati-matian. Supaya bisa menutupi pengeluaran cukup besar, demi kegiatan penghilang bosan. Alhasil, sesudah itu akan tertebak konsekuensinya. Yakni, terbebani cicilan, kredit, atau angsuran.


Apa yang harus dilakukan ketika bosan di rumah?


1. Jalan-jalan Pagi

Jalan kaki, apalagi dengan tempo langkah cepat, berdasarkan hasil penelitian sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tak hanya itu, dengan durasi jalan kaki minimal 30 menit tanpa jeda dapat menimbulkan sensasi tubuh terasa capek. Tenang saja, rasa kantuknya akan terjadi di malam hari. Dengan begitu, tidur jadi lebih lelap sehingga di waktu pagi bikin menyegarkan. Saat bangun dipenuhi semangat lagi.

2. Ikuti Kegiatan Car Free Day

Hari Ahad biasanya di setiap kota ada jalan-jalan tertentu yang ukurannya besar atau panjang ditutup total di jam pagi hari. Semua kendaraan bermesin dilarang lewat. Hanya pejalan kaki dan pesepeda angin/kayuh yang boleh melaluinya. Nah, di sana tentunya sangat ramai dan padat. Bukan cuma oleh pelari maupun pejalan kaki. Melainkan pula, para pedagang kuliner beserta pembelinya yang tengah bertransaksi.


3. Pergi ke Taman Kota

Berbagai tanaman baik itu berupa rerumputan, bunga, hingga pepohonan yang seluruhnya tertata rapi tentu memanjakan mata. Apalagi di area menyejukkan itu ditambahi wahana bermain, olahraga, maupun tempat untuk duduk santai sambil merenung. Cukup bayar parkir sekitar 2000 - 5000 rupiah dijamin mampu menjinakkan emosi yang meronta.


4. Ibadah dan Bersantai di Serambi Masjid Megah

Tidak harus berada di Masjid Agung yang biasanya terletak persis di samping alun-alun Kota. Barangkali Masjid yang ukurannya besar dan mewah di tempat berbeda juga sudah mampu mendinginkan otak yang mendidih akibat beban pikiran. Terlebih lagi, saat imam Masjidnya bersuara merdu dan pengurusnya berakhlak ramah pada pengunjung. Tentu, ditekankan juga semua sisi Masjid wajib terjaga kebersihannya.


5. Berkunjung ke Rumah Kerabat dan Sahabat

Bersilaturahim dan menjalin tali ukhuwah (persaudaraan) sangat bermanfaat bagi kesehatan mental. Jangan lupa, biar lebih mantap saat berkunjung bawa oleh-oleh bingkisan makanan. Andai tak memungkinkan bertemu di rumah, bisa diagendakan janjian jumpa di cafe, restoran, atau lokasi lain yang cocok untuk mengobati rasa kangen. Sebab, terkadang bertegur sapa lewat media sosial atau chat saja belum terpuaskan.




Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece