Terlanjur Menimbun Kuota Internet, Ternyata Cuma Jadi Korban Harapan Palsu Kartu 3

Banjirembun.com - Saya punya nomor sim card yang diselenggarakan oleh perusahaan telekomunikasi alias provider 3 (tri atau three). Nomernya cantik sehingga mudah dihafal. Empat digit terkahir angkanya sama yaitu ...2222.


Itulah yang jadi salah satu alasan utama mengapa saya sungguh rela dan begitu semangat menimbun kuota internet. Selain guna memperpanjang masa berlaku kartu agar tidak mati, juga ingin menukar/membeli kuota AON dengan pulsa tersebut. 


Apalagi, berdasarkan pengalaman pribadi jaringan sinyal 3 sangat kuat dan luas jangkauannya. Di mana selama bepergian, teramat jarang saya kehilangan koneksi internet tatkala menggunakan data seluler. Tentunya, akses internetnya begitu cepat tanpa ngadat.


Alasan terpenting berikutnya ialah masa aktif kuota AON sangat fantastis. Yakni, pada 19 September 2020 tertulis jelas tanpa ragu masa berlakunya sampai dengan tahun 2030. Alhasil, dari dua tahun lalu sampai masa sekarang saya rajin isi pulsa. Hitung-hitung juga bisa buat "nabung" kuota.


Soalnya, saya memang teramat jarang memakai data seluler untuk akses internet. Di rumah maupun tempat kerja sudah ada WIFI. Dengan demikian, wajar ketika sisa kuota internet AON saya cepat menumpuk. Sebab, lebih banyak "top up" kuota internet ketimbang pemakaiannya.


Berdasarkan catatan "jejak digital" di aplikasi SMS Android, sejak 2 tahun lalu saya sudah punya simpanan kuota AON sebesar 13,4 GB. Angka tersebut terus meningkat seiring waktu. Dengan polosnya saya menimbun kuota AON tanpa ada prasangka buruk bakal jadi korban harapan palsu.

Pengecekan pada 19 September 2020 kuota AON 13450 MB berlaku s.d 28/08/2030

Jadi, sesudah mengisi pulsa melalui dompet digital atau kadang aplikasi marketplace seketika itu pulsa langsung dipakai untuk membeli atau ditukarkan dengan kuota AON. Jaga-jaga saja, takutnya pulsa tersedot hilang tak berjejak. Maklum, saya tergolong orang perhitungan.


Keterangan masa berlaku pemakaian kuota AON tersebut konsisten berbulan-bulan tanpa perubahan. Perlu diketahui, saya rutin sekali cek sisa kuota internet yang telah digunakan. Terutama saat keluar rumah, mati lampu lokal (sinyal tetap muncul), atau jaringan wifi di rumah tengah ngambek.


Nahasnya, setelah tepat dua tahun saya cek lagi di tanggal 05 September 2022 masa laku AON berubah. Betapa mengejutkan masa aktif yang awalnya 10 Februari 2023 tanpa memberi alasan berganti jadi 13 Oktober 2022. Artinya, tidak sampai satu bulan lagi kuota 38 GB "berpotensi" lenyap dengan cepat.

Pengecekan pada 5 September 2022 kuota AON 37987 MB berlaku s.d 13/10/2022

Dengan demikian, masa berlaku kuota AON sebenarnya juga ikut bertambah seiring waktu. Entah karena pengisian pulsa atau disebabkan rajin membeli paket kuota AON. Berdasarkan bukti cek kuota internet 3 (tri) program AON lewat SMS, faktanya pernah bertambah dari masa akhir 2031 menjadi 2032.

Bukti penambahan masa berlaku kuota AON dari batas akhir 18/06/2031 bertambah tahun 06/01/2032.

Sebagai informasi tambahan bahwa saya belum menghubungi pihak provider tri, three, atau 3 untuk meminta kejelasan. Namun, sebagai perusahaan besar semestinya tanpa diminta pun mereka secara sadar memberi penjelasan. Diharapkan pula semoga enggak pakai syarat tertentu. Misalnya, "mungkin" harus download aplikasi milik mereka dahulu.


Sejujurnya, saya tidak pernah dikecewakan sama sekali oleh pihak 3 (three). Baru kali ini saja saya merasa terkaget. Semoga ini cuma merupakan sebuah kesalahpahaman atau akibat ketidakmengertian saya sebagai orang awam. Saya sangat menunggu penjelasan dari pihak three. Barangkali ada yang perlu diluruskan.



RALAT:

Sesudah saya membeli pulsa, ternyata masa aktif program Always ON alias AON mengikuti masa aktif kartu. Sayangnya, ketika pulsa sudah terisis lalu saya ingin beli paket AON lagi mengalami kesulitan. Apa barangkali program AON 3 telah dihapus?


Berikut ini gambar screenshot terkait revisi informasi di atas:

Masa aktif Always ON three bertambah sesuai masa aktif kartu 3

Masa aktif kartu sama dengan masa aktif Always ON 3 yaitu 12 November 2022



Komentar

Baca juga postingan berikut:

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia